cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013" : 6 Documents clear
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN BREADTALK MALL KELAPA GADING 3, JAKARTA Suyanto, A.M.A; Yurdatila, Fika
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v4i2.1004

Abstract

Dewasa ini, semakin banyak boutique roti yang muncul di masyarakat dengan menawarkan berbagai keunggulan rasa maupun variasi bentuknya. BreadTalk menjadi trend-setter untuk pemasaran roti dengan pendekatan baru yaitu experiential marketing untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana pengaruh strategi experiential marketing yang dilakukan oleh BreadTalk dalam menawarkan produknya kepada konsumen apakah berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Maka, maka perusahaan akan lebih mudah menentukan strategi experiential marketing yang tepat dan sesuai dengan kondisi, kemampuan serta keadaan yang sedang dihadapiMetode yang digunakan adalah Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kausalitas dengan 210 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Stucture Equation Model (SEM).Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Penilaian konsumen terhadap experiential marketing pada BreadTalk dinilai baik karena berada pada kategori baik yaitu hasil rata-rata jawaban responden lebih dari 4; (2) Kepuasan pelanggan yang dirasakan oleh responden dinilai baik karena berada pada kategori baik yaitu hasil rata-rata jawaban responden lebih dari 4; (3) loyalitas konsumen yang dirasakan responden dinilai baik karena berada pada kategori baik yaitu hasil rata-rata jawaban responden lebih dari 4; (4) experiential marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan kepuasan pelanggan sebesar 7,915%; (5) experiential marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan loyalitas pelanggan sebesar 3,114%.
Analisis Nilai Pengalaman Berbelanja Online Melalui Experiential Marketing Rahayu, Agus; Wibowo, Lili Adi; Christianingrum, Christianingrum
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v4i2.1007

Abstract

Kondisi ekonomi global Dunia sedang mengalami penurunan. Penurunan kondisi global tidak membawa perubahan besar bagi Indonesia. BPS menyatakan bahwa perekonomian Indonesia tumbuh dan akan terus meningkat selama Tahun 2012. Perkembangan kondisi global Indonesia ini mengakibatkan negara-negara maju mulai tertarik untuk melakukan investasi di Indonesia. Alasannya ialah pertumbuhan ekonomi yang baik dan lanskap penggunaan internet di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang baik, sehingga mengembangkan dan menginvestasikan dana yang dimiliki akan memungkinkan pertumbuhan ekonomi negaranya menjadi lebih baik. Meningkatnya penggunaan internet membuat perubahan besar, banyak industri offline mulai beralih ke online. Ini menimbulkan permasalahan tersendiri bagi situs-situs perdagangan yang ada. Situs yang sedang berkembang adalah Tokobagus dan Tokopedia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menciptakan keputusan pembelian adalah dengan memberikan penawaran terbaik bagi konsumen dengan memberikan pengalaman yang unik dan berkesan. Pengalaman pelanggan dapat diciptakan dengan experiential marketing. Schmitt(1999) mengemukakan bahwa experiential marketing akan bisa menciptakan experience. Experience yang positif akan mampu menciptakan keputusan pembelian. Responden dalampenelitian ini adalah pembeli di situs Tokobagus dan Tokopedia. Metode yang digunakan adalah explanatory survey dan deskriftif survey. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara penciptaan nilai pengalaman berbelanja online melalui experiential marketing terhadap keputusan pembelian, Untuk mengukur pengaruh variabel tersebut digunakan metode partial least square. Dari hasil penelitian experiential marketing yang dilaksanakan melalui dimensi sense, feel, think, actdan relate memiliki pengaruh yang positif untuk menciptakan nilai pelanggan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal yang perlu ditingkatkan Tokobagus dan Tokopedia yaitu dengan memperbaiki design dan tampilan situs supaya lebih menarik perhatian, sehingga bisa merangsang emosi seseorang dan menimbulkan keinginan untuk membeli produk. Tampilan sebaiknya di design dengan unik agar mampu dengan mudah di ingat pembeli.
Implementasi Audit Independen Atas Laporan Keuangan dan Faktor Komitmen Profesi Akuntan, Komitmen Kantor Akuntan Publik dan Kepuasan Kerja Auditor Survei terhadap Akuntan yang bekerja sebagai Auditor pada KAP di Indonesia Tandiontong, Mathius
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v4i2.998

Abstract

Harapan pengguna jasa Kantor Akuntan Publik (KAP) dalam memberikan layanan jasa audit yang berkualitas tinggi, belum terpenuhi secara optimal. Berbagai skandal keuangan masih marak terjadi yang melibatkan praktisi akuntan publik. Hal tersebut berakibat, para pengguna jasa audit meragukan integritas Akuntan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik guna mengevaluasi besarnya pengaruh komitmen profesi akuntan dan komitmen organisasi KAP terhadap implementasi  audit independen atas laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode survei penjelasan, walaupun uraiannya juga mengandung deskripsi, tetapi sebagai penelitian relasional fokusnya terletak pada penjelasan hubungan antar variabel yang bersifat verifikatif. Variabel yang dioperasionalkan dalam penelitian ini, yaitu: komitmen profesi, komitmen organisasi, kepuasan kerja dan implementasi audit independen yang lebih mendasar kepada indikator-indikatornya. Data dihimpun melalui penyebaran kuesioner ke target responden, serta wawancara terbatas maupun studi dokumentasi sebagai upaya menambah unsur penjelas dari hasil survei. Unit analisisnya adalah  Kantor Akuntan Publik (KAP) di Indonesia dengan populasi 417 KAP.  Penarikan sampel dengan metode proporsional acak sederhana terhadap 79 KAP dengan target respon yang dikirim kuesioner 347 orang akuntan. Tehnik analisis dan pengujian data dilakukan dengan Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komitmen profesi akuntan berpengaruh dalam meningkatkan kualitas implementasi audit independen atas laporan keuangan; (2) komitmen Kantor Akuntan Publik berpengaruh dalam meningkatkan kualitas implementasi audit independen atas laporan keuangan; (2) Kepuasan Kerja Auditor berpengaruh dalam meningkatkan kualitas implementasi audit independen atas laporan keuangan; (4) komitmen profesi akuntan, komitmen organisasi KAP, dan Kepuasan Kerja Auditor secara bersama-sama berpengaruh dalam meningkatkan implementasi audit independen atas laporan keuangan. Dengan demikian baik secara parsial maupun secara silmultan, implementasi audit independen atas laporan keuangan dipengaruhi oleh faktor komitmen profesi akuntan, komitmen organisasi KAP, dan Kepuasan Kerja Auditor.
Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata (Survei terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta) Wulandari, Tresna
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v4i2.1008

Abstract

Jumlah kunjungan wisata ke setiap destinasi di Kabupaten Purwakarta relatif fluktuatif. Hal itu terjadi diduga karena citra Purwakarta sebagai destinasi wisata masih sangat lemah. Melalui upaya place branding, diharapkan dapat meningkatkan citra Purwakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) gambaran place branding; 2) gambaran citra kabupaten; 3) keputusan mengunjungi; 4) pengaruh place branding terhadap keputusan mengunjungi; 5) pengaruh citra kabupaten terhadap keputusan mengunjungi; 6) pengaruh place branding terhadap citra kabupaten; serta 7) pengaruh place branding dan citra kabupaten secara simultan terhadap keputusan mengunjungi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Untuk mengukur besarnya pengaruh place branding terhadap citra dan implikasinya terhadap keputusan mengunjungi, digunakan teknik analisis data path.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) pelaksanaan place branding dinilai para wisnus cukup baik, (2) keadaan citra kabupaten Purwakarta dinilai sangat tinggi, (3) keadaan keputusan mengunjungi destinasi pariwisata secara umum dinilai tinggi, (4) pengaruh place branding terhadap keputusan mengunjungi adalah rendah, (5) pengaruh citra terhadap keputusan mengunjungi adalah cukup kuat, (6) pengaruh place branding terhadap citra adalah kuat, (7) pengaruh place branding dan citra terhadap keputusan mengunjungi destinasi pariwisata secara simultan cukup kuat.
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PEMASARAN MELALUI FINANCIAL METRICS (Studi Kasus Untuk Produk CN-235 di PT. Dirgantara Indonesia) Astami, Wulan Sari
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v4i2.999

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan dampak dari hasil strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Pengukuran kinerja pemasaran akan menjadi factor yang penting karena dapat digunakan sebagai evaluasi dan tolak ukur bagi kegiatan pemasaran. Salah satu alat pengukuran kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan marketing metrics¸ dimana marketing metrics tersebut dapat mengukur secara financial metrics dan non-financial metrics.  Pengukuran dengan menggunakan financial metrics salah satunya adalah menghitung bagaimana profitabilitas, biaya pemasaran yang digunakan untuk memroduksi CN-235 dan juga ROS.Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Dimana dalam penelitian ini akan mengupas mengenai proses srategi pemasaran CN-235. Data yang diperoleh melalui wawancara dengan supervisor bagian pemasaran dan juga keuangan. Selalin itu data diperoleh melalui studi dokumen tasi dan juga observasi langsung dengan bagian pemasaran PT. DI.Berdasarkan hasil penelitian, PT. DI melakukan proses strategi pemasaran yaitu dimulai dengan analisis situasi stratejik, perencanaan strategi pemasaran, program pengembangan startegi pemasaran, dan implementasi strategi pemasaran. Berdasarkan perhitungan financial metrics maka terlihat bahwa biaya pemasaran sangat tinggi sejak tahun 2003 hingga 2006, namun setelah 2008 hingga 2011 biaya pemasaran cenderung berada pada tingakatan yang sama. Profitabilitas untuk CN-235 hanya terdapat pada pesawat CN-235 seri 43, seri 21, seri 54, seri 55. Begitupun dengan perhitungan ROS yaitu untuk seri 43 sebesar 0,81, seri 21 sebesar 0,01, seri 54 sebesar 0,05 dan untuk seri 55 sebesar 0,63.
Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional serta implikasinya terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Politeknik Komputer Niaga LPKIA Bandung Survei terhadap Akuntan yang bekerja sebagai Auditor pada KAP Purnami, Rahayu S
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v4i2.1002

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional dan Implikasinya terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Politeknik Komputer Niaga LPKIA (PKN-LPKIA) Bandung, yang bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh gambaran empiris mengenai pengaruh tingkat kepuasan kerja pegawai terhadap perilaku kewargaan organisasional (OCB), pengaruh tingkat komitmen organisasional terhadap perilaku kewargaan organisasional (OCB), pengaruh tingkat kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja, pengaruh tingkat komitmen organisasional terhadap kinerja, pengaruh tingkat perilaku kewargaan organisasional (OCB) terhadap kinerja.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian eksplanatori atau explanatory research atau penelitian pengujian hipotesis. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan observasi di Politeknik Komputer Niaga LPKIA. Hasil pengumpulan data dengan sumber data primer, dengan sampel sebanyak 40 responden dan metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis jalur menggunakan Partial Least Square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dari kepuasan kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional, terdapat pengaruh positif dari komitmen organisasional terhadap perilaku kewargaan organisasional, tidak terdapat pengaruh positif dari kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, tidak terdapat pengaruh positif dari komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai, terdapat pengaruh positif dari perilaku kewargaan organisasional terhadap kinerja pegawai.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012 Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2011 Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2011 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2010 More Issue