cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017" : 6 Documents clear
Pengaruh Pengendalian Kualitas Bahan Baku dan Pengendalian Kualitas Proses Produksi terhadap Kuantitas Produk Cacat dan Dampaknya pada Biaya Kualitas (Cost of Quality) Sihombing, Midian Immanuel Sihombing; Sumartini, Sumartini
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v8i2.12665

Abstract

Kualitas merupakan syarat penting yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam rangka memproduksi barang dan jasa  demi mencapai kepuasan pelanggan.  Kualitas lebih sering didefinisikan oleh konsumen itu sendiri. Produk berkualitas merupakan produk yang mampu memenuhi harapan konsumen terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Perusahaan berupaya meningkatkan produktivitas, salah satunya mengontrol produk cacat. PT. Mahameru Centratama Spinning Mills merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan memproduksi benang, kain grey serta kain berwarna. Salah satu departemen yang ada di PT. Mahameru Centratama Spinning Mills ialah Dyeing and Finishing Department yang merupakan salah satu tempat  mengolah kain grey menjadi kain polos atau kain berwarna yang siap untuk dilakukan proses manufaktur pakaian jadi. Departemen ini mengalami kendala dimana jumlah proses perbaikan (reprocess) melebihi standar jumlah yang diberikan perusahaan. Tingginya reprocess mengakibatkan pembengkakan pada biaya kualitas (Cost of Quality) dan menurunkan profitabilitas. Penelitian ini menggunakan  metode kuantitatif. Pengendalian Kualitas bahan baku diukur menggunakan rasio biaya yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas bahan baku hingga saat akan diproduksi. Pengendalian Kualitas proses diukur menggunakan rasio jumlah good product, kuantitas produk cacat diukur menggunakan persentase cacat yang terjadi dan biaya kualitas dihitung menggunakan persentase biaya real untuk memperbaiki kualitas pada produk. Untuk mengukurnya besarnya pengaruh masing masing variabel, digunakan teknik analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian kualitas bahan baku dan pengendalian kualitas proses memiliki pengaruh negatif terhadap kuantitas produk cacat begitu pula terhadap biaya kualitas (Cost of Quality) sedangkan kuantitas produk cacat memiliki pengaruh positif terhadap biaya kualitas.
Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepercayaan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi Heryani, Feni; Rahayu, Agus
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v8i2.12661

Abstract

Persaingan yang kompetitif di dunia pendidikan telah membantu meningkatkan pertumbuhan pendidikan di Indonesia. Ancaman yang dihadapi cukup besar dan persaingan dalam memperebutkan konsumen pada pasar yang sama semakin tinggi. Universitas Bale Bandung sebagai salah  satu universitas swasta di Kabupaten Bandung kini mulai mengalami beberapa penurunan. Penurunan ini terjadi karena kepercayaan konsumen yang mengalami penurunan sehingga berimplikasi terhadap citra perguruan tinggi. Agar dapat bersaing di dunia pendidikan semua upaya dilakukan seperti meningkatkan kualitas jasa sehinga diharapkan kepercayaan konsumen mengalami peningkatan dan citra perguruan tinggi juga mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini dilakukan 1. untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap kualitas jasa pendidikan Universitas Bale Bandung, 2. untuk mengetahui tanggapan tingkat kepercayaan konsumen atau mahasisiwa Universitas bale Bandung, 3. untuk mengetahui tanggapan tentang citra Universitas Bale Bandung, 4. untuk menjelaskan seberapa besar kualitas layanan mempengaruhi kepercayaan konsumen atau mahasisiwa Universitas Bale Bandung, 5. untuk menjelaskan seberapa besar kepercayaan konsumen atau mahasiswa dapat mempengaruhi citra Universitas Bale Bandung, 6. untuk menjelaskan seberapa besar kualitas layanan dapat mempengaruhi citra Universitas Bale Bandung, 7. untuk menjelaskan seberapa besar kualitas layanan dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen atau mahasisiwa  serta berimplikasi terhadap citra Universitas Bale Bandung. Objek dalam penelitian ini ini adalah mahasiswa Universitas Bale Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan alat bantu software SPSS 22.0. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan nilai perhitungan yang diperoleh  melalui analisis jalur tidak semua lebih besar dibandingkan dengan yang terdapat pada tabel. Artinya tidak semua terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas jasa, terhadap kepercayaan pelanggan serta implikasinya pada citra perguruan tinggi. Dalam upaya meningkatkan citra perguruan tinggi harus senantiasa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap jasa yang ditawarkan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa kualitas jasa memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pelanggan dan citra perguruan tinggi.
Pengaruh Sistem Reward Dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Implikasinya Pada Kinerja Tenaga Kerja Indonesia Di Busan Korea Selatan Muhammad, Aziz
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v8i2.12662

Abstract

Sumber daya manusia merupakan pelaksana kegiatan produksi dalam mencapai tujuan perusahaan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang berperan penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Berdasarkan pencapaian kinerja yang diukur dari hasil per pekerja tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem reward, budaya kerja, kepuasan kerja dan kinerja pada tenaga kerja Indonesia di Busan Korea Selatan.Penelitian ini menggunakan metode descriptive explanatory survey. pengumpulan data dengan cara studi dokumentasi, dan penyebaran angket. Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja Indonesia di Busan Korea Selatan yang berjumlah 2093 orang. Berdasarkan hasil perhitungan sampel dengan menggunakan rumus slovin diperoleh 336 orang yang terdistribusi secara proporsional. Untuk mengukur besarnya pengaruh sistem reward, budaya kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja, digunakan teknik analysis path (analisis jalur) dengan menggunakan software SPSS versi 23.Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem reward efektif, budaya kerja kuat, tingkat kepuasan kerja tinggi, tingkat kinerja tinggi.  Sistem reward dan budaya kerja memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Pengaruh sistem reward, budaya kerja, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja.
Pengaruh Komunikasi Internal, Pengembangan Karir, Dan Penghargaan Intrinsik Terhadap Keterikatan Karyawan Nurwulandari, Ine; Suwatno, Suwatno
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v8i2.12663

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya keterikatan karyawan. Rendahnya rendahnya keterikatan karyawan menjadi salah satu perhatian yang perlu dicarikan solusinya. Salah satu yang membuat rendahnya rendahnya keterikatan karyawan adalah iklim kerja kurang kondusif. Iklim kerja yang kurang kondusif tersebut disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian antara apa yang dicari oleh karyawan dengan tawaran perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal, pengembangan karir, penghargaan intrinsik terhadap keterikatan karyawan pada hotel berbintang di Kota Subang. Dalam penelitian ini digunakan metode Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala ordinal. Jumlah populasi berukuran 74 orang, yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan pada level non managerial. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh antara komunikasi internal, pengembangan karir, dan penghargaan intrinsik terhadap keterikatan karyawan; 2) terdapat pengaruh antara komunikasi internal terhadap keterikatan karyawan; 3) terdapat pengaruh antara pengembangan karir terhadap keterikatan karyawan dan; 4) terdapat pengaruh antara penghargaan intrinsik terhadap keterikatan karyawan. Atas dasar hasil penelitian di atas, rekomendasi yang diajukan harus ditingkatkan peran komunikasi internal, pengembangan karir, dan penghargaan intrinsik di dalam aktivitas organisasi
Pengaruh Atmosfer Terhadap Costumer’s Impression dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Koeswandi, Tika; Rahayu, Agus; Wibowo, Lili Adi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v8i2.12664

Abstract

Perubahan orientasi konsumen dari service oriented ke experience oriented menjadi tantangan baru bagi industri restoran korea di kota Bandung dalam mempertahankan agar pengalaman tidak membosankan. Pemasar dituntut untuk dapat menciptakan suasana hallyu wave yang tak hanya membangkitkan emosi dan perasaan namun juga terkenang. Sebagai restoran paling berkesan di Kota Bandung menurut hasil prasurvei, Chingu Korean Fan Café telah melakukan inovasi atmosfer ruang usaha yang diimbangi dengan fluktuasi peningkatan jumlah pengunjung. Mengetahui seberapa besar pengaruh atmosfer terhadap kesan dan dampaknya pada minat beli ulang perlu dilakukan agar dapat menjaga citra perusahaan, meningkatkan penjualan dan kesetiaan pengunjung.  Bertujuan untuk mempelajari gambaran tanggapan pengunjung tentang tujuh elemen mayor atmosfer, costumer’s impression, dan minat beli ulang, seberapa besar pengaruh tujuh elemen mayor atmosfer terhadap costumer’s impression, seberapa besar pengaruh kesan terhadap minat beli ulang dan seberapa besar pengaruh tujuh elemen mayor atmosfer terhadap minat beli ulang, penelitian ini menggunakan explanatory survey dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sample 100 pengunjung dan dilakukan teknik analisis path analysis dengan menggunakan software SPSS 23.0 untuk mengukur besarnya pengaruh atmosfer terhadap kesan dan dampaknya pada minat beli ulang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa gambaran atmosfer, costumer’s impression dan minat beli ulang berada dalam rentang yang tinggi dan terdapat pengaruh yang lebih besar yang dihasilkan oleh atmosfer melalui costumer’s impression dan berdampak pada minat beli ulang. Elemen pencahayaan menjadi elemen yang paling mempengaruhi dan warna yang tidak. Sehingga lebih diperhatian peningkatan atmosfer warna dalam melakukan inovasi dikemudian hari sebagai rekomendasi bagi pihak Chingu Korean Fan Café.
Analisis Manajemen Risiko Operasional dalam Merencanakan Strategi Operasional (Studi Kasus pada Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Cimahi) Bhuana, Egi Bhakti; Sumartini, Sumartini; Sofia, Alfira
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v8i2.12660

Abstract

Cara untuk mencegah kegagalan dalam faktor internal, sumber daya manusia, sistem, dan eksternal. Pengujian kendaraan bermotor adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memeriksa atau menguji kendaraan bermotor agar memenuhi persyaratan teknis kelayakan. Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan kota Cimahi belum menerapkan manajemen risiko operasional secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan pada organisasi dalam mengidentifikasi risiko, kemungkinan dan dampak risiko, serta bagaimana penerapan strategi berkaitan dengan penanganan risiko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik wawancara digunakan dalam proses identifikasi risiko kepada tiga orang ahli, sedangkan kuesioner digunakan dalam proses analisis risiko kepada sepuluh orang diantaranya lima orang ahli dan lima orang petugas pengujian. Risiko yang dapat diidentifikasi dari hasil wawancara terdapat 38 risiko, faktor sistem sebanyak 13 risiko, faktor manusia sebanyak 7 risiko, faktor eksternal sebanyak 8 risiko, dan faktor internal sebanyak 10 risiko. Berdasarkan hasil analisis yang didapat dari penyebaran kuesioner terdapat 1 risiko dengan tingkatan “Rendah” yang menggunakan pendekatan strategi Risk Acceptence, 20 risiko dengan tingkatan “Medium” yang menggunakan pendekatan strategi Risk Reduction, 13 risiko dengan tingkatan “Tinggi” yang menggunakan pendekatan strategi Risk Sharing dan 4 risiko dengan tingkatan “Ekstrim” yang menggunakan pendekatan strategi Risk Avoidance. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012 Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2011 Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2011 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2010 More Issue