cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2018): Desember" : 3 Documents clear
STUDI EKSPLORASI PENGELOLAAN DAN KEPUASAN DALAM PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA WORKSHOP YANG TELAH MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 Pratama, Alfian S.; Darmawan, Bambang; Mubarok, Ibnu
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15180

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan dan kepuasan peserta didik dalam pemanfaatan sarana dan prasarana di workshop teknik sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kepala bengkel dan peserta didik SMK X Bandung dengan subyek kepala bengkel sebanyak 1 orang dan peserta didik kelas XI sebanyak 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan mangket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada area kerja mesin, chasis, kelistrikan otomotif untuk kontak listrik jumlahnya tidak sesuai dengan standar BSNP yang digunakan. Ruang penyimpanan dan instruktur untuk meja kerja, kursi kerja, lemari alat dan bahan, sarana training object sepeda motor, media engine stand, media kelistrikan, peralatan utama bengkel untuk dial test indicator, peralatan pendukung bengkel meja kerja dan trolly tidak sesuai dengan standar  BSNP yang digunakan.  Kesimpulan penelitian ini adalah pengelolaan sarana dan prasarana workshop sudah sangat baik dan peserta didik dalam pemanfaatan sarana dan prasarana sudah memuaskan, namun masih belum sesuai dengan standar BNSP.
PENYUSUNAN DAN ANALISIS TES KINERJA (PERFORMANCE TEST) PADA KOMPETENSI PRAKTIK MEMASANG SISTEM PENERANGAN DAN WIRING KELISTRIKAN DI SMK Multin, Hegar A.; Munawar, Wahid; Noor, Adam A. M.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tes kinerja dan analisis tes kinerja pada kompetensipraktik memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK Otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data analisis tes kinerja. Tes yang dikembangkan yaitu terdiri dari rubrik dan pedoman penilaian.Hasil penelitian tes kinerja berupa uji validitas isi, uji keterbacaan dan uji konstruksi. Konten tes kinerja dilakukan dengan  expert judgment. Analisis validitas isi menggunakan rumus CVR dan CVI didapatkan hasil yang valid. Hasil uji tingkat keterbacaan memiliki nilai tinggi setelah dilakukan perbaikan, sehingga instrumen dapat digunakan oleh siapa saja. Hasil uji konstruksi dinyatakan dalam nilai tinggi, artinya terstruktur untuk digunakan.Kesimpulan diperoleh bahwa proses tahapan-tahapan pembuatan instrument tes kinerja dan penyusunan pembuatan instrument tes kinerja yang melalui tahapan demi tahapan hingga menjadi valid dengan pengesahan ahli.
MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN Romansyah, Romansyah; Kusumah, Inu H.; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa kelas XI reguler dengan siswa kelas industri jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 6 Bandung dalam mengikuti mata pelajaran PKKR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 67 responden pada peserta didik kelas XI paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan menggunakan skala Likert dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi yang signifikan antara siswa kelas XI reguler dan siswa kelas XI industri. Motivasi belajar siswa kelas XI reguler sebesar 59% atau cukup tinggi dan motivasi belajar siswa kelas XI industri sebesar 77% atau tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas XI reguler dengan siswa kelas XI industri dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran PKKR. Hasil belajar kelas XI reguler memiliki nilai rata-ratanya 69,5. Rata-rata hasil belajar kelasa XI industri sebesar 74. Siswa kelas XI reguler sebanyak 5,4% siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dan kelas XI industri sebanyak 20%. Disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas industri lebih baik dibandingkan dengan kelas reguler.

Page 1 of 1 | Total Record : 3