cover
Contact Name
Sandi Pratama
Contact Email
pratamasandi2008@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltarbawipai@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 25274082     EISSN : 2622920X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tarbawi (p-ISSN : 2527-4082, e-ISSN : 2622-920X) adalah media publikasi ilmiah yang fokus menyebarluaskan hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar bekerjasama dengan LP3M Unismuh Makassar, dan terbit secara berkala dua kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM" : 6 Documents clear
Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Sdn 24 Macanang Kabupaten Bone Astina Aras; Muh. Khalifah Mustami; Muh. Rapi
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v7i01.4790

Abstract

Terjadinya tawuran di kalangan pelajar,tindak asusila, penganiayaan yang menggambarkan peningkatan dalam perilaku kriminal serta merupakan indikator yang menunjukkan terjadinya degradasi dan krisis akhlak, moral dan etika sosial. Penguatan pendidikan karakter menjadi simbol penguatan karakter kebangsaan dan dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi saat ini. Untuk itu, pendidikan nasional harus berfokus pada penguatan karakter di samping pengembangan intelektual berupa kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan sisiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi trangulasi waktu. Hasil Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SDN 24 Macanang mencakup penguatan pendidikan karakter yang berbasis kelas, berbasis budaya dan berbasis masyarakat.
Pembentukan Karakter Religius Mahasiswi Melalui Program Kuliah Intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Mostofia Mostofia; Achmad Maulidi
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v7i01.4827

Abstract

Sampai saat ini program intensif masih diminati oleh banyak mahasiswa dari penjuru nusantara sampai ada yang dari luar negara, maka dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kuliah Intensif (Mahasantri) di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep 1). adakah pengaruh tata tertib program intensif terhadap pembentukan karakter mahasisiwi intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. 2) seberapa besar pengaruh tata tertib program intensif terhadap pembentukan karakter religius mahasiswi intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. populasi penelitian ini adalah Mahasiswi Program Intensif  Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep sebanyak 227 mahasiswi. mengingat populasi di atas 100 maka penelitian ini akan menjaidi Penelitian sampel. instrument utama penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi merupakan instrument pendukung. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh tata tertib program intensif terhadap pembentukan karakterreligius mahasiswi intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. yang mana nilai pengaruhnya sebesar 50,5 %  dan 49,5% dipengaruhi oleh factor lain.
Analisis Materi Mata Pelajaran Baca Tulis Alquran Pada Lembar Kerja Siswa Terbitan Hasan Pratama dan Bahan Ajar Terbitan Aqila Tiga Serangkai Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ainun Miftakhul Jannah
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v7i01.4695

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada empat sub pelajaran yang tidak sesuai dengan KI dan KD, dikatakan tidak sesuai karena dalam silabus sudah sangat berbeda dengan Lembar Kerja Siswa, LKS Baca Tulis Alquran terbitan Hasan Pratama masih kurang sesuai dengan kompetensi yang ada, materi pendukung pada LKS Baca Tulis Alquran terbitan Hasan Pratama materi pendukung yang disediakan kurang, materi pendukung ini secara keseluruhan kurang sesuai dengan kompetensi inti yang ada, teknik penyajian yang dilihat dari keruntutan sistematika Buku Paket Baca Tulis Alquran Aqila Tiga belum sesuai dengan kompetensi inti, penyajian pembelajaran pada Buku Paket Baca Tulis Alquran Aqila Tiga Serangkai berpusat pada siswa dan mengembangkan keterampilan proses, dan kelengkapan isi materi Buku Paket Baca Tulis Alquran Aqila Tiga Serangkai dengan kompetensi inti masih kurang karena ada kompetensi inti yang tidak tercakup dalam materi pada buku tersebut.
Peningkatan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan, Pemahaman Agama Islam Bahwa Kebersihan Merupakan Sebagian Daripada Iman di Kecamatan Somba Opu Sultan Sultan
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v7i01.7099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi masyarakat terhadap kebersihan lingkungan kaitannya dengan pemahaman agama Islam kaitannya terhadap kebersihan merupakan sebagian daripada Iman di Kecamatan Somba Opu. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan  kebersihan di Kecamatan Somba Opu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dan pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan dalam melakukan penelitian mengenai keadaan lingkungan yang menjadi obyek penelitan. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di kecamatan somba opu, penelitian merupakan penelitian populasi. Metode analisis yang dalam penelitian ini adalah data yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif peningkatan partisipasi masyarakat terhadap kebersihan lingkungan kaitannya dengan pemahaman agama Islam kaitannya terhadap kebersihan merupakan sebagian daripada iman di Kabupaten Gowa. Hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase. Peran  masyarakat dalam menunjang keberhasilan program pembangunan secara menyeluruh sebagai komponen dari suatu sistem didalam melaksanakan pembangunan, unsur pemerintah dan masyarakat  adalah setingkat atau sejajar. Unsur keikutsertaan masyarakat merupakan bagian dari program pembangunan baik pusat maupun daerah, ini disadari bahwa kebersihan lingkungan memberikan dampak terhadap keindahan dan kesehatan baik untuk lingkungan.
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Implementasi Pembelajaran PAI Siswa Madrasah Diniyah Nurul Huda Pasuruan Riawati Azizah
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v7i01.4742

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to reveal the implementation of Islamic Religious Education learning in the daily lives of students at Madrasah Diniyah Nurul Huda Pasuruan. The subjects in the study were students of grade 3 at Madrasah Diniyah Nurul Huda Pasuruan. The approach used in this research is qualitative research with a case study approach. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques are data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results showed that the implementation of the Problem Based Learning (PBL) learning model by the teachers at Madrasah Diniyah Nurul Huda Pasuruan could provide students with understanding to implement what they had learned into their daily lives. Even though in cycle I there was not entirely an increase in student implementation, but in cycle II there had been an increase. So the conclusion from the discussion of this research is that the application of the Problem Based Learning (PBL) model has a positive impact on students' ability to implement Islamic Education learning that has been obtained by students into their real life.Keywords: Implementation, PAI, Problem Based Learning Model
Pengaruh Mata Pelajaran Adab Sopan Santun Terhadap Perilaku Mahasiswi Intensif IDIA Prenduan Sumenep Madura Zuhriah Zuhriah; Musleh Wahid
TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 01 (2022): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jtw.v7i01.4815

Abstract

pelajaran Adab Sopan Santun  merupakan upaya pondok pesantren Al-Amien untuk membentuk mahasiswa agar berperilaku baik, mata pelajaran Adab Sopan Santun diajarkan dalam bentuk formal, Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh mata pelajaran Adab Sopan Santun terhadap perilaku mahasiswi, kemudian seberapa besar pengaruh mata pelajaran Adab Sopan Santun terhadap perilaku mahasiswi. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif asosiatif hubungan kausal. Populasi penelitian adalah seluruh Mahasiswi Intensif Semester II  Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura tahun pelajaran 2020/2021 Teknik sampling adalah menggunakan sample total, Survei menggunakan kuesioner dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Regresi Linear Sederhana melalui Statistik. SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel Mata pelajaran Adab Sopan Santun (X)  terhadap variabel Perilaku (Y) mahasiswi Intensif semester II Institut Dirosat Islamiya Al-Amien prenduan Sumenep Madura Tahun 2020/2021 dikatagorikan cukup.

Page 1 of 1 | Total Record : 6