cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Journal Pendidikan Bahasa Dan Seni FKIP UHO
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 19798296     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Humanika merupakan media elektronik jurnal ilmiah yang dibuat untuk memuat karya ilmiah mahasiwa dan dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " JURNAL HUMANIKA NO. 16, VOL. 1, MARET 2016" : 2 Documents clear
CAMPUR KODE DALAM PERISTIWA KOMUNIKASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 KABANGKA A1D312077, Herawati
JURNAL HUMANIKA JURNAL HUMANIKA NO. 16, VOL. 1, MARET 2016
Publisher : JURNAL HUMANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11.886 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam tataran kata, frasa, dan klausa dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi campur kode dalam peristiwa komunikasi di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Kabangka. Penelitian ini menggunakan data lisan dari informan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui, teknik simak, teknik wawancara, teknik catat, serta teknik rekam. Data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa campur kode dalam peristiwa komunikasi di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Kabangka terdapat tiga bentuk campur kode yaitu, bentuk campur kode dalam tataran kata, frasa, serta klausa.Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Kabangka yaitu, persamaan latar belakang bahasa dan budaya atau bahasa ibu, perbedaan latar belakang bahasa dan budaya atau  bahasa ibu tetapi mereka mengerti  komunikasi dalam latar belakang tiga bahasa ibu yang berbeda, ketidakmampuan berbahasa Indonesia atau lupa bahasa Indonesia, ingin mudah dipahami dan memahami, serta faktor kebiasaan dan lingkungan yang sama.
TINGKAT KETERBACAAN WACANA NONOFIKSI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PEGANGAN SISWA SMA KELAS X KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRAFIK FRY A1D112053, MUHAMMAD IBNU KALDUM
JURNAL HUMANIKA JURNAL HUMANIKA NO. 16, VOL. 1, MARET 2016
Publisher : JURNAL HUMANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini ialah adanya suatu kenyataan tentang keanekaragaman sumber bahan pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan buku paket baik yang dikeluarkan oleh pihak Kemendikbud maupun buku-buku yang diedarkan atas inisiatif guru. Padahal diakui bahwa tidak semua buku paket tersebut layak untuk konsumsi baca siswa. Oleh karena itu, salah salah satu pertimbangan untuk menentukan layak tidaknya suatu bahan bacaan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia kepada siswa adalah dengan mengukur terlebih dahulu wacana yang ada pada buku paket tersebut guna mengetahui tingkat keterbacaan sesuai dengan peringkat kelasnya. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah keterbacaan wacana nonfiksi pada buku teks Pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterbacaan wacana nonfiksi dalam buku teks pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013. Keterbacaan tersebut dianalisis menggunakan Formula Grafik Fry. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data wacana yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca catat dengan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif setelah mengikuti langkah-langkah pengukuran Formula Grafik Fry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik pegangan siswa SMA Kelas X  Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat digunakan sebagai bahan bacaan atau bahan pelajaran untuk siswa SMA kelas VII, VII,IX,X,XI,XII dan mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 2