cover
Contact Name
Sandi Pratama
Contact Email
pratamasandi2008@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltarbawipai@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 25274082     EISSN : 2622920X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tarbawi (p-ISSN : 2527-4082, e-ISSN : 2622-920X) adalah media publikasi ilmiah yang fokus menyebarluaskan hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar bekerjasama dengan LP3M Unismuh Makassar, dan terbit secara berkala dua kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM" : 6 Documents clear
POTRET PENDIDIKAN ISLAM MODEL MUHAMMADIYAH DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA Darsitun Darsitun
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v5i01.2459

Abstract

Artikel ini lahir dengan latar belakang fenomena perkembangan dunia yang semakin global menuntut semua lapisan masyarakat berpikir modern. Penulis tertarik membicarakan pendidikan Islam khususnya pendidikan model Muhammadiyah yang tentunya tidak dapat dilepaskan dari sosok pendirinya yaitu KH. Ahmad Dahlan. Jenis pendekatan yang dipilih dalam menyusun tulisan ini adalah library research dengan analisis deskriptif content analysis. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa fakta bahwa Muhammadiyah memiliki kemampuan untuk survive dalam mengelola pendidikan selama lebih satu abad (1912-2019) memang memerlukan landasan berpijak yang kokoh berupa seperangkat nilai-nilai dasar, jika terasa berlebihan untuk menyebutnya sebagai filsafat pendidikan. Penekanan pada karakter Islam yang berkemajuan, seperti yang dinyatakan oleh KH. Ahmad Dahlan dalam berbagai pesannya memberikan kekuatan yang dinamis bagi pencerahan peradaban ketika dihadapkan dengan perkembangan zaman. Tidak sekadar mempunyai kecerdasan, pengenalan diri, namun berpihak orang lain (mustadh’afin). Pendidikan Muhammadiyah merupakan pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan dan antara iman dan kemajuan yang holistic.  
PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Yakub Yakub
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v5i01.3347

Abstract

AbstrakMetode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan Pendidikan Informal dalam Prespektif Pendidikan Islam. Sedangkan sumbernya diambil dari beberapa buku ilmiah yang diterbitkan dengan maksud dijadikan suber referensi. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan, wawancara dan observasi.Esensi pendidikan informal ini secara umum mencakup pembinaan keluarga dan dimasyarakat, khususnya pendidikan anak-anak atau peserta didik. Hal ini menemukan vitalitasnya karena motivasi yang sangat kuat bahwa tujuan akhir pembinaan keluarga dan dimasyarakat adalah penyelamatan keluarga dari keterpurukan dalam kehidupan di akhirat dan pembentukan kepribadian, keluarga masyarakat muslim yang sempurna. Dilema yang muncul pada pendidikan sehubungan dengan peran keluarga adalah kebijakan dalam arahan pendidikan yang digariskan dan ditetapkan oleh orang tuapeserta didik sering tidak dapat dipahami dan diikuti oleh anggota keluarga lainnya maupun masyarakat. Akibatnya, kebijakan dan arahan pendidikan itu seperti dimentahkan dan digagalkan oleh anggota keluarga lainnya dan anggota masyarakat, sehingga apa yang diharapkan dari pendidikan informal yang ideal agak sulit dicapai. Jalan keluar dari dilema ini adalah upaya yang terus menerus dari orang tua dan juga anggota keluarga lainnya serta anggota masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan informal untuk memberikan informasi dan penyadaran akan pentingnya nilai pendidikan informal bagi anak-anak atau peserta didik. Yang terpenting juga adalah peran pemerintah dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat luas akan pentingnya nilai pendidikan informal.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RELIGIUSITAS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN ISLAM shita resmi
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v5i01.2924

Abstract

Pendidikan karakter religius sebagai budaya dalam menciptakan lingkungan yang bermoral.
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SDN 39 SERING KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG Risma Handayani
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v5i01.3343

Abstract

ABSTRAKJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif. Hal ini memungkinkan peneliti melakukan penghayatan/pemaknaan terhadap gejala-gejala atau fenomena yang terjadi di dalam suatu lembaga pendidikan, atau berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku antar para pengelola pendidikan dalam situasi penyelenggara pendidikan, baik menurut perspektif peneliti sendiri (etic) maupun dari sumber data (emic). Gagasan inovatif Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 39 Sering Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng adalah Pembaharuan atau inovasi dalam dunia kependidikan sering diartikan sebagai suatu upaya lembaga pendidikan dalam menjembatani masa sekarang dan masa yang akan datang dengan cara memperkenalkan program kurikulum atau metodologi pengajaran yang baru sebagai jawaban atas perkembangan internal dan eksternal dalam dunia pendidikan yang cenderung mengeja efisiensi dan efektivitas. Adapun langkah-langkah guru PAI  di SDN 39 Sering Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dalam mendesain media PowerPoint adalah sebagai berikut: (1) Telaah Tujuan Instruksional (TIK) pokok bahasan yang akan diajarkan. Pilih TIK yang pencapaiannya memerlukan media, dalam hal ini menggunakan media transparansi. (2) Telaah materi untuk menentukan jenis media yang diperlukan. (3) Keadaan pembelajar. Perhatikan keadaan pembelajar untuk mempertimbangkan kesulitan pelajaran, kecepatan penyerapan, tingkat perbendaharaan kata yang akan dipakai. (4) Menentukan bentuk program transparansi.
MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI Nurani Azis; Amiruddin Amiruddin
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v5i01.3344

Abstract

ABSTRAKDalam proses belajar, agar dapat memudahkan proses pencapaiannya, maka peran pihak lain sangat dibutuhkan karena terkadang motivasi belajar itu dapat berasal dari faktor eksteren. Dan sifat dari motivasi tersebut  sangat relatif, terkadang muncul secara menggebu-gebu dan kadang pula sama sekali tidak ada.  Didalam Al-Qur’an yang berhubungan dengan motivasi untuk terus memperbaiki diri, yaitu terdapat padah surah Ar-Ra’ad ayat 11 yang menjelaskan bahwa untuk merubah nasib atau keadaan suatu kaum maka manusia itu sendiri harus berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki keadaan hidupnya dan pada hakikatnya dalam diri seseorang terdapat kekuatan mental yang menjadi penggerak. Kekuatan penggerak tersebut berasal dari berbagai sumber, siswa belajar karena didorong oleh kekuatan mentalnya. Kekuatan itu berupa keinginan, perhatian, kemauan atau cita-cita yang sering disebut dengan motivasi belajar. Secara alami motivasi siswa sesungguhnya berkaitan erat dengan keinginan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Motivasi sangat diperlukan untuk terciptanya proses pembelajaran dikelas secara efektif. Motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran baik dalam proses maupun pencapaian hasil. Siswa yang memiliki motivasi tinggi, pada umumnya mampu meraih keberhasilan dalam proses maupun output pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru dituntut mampu mengkreasikan berbagai cara agar motivasi siswa dapat muncul dan berkembang dengan baik.
TERAPI DZIKIR DALAM ISLAM TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL Abd. Rahman
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5, No 01 (2020): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v5i01.3346

Abstract

ABSTRAKTerapi dzikir terhadap tingkat kecemasan pada ibu hamil sangat berpengaruh. Hal ini dikarenakan oleh tahapan – tahapan terapi dzikir yang membantu individu membentuk persepsi dan keyakinan bahwa semua konflikakan dapat dihadap dengan baik dengan bantuan Allah SWT. Karena selama kehamilan kebanyakan wanita mengalami perubahan psikologis dan emosional. Sering kali mendengar seorang wanita mengatakan betapa bahagianya dia karena akan menjadi seorang ibu dan dia juga sudah  memilih sebuah nama untuk bayi yang akan dilahirkannya.        Namun tidak jarang ada wanita yang merasa khawatir jika terjadi masalah dalam kehamilannya, khawatir jika bayinya tidak normal atau khawatir saat melahirkan nanti. Kecemasan – kecemasan yang dialami oleh manusia, khususnya para ibu hamil yang berada di Puskesmas Mamajang Makassar, sesungguhnya dapat dicarikan solusinya untuk menurunkan tingkat kecemasan tersebut, bisa dengan media terapi baik itu dengan terapi humor, terapi do’a dan juga terap dzikir.

Page 1 of 1 | Total Record : 6