cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014): Juni" : 21 Documents clear
PENGARUH PERAN GURU DALAM MEMBIMBING SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM REFRIGERASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA Purnomo, Wenda A.; Hasan, Syamsuri; Arifiyanto, Enang S.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3750

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru dalam membimbing siswa pada mata pelajaran praktikum pemeliharaan dan perbaikan sistem refrigerasi di SMKN X dengan jumlah responden 67 siswa. Metode yang digunakan adalah metode descriptive research dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membimbing yang dilaksanakan pada praktikum berpengaruh rendah terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan diperoleh bahwa terdapat pengaruhperan guru dalam membimbing siswa pada mata pelajaran praktikum pemeliharaan dan perbaikan sistem refrigerasi dengan hasil belajar siswa.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BUBUT LANJUT 1 Umar, Japar; Hidayat, Dadang; Wardaya, Wardaya
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3741

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran Bubut lanjut 1 di SMK N 12 Bandung. Metode penelitian menggunakan deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa dari populasi sebanyak 103 siswa yaitu kelas XI PPU 1,2 dan 4 SMKN 12 Bandung. Instumen penelitian menggunakan angket dan prestasi belajar siswa menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Gambaran persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berada pada kategori sedang. Motivasi belajar berada dalam kategori sedang dan prestasi belajar berada dalam kategori lulus dengan cukup. Kesimpulkannya bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
PENERAPAN MEDIA VIDEO DAN ANIMASI PADA MATERI MEMVAKUM DAN MENGISI REFRIGERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Johari, Andriana; Hasan, Syamsuri; Rakhman, Maman
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3731

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran video dan animasi pada mata pelajaran sistem refrigerasi dengan materi memvakum dan mengisi refrigeran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas X TP A dan X TP B. Kedua sampel diberi pre test kemudian diberi treatment berupa pembelajaran menggunakan media animasi pada kelas X TP A dan media video pada kelas X TP B. Setelah pemberian treatment, selanjutnya kedua sampel diberi post test menggunakan soal yang memiliki indikator serupa dengan pre test namun telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran video maupun animasi pada aspek kognitif. Sementara itu, pada aspek psikomotor dan afektif terdapat perbedaan hasil belajar siswa  dimana siswa yang menggunakan media video lebih baik daripada siswa yang menggunakan media animasi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran video lebih baik daripada animasi untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa pada pada materi memvakum dan mengisi refrigeran.
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA PROSES PEMBELAJARAN PRODUKTIF DI SMK Rahman, Syaiful; Munawar, Wahid; Berman, Ega T.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Kelistrikan Sistem Refrigerasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket pemanfaatan media pembelajaran berbasis website dan tes objektif untuk hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sedang pemanfaatan media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis website dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran produktif.
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR BERSKALA DI SMK Fauzi, Faris; Rohendi, Dedi; Yayat, Yayat
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3737

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi dan respon siswa mengenai penggunaan media animasi pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan subjek penelitian 30 orang siswa dari dua kelas berbeda yaitu kelas X-A dan kelas X-B yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu pretest, posttest, angket, dan lembar judgement. Hasil uji prasyarat untuk pretest, posttest menunjukkan kedua kelas homogen, dan berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis pada kelas kontrol didapat rata-rata N-Gain= 0,19 yang berada pada kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata N-Gain= 0,58 yang berada pada ketegori sedang. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh pembelajaran dengan media animasi lebih baik daripada pembelajaran dengan handout, sedangkan untuk respon siswa didapat skor sebesar 87% yang berada pada kriteria tinggi.
PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN Nyangko, Leonardo R.; Karo Karo, Uli; Hamdani, Aam
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana standar sarana dan prasarana laboratorium pemesinan serta bagaimana cara penggunaan laboratorium dengan sarana dan prasarana yang ada agar menunjang proses pembelajaran praktikum. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 12 Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prasarana pada area kerja mesin bubut, arean mesin frais, area kerja bangku dan area penyimpanan dan instruktur telah memenuhi standar Permendiknas No 40 Tahun 2008. Perbandingan jumlah peserta didik dengan mesin bubut  belum memenuhi standar. Perbandingan jumlah peserta dengan mesin frais dan perbandingan jumlah peserta didik dengan ragum sudah  memenuhi standar Permendiknas No. 40 Tahun 2008 sehingga dapat menunjang proses pembelajaran praktikum.
MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF Ramadhan, Ari A.; Hasan, Syamsuri; Sumardi, Kamin
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3732

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar dan  aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Sistem Refrigerasi kelas X TP B SMK Negeri I Cimahi Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pre-test, post test dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar yang ditunjukan oleh nilai rata-rata N-Gain pada siklus I dalam kategori sedang, siklus II kategori sedang, dan siklus III kategori tinggi. Hasil rata-rata persentase aktivitas pada siklus I masuk dalam kategori sedang, pada siklus II kategori tinggi, dan siklus III kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHTdapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa.
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN AURORA 3 DIMENSI PRESENTATION DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA ENGINE TRAINER PADA KOMPETENSI MENJELASKAN KONSEP MOTOR BAKAR Praktikno, Teguh; Tarmedi, Ewo; Munawar, Wahid
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v1i1.3747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan belajar siswa yang menggunakan Aurora 3D dengan siswa yang menggunakan media engine trainer pada kompetensi menjelaskan konsep motor  bakar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design, sampel penelitian menggunakan sampling purposive yang berjumlah masing-masing 20 siswa kelas TKR 4 sebagai kelompok eksperimen dan TKR 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Aurora 3D dengan siswa yang menggunakan engine trainer. Pemanfaatan media pembelajaran Aurora 3D dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran produktif.
KONTRIBUSI HASIL UJI KOMPETENSI TEORI KEJURUAN TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI PRAKTIK KEJURUAN TEKNIK GAMBAR Sulistiyono, Firmansyah; Wardaya, Wardaya; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechaninal Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini, secara umum untuk mengetahui seberapa besar kontribusi hasil uji kompetensi teori kejuruan terhadap hasil uji kompetensi praktik kejuruan siswa Teknik Gambar Mesin (TGM) pada tahun pelajaran 2012/2013 di SMK Negeri 2 Kota Bandung, serta untuk mengetahui tingkat relevansi materi uji kompetensi teori kejuruan terhadap praktik kejuruan yang diujikan pada uji kompetensi keahlian TGM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktriptif korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil uji kompetensi teori kejuruan dan praktik kejuruan TGM berada pada kategori baik, hasil uji kompetensi teori kejuruan berkontribusi terhadap hasil uji kompetensi praktik kejuruan TGM pada kategori tinggi, serta relevansi materi uji kompetensi teori kejuruan berada pada kategori telah memenuhi terhadap materi uji kompetensi praktik kejuruan TGM.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGATURAN REFRIGERASI Saputra, Raden I.; Hasan, Syamsuri; Rakhman, Maman
Journal of Mechaninal Engineering Education Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation berbasis multimedia pada mata pelajaran sistem pengaturan refrigerasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri atas tiga siklus. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI TP A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, soal pre-test, post test dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain pada siklus I yang masuk dalam kategori sedang, siklus II kategori sedang, dan siklus III kategori tinggi. Penerapan model pembelajaran ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I dalam kategori tinggi, meningkat pada siklus II dan III masuk pada kategori sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation berbasis multimedia meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengaturan refrigerasi.

Page 1 of 3 | Total Record : 21