cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi Kota Pekanbaru, Riau 28122
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal An-Nur
ISSN : -     EISSN : 23030526     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.xxxxx.xxxxx
Jurnal AnNur diterbitkan pertama kali pada tahun 2021 diterbitkan oleh Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau mulai bulan Desember tahun 2021. Jurnal AnNur terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal AnNur memuat kajian-kajian tentang AlQuran dan Hadis, untuk pengembangan kompetensi dosen dilingkungan uin suska riau untuk mengasah pemikirannya, khususnya bagi dosen tafsir dan hadis, agar tercapai pemikiran keagamaan secara global dan memberikan wadah diskusi terbuka ditengah-tengah masyarakat, untuk mewujudkan tercapainya ilmu, iman, amal dan akhlak yg baik di lingkungan UIN Suska Riau khususnya kepada para dosen, mahasiswa, dan masyarakat di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023): Jurnal An-Nur Desember 2023" : 5 Documents clear
Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Imam Syafii Khoironi Khoironi; Rifaldi Rifaldi
Jurnal An-Nur Vol 12, No 2 (2023): Jurnal An-Nur Desember 2023
Publisher : UIN SUSKA RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/an-nur.v12i2.29188

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui; (1) Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Imam Syafii; (2) Untuk mengetahui pengorganisasian kurikulum seorang guru dalam pembelajaran SMP IT Imam Syafii; (3) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum seorang guru dalam pembelajaran SMP IT Imam Syafii; (4) Untuk mengetahui penilaian/evaluasi kurikulum seorang guru dalam pembelajaran PAI (kompetensi dasar akhlak) di SMP IT Imam Syafii. Penelitian ini adalah penelitian penelitian kualitatif melalui analitic induction. Sumber data adalah guru teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mereduksi pandangan dalam partisipan, mereduksi permasalahan, mereduksi issue yang ada pada penelitian; pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian: (1) Bahwa implementasi perencanaan kurikulum dalam pembelajaran PAI dengan pembuatan program tahunan, program semester, dan program harian; (2) Bahwa implementasi organisasi kurikulum dalam pembelajaran PAI dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada saat akan melakukan KBM; (3) Bahwa implementasi pelaksanaan kurikulum dalam pembelajaran PAI dengan mempersiapkan materi serta menguasainya, mengerti akan tujuan yang akan dicapai, pandai memilih media dan metode mengajar, serta mampu mengelola kelas dengan baik. Selain itu guru sebagai uswatun hasanah agar siswa juga memiliki akhlak yang baik; (4) Bahwa implementasi penilaian/evaluasi kurikulum dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan memperhatikan 3 hal yaitu dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor.
Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Pondok Pesantren: Perspektif Al-Qur'an Yanto Nur Hamzah
Jurnal An-Nur Vol 12, No 2 (2023): Jurnal An-Nur Desember 2023
Publisher : UIN SUSKA RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/an-nur.v12i2.29208

Abstract

Pengembangan kewirausahaan di pondok pesantren menjadi perhatian penting dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin kompleks. Artikel ini mengeksplorasi perspektif Al-Qur'an dalam memandang kewirausahaan dan bagaimana prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan di pondok pesantren. Melalui telaah terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan, artikel ini menguraikan nilai-nilai, prinsip, dan ajaran yang dapat menjadi landasan bagi pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan santri. Dengan memadukan ajaran agama dan prinsip kewirausahaan, diharapkan pondok pesantren dapat menjadi lembaga yang tidak hanya menghasilkan generasi yang religius, tetapi juga mandiri secara ekonomi.
Analisis Model Kecemasan Sosial pada Mahasiswa Vallahatullah Missasi
Jurnal An-Nur Vol 12, No 2 (2023): Jurnal An-Nur Desember 2023
Publisher : UIN SUSKA RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/an-nur.v12i2.28912

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji model teoritis komunikasi interpersonal, pola asuh otoritatif, dan kompetensi budaya terhadap kecemasan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa Papua yang belajar di Yogyakarta dengan jumlah subjek sebanyak 240 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan sosial, komunikasi interpersonal, pola asuh otoritatif dan kompetensi budaya. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) software AMOS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) terdapat peran yang signifikan antara komunikasi interpersonal, pola asuh otoritatif dan budaya. kompetensi; (2) terdapat peran yang signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap kecemasan sosial sebesar β=-0,512 dan p=0,000; (3) terdapat peran yang signifikan antara pola asuh otoritatif terhadap kecemasan sosial anak β=-0,399 dan p=0,000; (4) terdapat peran yang signifikan antara kompetensi budaya dengan kecemasan sosial sebesar β=-0,414 dan p=0,000
Penerapan Logoterapi untuk Meningkatkan Makna Hidup pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan Masa Hukuman Tinggi di Rumah Tahanan Negara Kelas II A Jakarta Timur Nurhidayati Nurhidayati
Jurnal An-Nur Vol 12, No 2 (2023): Jurnal An-Nur Desember 2023
Publisher : UIN SUSKA RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/an-nur.v12i2.28913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar di Organisasi Mahasiswa Psikologi Perguruan Tinggi Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi yang tergabung dalam Organisasi Pendidikan Tinggi Sumatera Barat yang berjumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu sampel dilakukan dengan cara mengambil subjek tidak berdasarkan strata, acak atau wilayah tetapi didasarkan pada tujuan spesifiknya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang. Hasil uji coba menunjukkan koefisien validitas pada skala Adversity Quotient bergerak dari 0,325 menjadi 0,606. Sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,906. Hasil uji hipotesis menunjukkan besarnya koefisien korelasi sebesar 0,303 dengan tingkat signifikansi p = 0,002 artinya dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar. Nilai positif menunjukkan bahwa semakin tinggi Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat maka semakin tinggi pula prestasi akademiknya, begitu pula sebaliknya semakin rendah Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat, maka semakin rendah pula Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat. prestasi akademik.
Model Deradikalisasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Aceh dalam Memberikan Pemahaman Deradikalisasi kepada Narapidana Teroris Siti Mupida; Bono Setyo
Jurnal An-Nur Vol 12, No 2 (2023): Jurnal An-Nur Desember 2023
Publisher : UIN SUSKA RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/an-nur.v12i2.29183

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjelaskan hubungan balik atau koeksistensi  antara lembaga pemasyarakatan dan pemahaman model deradikalisasi kepada narapidana teroris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan literatur review dari berbagai buku dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dikerjakan dengan berdasarkan pada metode observasi dan wawancara. Peneliti akan terjun langsung ke lapangan untuk mendatangi lapas di Aceh. Argumen tulisan ini adalah bahwa radikalisme ini dapat diartikan sebagai ‘doktrin’ maupun praktik yang diterapkan oleh para penganut paham radikal dan paham ekstrim, sehingga perlu pemahaman deradikalisasi ekstra kepada narapidana teroris. Oleh karena itu, penulis menemukan beberapa medel deradikalisasi kepada narapidana teroris di lapas Aceh. Pertama, dengan Soft Line Approach, yaitu berupa tindakan pencegahan. Kedua, kolaborasi dengan puhak BNPT terkait progran deradikalisasi terhadap napiter. Ketiga, napiter wajib mengikuti program pembinaan yang ada di lapas. Keempat, mendatangkan ustaz dari luar setiap satu kali dalam seminggu untuk memberikan pemahaman agama yang baik dan benar kepada napiter.

Page 1 of 1 | Total Record : 5