cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014" : 8 Documents clear
Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan, Jaminan Asset dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI Periode 2006-2010) Hidayattullah, Rakhmat
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i1.1010

Abstract

Kebijakan dividen merupakan salah satu hal yang ditetapkan oleh perusahaan untuk menentukan jumlah uang yang akan dibayarkan sebagai dividen kepada investor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR), Leverage yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), Pertumbuhan (Growth), Jaminan Aset (Collateralizable Assets) dan Profitabiltas yang dikur dengan Return On Equity (ROE) terhadap Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Penelitian ini menggunakan 25 perusahaan manufaktur yang membayar dividen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2006-2010. Análisis data yang digunakan adalah análisis regresi berganda dengan program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan, Variabel Likuiditas (Current Ratio / CR), Leverage (Debt to Equity Ratio / DER), Pertumbuhan, Jaminan Asset (Collateralizable Assets) tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen (Dividend Payout Ratio / DPR). Sedangkan variabel Profitabiltas (Return On Equity (ROE) mempunyai pengaruh terhadap Kebijakan Dividen (Dividend Payout Ratio / DPR).
ANALISIS CUSTOMER EXPERIENCE DAN LIFESTYLE MODEL TERHDAP KEPUTUSAN MENONTON FILM (Survei Terhadap Member Bioskop Blitzmegaplex Paris Van Java Bandung) Vitry, Dwi Dina Rahma
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i2.1021

Abstract

Penonton adalah pelaku utama pembuat keputusan untuk menonton di bioskop dalam industri hiburan. Namun beberapa tahun terakhir terjadi penurunan pertumbuhan jumlah penonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung. Hal ini terjadi karena lambatnya laju pertumbuhan jumlah penonton setiap bulannya dan sebagai bioskop yang memiliki konsep beyonds experience, dimensi customer experience BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung kurang baik. Melalui upaya penilaian customer experience diharapkan BlitzMegaplex dapat mengevaluasi dimensi customer experience dan memahami lifestyle model penonton pada saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran customer experience BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung (2) gambaran lifestyle model penonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung (3) gambaran keputusan menonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung(4) besarnya pengaruh customer experience dan lifestyle model terhadap keputusan menonton di Bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung.Metode penelitiannya menggunakan deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah member bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung sebanyak 943.164 orang dan diambil sampel penelitian sejumlah 165 orang menggunakan Simple Random Sampling dan Probability Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner. Untuk mengukur besarnya pengaruh customer experience dan lifestyle model digunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa analisis customer experience cukup tinggi. Lifestyle model cukup tinggi, dan keputusan menonton cukup tinggi. Customer experience memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menonton di bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung. Lifestyle model memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menonton di bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung
SINGLE INDEX MODEL SEBAGAI ALAT ANALISIS OPTIMALISASI PORTOFOLIO INVESTASI SAHAM (Studi Kasus pada Kelompok Saham LQ-45 di BEI Tahun 2009-2011) Triharjono, Sigit
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i1.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menentukan sekelompok saham LQ-45 untuk dibentuk menjadi portofolio yang optimal dengan menggunakan single index model. 2) Untuk membuktikan bahwa mendiversikasikan sekelompok saham-saham dalam satu portofolio investasi saham akan menurunkan risiko lebih kecil daripada risiko saham-saham tersebut apabila ditransaksikan secara individual. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling purposive. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara dokumentasi dengan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Index Model. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dengan menggunakan Single Index Model diperoleh hasil portofolio optimal dan perusahaan yang termasuk kedalam portofolio optimal adalah saham perusahaan Astra Argo Lestari,Tbk (AALI) dan Aneka Tambang, Tbk (ANTM). 2) Terbukti bahwa dengan diversifikasi dalam suatu portofolio saham dapat menurunkan risiko daripada risiko saham-saham pembentuk portofolio apabila ditransaksikan secara individual.
STRATEGI PENGEMBANGAN PROFIL KAPABILITAS MANAJEMEN PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS YANG SEDANG BERLANGSUNG SAAT INI DI SALAH SATU DIVISI PT. X Lutfie, Harrie
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i2.1023

Abstract

Hadirnya operator-operator baru baik yang berskala Nasional maupun Internasional bidang Telekomunikasi dan di era persaingan bisnis perusahaan menuntut adanya suatu perubahan rancangan strategi bisnis perusahaan untuk mengantisipasi gejolak lingkungan bisnis perusahaan. Strategi yang digunakan melalui profil manajer, kompetensi manajemen, iklim manajemen, dan kapabilitas manajemen. Oleh karena itu, Perlu dilakukan trial and error assessment profil kapabilitas manajemen perusahaan di divisi tertentu untuk di evaluasi dan dikembangkan ke divisi lainnya
THE EFFECT OF JOB SATISFACTION AND MOTIVATION ON EMPLOYEE ENGAGEMENT OF ADMINISTRATIVE STAFF OF BANDUNG STATE POLYTECHNIC Kari, Andi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i1.1013

Abstract

The research purposes to measure the level of job satisfaction and motivation and its influence on employee engagement PNS administrative staff of Bandung State Polytechnic, amounting to 293 employees spread across 15 units and work.Determination by cluster random sampling technique method and samples were taken at random (random) that required 168 samples. Methods of research done by the survey, the data obtained by distributing questionnaires to the pegawaits. While the research model depicted in the form of the relationship between variables: Variable Satisfaction (X1) and work motivation (X2) on Employee Engagement (Y).The results generally show that the effect of the level of employee satisfaction "high", the level of employee motivation "very high", and the level of employee engagement "very high". Anova test results showed a difference in strata on aspects of job satisfaction, work motivation, and engagement of employees, but not significantly. Regression Test Results and Test t, partially shows that three variables affect each other positively. F test results and the coefficient of determination shows that simultaneous job satisfaction and motivation influence employee engagement.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK BTN CABANG BANDUNG Masitoh, Dian Siti
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i1.1015

Abstract

Masalah penelitian ini adalah karyawan Bank BTN Cabang Bandung belum menunjukkan kinerja yang memadai. Fenomena tinggi rendahnya kinerja karyawan tersebut diprediksi oleh tinggi rendahnya variabel-variabel yang mempengaruhinya, yaitu tingkat motivasi kerja karyawan, yang dipicu oleh kuat lemahnya budaya organisasi dan tingkat kompensasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan jenis verificative explanation research terhadap 133 karyawan. Analisis dan Interpretasi hasil pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif (SEM). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: Kuat lemahnya Budaya Organisasi, yang termasuk pada kategori kuat, dapat direfleksikan dan dibentuk oleh indikator Inovasi dan pengambilan risiko, Perhatian kepada detail, Orientasi hasil, Orientasi orang, Orientasi tim, Agresivitas, dan Kemantapan. Tingkat Kompensasi Karyawan, yang termasuk pada kategori tinggi, dapat direfleksikan dan dibentuk oleh indikator Keadilan Internal, Keadilan Eksternal, dan Keadilan Individu. Tingkat Motivasi Kerja Karyawan, yang termasuk pada kategori tinggi, dapat direfleksikan dan dibentuk oleh indikator Prestasi, Kekuasaan, dan Afiliasi. Tingkat Kinerja Karyawan, yang termasuk pada kategori tinggi, dapat direfleksikan dan dibentuk oleh indikator Disiplin, Penyelesaian Tugas, serta Perilaku Inovatif dan Spontan.Hasil analisis verifikatif menunjukkan bahwa Kuat lemahnya budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat motivasi kerja karyawan. Tingkat kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat motivasi kerja karyawan. Kuat lemahnya budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kinerja karyawan. Tingkat kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kinerja karyawan. Tingkat motivasi kerja karyawan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kinerja karyawan
PENGARUH RISIKO SISTEMATIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011) Alghifari, Erik Syawal
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i1.1009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran risiko sistematis 2) Gambaran kinerja perusahaan 3) Gambaran nilai perusahaan 4) Pengaruh risiko sistematis terhadap kinerja perusahaan 5) Pengaruh kinerja perusahaan terhadap nilai perusahaan 6) Pengaruh risiko sistematis terhadap nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan 1) Rata-rata beta agresif (nilai β lebih besar dari satu) terjadi pada tahun 2010 dan tahun 2011, rata-rata beta defensif (nilai β lebih kecil dari satu) terjadi pada tahun 2007, tahun 2008 dan tahun 2009 2) Rata-rata ROA positif terjadi pada tahun 2009, tahun 2010 dan tahun 2011, rata-rata ROA negatif terjadi pada tahun 2007 dan tahun 2008 3) Rata-rata nilai perusahaan tahun 2007-2011 memiliki rasio q atau Tobin’s Q diatas satu 4) Tidak terdapat pengaruh risiko sistematis terhadap kinerja perusahaan 5) Terdapat pengaruh kinerja perusahaan terhadap nilai perusahaan 6) Terdapat pengaruh risiko sistematis terhadap nilai perusahaan.
Analisi Kinerja Harga Pengaruhnya Terhadap Reputasi dan Keputusan Menggunakan Jasa Penerbangan (Survei terhadap penumpang Air Asia dengan rute Bandung – Denpasar) Rosdiana, Anisa
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v5i2.1019

Abstract

Penumpang memiliki peran sentral selaku pembuat keputusan untuk menggunakan maskapai penerbangan. Namun pertumbuhan jumlah penumpang Air Asia mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena reputasi Air Asia yang kurang baik. Melalui upaya kinerja harga, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pertumbuhan penumpang Air Asia.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran kinerja harga pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (2) gambaran reputasi Air Asia pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (3) gambaran keputusan menggunakan pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (4) pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan masakapai penerbanganAir Asia.Objek dari penelitian ini adalah penumpang Air Asia dengan rute Bandung – Denpasar, adapun metode penelitiannya menggunakan deskriftif dan verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Populasi sebanyak 214.450 orang diambil sample penelitian sejumlah 100 orang. Simple Random Sampling khususnya Cluster Sampling merupakan teknik pengambilan sample yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Untuk mengukur besarnya pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan maskapai penerbangan, digunakan teknik analisis data path (analisis jalur). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan kinerja harga dinilai oleh penumpang cukup tinggi. Reputasi dinilai cukup tinggi, sedangkan keadaan keputusan menggunakan maskapai penerbangan secara umum dinilai cukup tinggi. Besarnya pengaruh kinerja harga terhadap reputasi adalah cukup tinggi sebesar 60,8%. Besarnya pengaruh kinerja harga terhadap keputusan menggunakan maskapai penerbangan adalah cukup tinggi sebesar 75,8%. Besarnya pengaruh reputasi terhadap keputusan menggunakan maskapai penerbangan adalah cukup tinggi sebesar 69,3%. Sedangkan pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan maskapai penerbangan berpengaruh secara simultan signifikan. Hasil penelitian, maka perlu diadakannya usaha dalam peningkatan kinerja harga yang sesuai dengan harapan penumpang termasuk dalam kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan reputasi perusahaan sehingga penumpang memutuskan untuk menggunakan maskapai penerbangan Air Asia

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012 Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2011 Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2011 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2010 More Issue