cover
Contact Name
buhari
Contact Email
pend.sejarah.fkip@uho.ac.id
Phone
+6285241919232
Journal Mail Official
pend.sejarah.fkip@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Sulawesi Tenggara – Indonesia Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085241919232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25026666     EISSN : 25026674     DOI : https://doi.org/10.36709/jpps
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO yaitu Volume 1 nomor 1 Maret 2016. Tujuan dari adanya publikasi pada jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual dan hasil penelitian. Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO merupakan wadah ilmiah untuk mempublikasikan berbagai hasil penelitian mahasiswa, dosen, maupun guru, dengan Ruang lingkup Jurnal memuat tentang kajian Pendidikan Sosial-Budaya khususnya aspek: Pendidikan Sejarah, Etnopedagogik, Kajian Sejarah Lokal, Kajian kearifan lokal sebagai modal pendidikan dan penguatan karakter.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO" : 8 Documents clear
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 12 POASIA KENDARI Rusuli, La
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.821 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8472

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini sebagai action research atas permasalahan yang dialami di kelas baik dari aspek sisiwa maupun guru. Olehnya itu tujuan penelitian ini bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe STAD diharapkan dapat (1). Peningkatan aktivitas guru, (2) peningkatan  aktivitas siswa, (3) meningkatkan hasil belajar siswa. Secara metodologi penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan metode atau langkah-langkah pembelajaran IPS di kelas IV A SD Negeri 12 Poasia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam bentuk kolaborasi  dengan guru lain yang dilaksanakan selama dua siklus pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan utama dari penelitian ini adalah merumuskan langkah-langkah pembelajaran IPS secara kooperatif tipe STAD. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I interaksi belajar antar siswa masih kurang hal ini berimplikasi pada prestasi belajarnya, namun pada pelaksanaan siklus II frekuensi siswa saling membantu dan bertanya pada siswa lain sehingga berimplikasi pada prestasi belajarnya. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS siswa meningkat secara signifikan dengan nilai rata – rata 76,83 pada siklus II dan ini lebih baik jika dibandingkan dengan nilai rata – rata 60,75 pada siklus I. Pada siklus II pula sebanyak 35 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 6 kelompok (60%) yang aktif pada siklus I menjadi 9 kelompok (90%) yang aktif pada siklus II. Sebagai implikasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran IPS secara kooperatif khususnya pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan alternatif pembelajaran IPS yang berpusat kepada siswa, dan dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual  . Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Peningkatan, dan Hasil Belajar
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA MELALUI METODE BERVARIASI DI KELAS V SD NEGERI 5 KATOBU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DARMA, KARIM
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.445 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8480

Abstract

ABSTRAKFokus dari penelitian ini dirumukan dalam bentuk masalah penelitian yaitu apakah kemampuan menulis Puisi siswa Kelas V SD Negeri 5 Katobu Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan melalui Metode Bervariasi? Dengan demikian tujuan dari penelitian ini secara spesifik untuk mengetahui perubahan kemampuan menulis Puisi siswa Kelas V SD Negeri 5 Katobu Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui Metode Bervariasi, sehingga terlihat jelas tingkat peningkatan kemampuan menulis siswa yang terakumulasi dalam nilai bahasa Indonesia.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 5 Katobu pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 bulan Maret sampai April 2012. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan); lembar observasi bagi guru dan murid untuk kondisi pelaksanaan tindakan; serta jurnal refleksi diri. Metode bervariasi yang digunakan adalah: pemberian tugas, kerja kelompok, penemuan terbimbing, diskusi, tanya jawab dan pembiasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, dari segi proses baik aktivitas siswa maupun aktivitas guru menunjukan peningkatan dan daya motivasi siswa yang tinggi, dengan semua skenario perencanaan pembelajaran telaksana 100 % pada siklus II. Sedangkan kedua, dari segi hasil yang dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar  dari 18 orang siswa sebanyak 72,22% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 88,89% dengan rata-rata nilai 78,78. Artinya hasil ini telah megalami ketuntasan kalasikal dan penelitian juga dianggap telah berhasil.  Kata kunci : Metode Bervariasi, Peningkatan, dan Kemampuan Menulis
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KATOBU KABUPATEN MUNA ASFARIAH, ASFARIAH
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.232 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8473

Abstract

ABSTRAK              Artikel jurnal ini diambil dari hasil penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini mengacu pada masalah yang dirumuskan dalam bentuk ”Apakah penerapan  pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis surat siswa kelas VI SD Negeri 3 Katobu?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis surat siswa kelas VI SD Negeri 3 Katobu melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 3 Katobu pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian siswa 21 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan serta setiap siklus dilakukan tes. KKM yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 70,00. Hasil tes siklus I menunjukkan bahwa 10 orang dari 21 siswa yang telah memperoleh nilai ≥ 70, dengan persentase 58,38% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil tes siklus II menunjukkan kenaikan yang cukup signifikant yaitu telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 orang dari 21 orang siswa atau sekitar 95,24 persen yang telah tuntas sedangkan yang belum tuntas hanya 1 orang. Sekalipun masih ada 1 orang yang belum tuntas tetapi penelitian ini dinyatakan telah berhasil sebagaimana indikator kinerja yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Peningkatan, dan Kemampuan Menulis
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA MELALUI METODE BERVARIASI DI KELAS V SD NEGERI 5 KATOBU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DARMA, KARIM
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.445 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8481

Abstract

ABSTRAKFokus dari penelitian ini dirumukan dalam bentuk masalah penelitian yaitu apakah kemampuan menulis Puisi siswa Kelas V SD Negeri 5 Katobu Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan melalui Metode Bervariasi? Dengan demikian tujuan dari penelitian ini secara spesifik untuk mengetahui perubahan kemampuan menulis Puisi siswa Kelas V SD Negeri 5 Katobu Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui Metode Bervariasi, sehingga terlihat jelas tingkat peningkatan kemampuan menulis siswa yang terakumulasi dalam nilai bahasa Indonesia.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 5 Katobu pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 bulan Maret sampai April 2012. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan); lembar observasi bagi guru dan murid untuk kondisi pelaksanaan tindakan; serta jurnal refleksi diri. Metode bervariasi yang digunakan adalah: pemberian tugas, kerja kelompok, penemuan terbimbing, diskusi, tanya jawab dan pembiasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, dari segi proses baik aktivitas siswa maupun aktivitas guru menunjukan peningkatan dan daya motivasi siswa yang tinggi, dengan semua skenario perencanaan pembelajaran telaksana 100 % pada siklus II. Sedangkan kedua, dari segi hasil yang dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar  dari 18 orang siswa sebanyak 72,22% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 88,89% dengan rata-rata nilai 78,78. Artinya hasil ini telah megalami ketuntasan kalasikal dan penelitian juga dianggap telah berhasil.  Kata kunci : Metode Bervariasi, Peningkatan, dan Kemampuan Menulis
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KONSEP PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 KABAWO, DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA BENDA KONKRET DAN GAMBAR Boholi, La
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.159 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8474

Abstract

ABSTRAKPenelitian Tindak Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan utama meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian untuk mencapai tujuan tersebut, ditetapkan rumusan masalah Bagaimana cara meningkatkan pemahaman anak tentang konsep pecahan sederhana secara aktif dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media/alat peraga dari benda konkret maupun gambar-gambar?.  Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di SD Negeri 19 Kabawo Kec. Kabawo kabupaten Muna. Subyek dari peneltian ini adalah siswa Kelas IV semester 2 Tahun 2014. Kemudian metode yang digunakan yaitu melakukan prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan dalam prosedur PTK yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan evaluasi, serta sesia akhir yaitu refeksi. Melalui perbaikan pembelajaran yang terbingkai dalam penelitian tindakan kelas, ternyata didapatkan hasil bahwa pemahaman siswa tentang konsep pecahan sederhana jadi lebih meningkat. Dan penggunaan alat peraga secara optimal merupakan salah satu solusi terbaik untuk memaksimalkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut yaitu (1) Setiap siswa memiliki kemampuan dan pemenuhan kebutuhan yang berbeda. (2) Siswa memiliki motivasi dalam belajar. (3) Penguasaan materi oleh siswa dapat ditingkatkan melalui penjelasan disertai contoh-contoh dari benda-benda konkret. (4) Siswa merasa senang dan berkesan jika dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, dan Pecahan
PENGUATAN KERUKUNAN MAHASISWA MELALUI INTEGRASI KONSEP KERUKUNAN ANTAR AGAMA DAN ETNIK KEDALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN MULTI KULTURAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FKIP UHO Hak, Pendais
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.642 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8454

Abstract

ABSTRAK Paper ini diringkas dari hasil penelitian yang menfokuskan kajian dengan rumusan masalah apakah pembelajaran mata kuliah pendidikan multi kultural berbasis kerukunan antar agama dan etnik dapat menguatkan kerukunan mahasiswa pendidikan sosiologi FKIP Universitas Halu Oleo?. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2016/2017 semester III pada mahasiswa pendidikan sosiologi FKIP Universitas Halu Oleo. Jumlah mahasiswa sebanyak 42 orang. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan demikian prosedur yang dilakukan adalah mengacu pada prosedur kegiatan dalam penelitian jenis PTK yang meliputi beberapa langka atau prosedur yaitu; pertama, tahap perencanaan berupa penyiapan bahan ajar dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Kedua, tahap pelaksanaan. Pelaksanaan perkuliahan dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan perkuliahan didesain dengan pola diskusi kelompok dan praktek. Ketiga, tahap evaluasi yaitu untuk mengukur sejauhmana hasil PTK tersebut dalam pandagan atau persepsi mereka tentang kerukunan. Keempat, tahap refleksi. Karena dalam penelitian hanya dilakukan sebelum dan setelah penelitian. Sebelum kegiatan perkuliahan dilakukan langsung diberikan angket untuk mengukur persepsi mahasiswa tentang kerukunan dengan 4 variabel. Setelah kegiatan perkuliahan sebanyak 8 kali pertemuan langsung diberikan lagi evaluasi. Sehingga refleksi yang dilakukan yaitu untuk melihat hal-hal yang berdampak dan hal-hal apa yang harus direkomendasikan. Hasil penelitian ini menunjukan Kegiatan pembelajaran dengan melalui integrasi konsep kerukunan antar agama dan etnik dalam pembelajaran pada mahasiswa pendidikan sosiologi FKIP Universitas Halu Oleo sangat berdampak pada penguatan kerukunan mahasiwa hal ini ditunjukan dengan hasil indeks yang mengalami peningkatan jika dibandingkan antara sebelum dan setelah perkuliahan. Masalah mendasar dari belum tingginya index kerukunan mahasiswa (belum mencapai nilai indekx tinggi 3,5-4,0) karena sikap dan pandangan ekslusifisme baik dari sudat pandang pemahaman agama maupun sikap primordial etnik yang sudah terbangun dalam alam pikiran mahasiswa. Sehingga kondisi ini membutuhkan proses yang lebih lama dan tentunya juga harus didukung oleh bentuk-bentuk intervensi yang lain baik secara formal maupun non formal. Tetapi jika mahasiswa terus bergelut dengan kelompok yang mendoktrinkan paham kearah yang lebih ekslussif, bahkan radikal maka hal ini bisa tetap mendormg pemahaman yang tertutup lagi (ekslusif). Sehingga kegiatan dan program seperti ini harus dudukung dengan bentuk internalisasi dan dukungan dari pihak lain baik itu kalangan akademisi, tokoh agama, tokoh adat, dan maupun pemerintah.  Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Pembelajaran, dan Penguatan Kerukunan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 7 KABAWO MELALUI PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG NURLANDE, NURLANDE
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.966 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8477

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model pengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Kabawo Mata Pelajaran PKn?  Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa  kelas V SD Negeri 7 Kabawo pada Mata Pelajaran PKn melalui model pengajaran langsung . Sedangkan Manfaat penelitian ini adalah : 1) Guru, untuk mengetahui tentang teknik pembelajaran di sekolah yang dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, sehingga materi yang diajarkan dapat dikuasai siswa. 2) Sekolah, penelitian ini akan memberikan sumbangan yang baik bagi sekolah dalam rangka perbaikan pembelajaran. 3) Bagi siswa, dapat menambah keterampilan belajar, meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 7 Kabawo dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang  yang terdiri dari 9 orang laki-laki  dan 10  orang perempuan. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan  pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Adapun prosedur penelitian ini adalah (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Observasi dan Evaluasi; (4) Refleksi. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai seperti apa yang telah didesain dalam factor-faktor yang diselidiki. Sumber data penelitian yaitu terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dari tes hasil belajar, lembar observasi dan jurnal. Tehnik pengambilan data : (1) data tentang kondisi pembelajaran diambil dengan menggunakan lembar observasi; (2) data tentang hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan alat evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematik siswa dikelas V SD Negeri 7 Kabawo dapat ditingkatkan melalui penerapan model pengajaran langsung. Hal ini dapat dilihat pada siklus III yang rata-rata 100% tuntas. Dari rencana pelaksanaan perbaikan pembelajaran telah terlaksana maka dikatakan bahwa penelitian ini berhasil. Kata Kunci: Hasil Belajar, Meningkat, dan Pengajaran Langsung
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 DURUKA SAMRIA, SAMRIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Publisher : Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.426 KB) | DOI: 10.36709/jpps.v2i1.8478

Abstract

ABSTRAKPenelitian dilakukan semata-mata untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teamss  Achievement Divisions kelas VI SD Negeri 3 Duruka. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Duruka dengan jumlah siswanya 24  orang yang terdiri dari laki-laki 10 orang dan  perempuan 14 orang. Prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Adapun prosedur penelitian ini adalah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi dan evaluasi; (4) refleksi. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai seperti apa yang telah didesain dalam faktor-faktor yang diteliti. Sumber data penelitian yaitu terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dari tes hasil belajar, lembar observasi dan jurnal. Teknik pengumpulan data, (1) data tentang kondisi pembelajaran diperoleh dengan menggunakan lembar observasi; (2) data tentang hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan alat evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( student teams achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Duruka pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai 73,75 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 54,16%, sedangkan pada siklus II rata-rata siswa mencapai 90 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91,6%. Aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklus di mana pada siklus I terdapat 66,6% dan pada siklus II mencapai 100%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pula di mana pada siklus I terdapat 66,6% dan pada siklus II mencapai 100%.  Oleh karena itu, hipotesis tindakan tercapai pada siklus II. Kata Kunci: Peningkatan, Model STAD, dan Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 6, No 3 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 5, No 3 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 1, No 4 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO More Issue