cover
Contact Name
tadrib
Contact Email
syarnubi@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
syarnubi@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24775436     EISSN : 25496433     DOI : -
Journal Tadrib focus on the issues that are related in Islamic Education, including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic Educational Philosophy, Lesson Plan, Lesson Design, Lesson Media, Educational Facilities, Islamic Science, Tafsir Tarbawi, Hadist Tarbawi, Lesson Organization, Objectives and Evaluations of Educational Curriculum.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam" : 8 Documents clear
STUDI VALIDITAS HADITS TENTANG ILMU PENGETAHUAN DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 Alimron Alimron
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hadits sebagai pernyataan, pengamalan, taqrir dan hal-ihwal Nabi Muhammad SAW, merupakan sumber ajaran Islam yang kedua setelah al-Qur’an. Namun kitab-kitab hadits yang beredar di tengah-tengah masyarakat dan dijadikan pegangan oleh umat Islam adalah kitab yang disusun jauh setelah Nabi wafat. Sementara itu, dalam rentang waktu yang panjang antara kewafatan Nabi dan penulisan kitab-kitab hadits tersebut, dimungkinkan telah terjadi berbagai hal yang dapat menjadikan periwayatan hadits itu menyalahi apa yang sebenarnya berasal dari Nabi. Pada tataran persoalan semacam inilah, maka penelitian terhadap berbagai hadits yang terhimpun dalam beberapa kitab tersebut menjadi urgen untuk dilakukan. Salah satu buku yang beredar di masyarakat, khususnya di sekolah adalah buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Kajian dalam tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas kualitas hadits-hadits yang terdapat dalam buku tersebut, teutama hadits tentang ilmu pengetahuan. 
PENGEMBANGAN PRESTASI SISWA DALAM BIDANG AKADEMIK DI SD IT HARAPAN MULIA PALEMBANG Apriyanti Apriyanti
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 prestasi siswa merupakan hasil yang diperoleh setelah melakukan pembelajaran. siswa mengembangkan potensi diri melalui pembelajaran pada jalur pendidikan baik di bidang akademik maupun non akademik. Proses belajar yang dialami siswa dapat menghasilkan perubahan tingkah laku, sikap, kompetensi, dan keterampilan dalam jenjang atau jenis pendidikan tertentu. Prestasi yang dicapai siswa di lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah adalah hasil selama mengikuti pembelajaran sesuai program-program yang telah dibuat sekolah untuk mencapai tujuan. Sekolah memiliki kriteria tersendiri dalam membantu mengembangkan prestasi siswa sesuai minat dan bakat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program-program yang dilaksanakan oleh pendidik atau guru SD IT Harapan Mulia Palembang dalam mengembangkan prestasi siswa, dan menjelaskan upaya Pembina dalam mengatasi hambatan selama membina para siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara.  
Pendidikan Islam pada Masa Khulafa Al-Rasyidin dan Bani Umayyah Choirun Niswah
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam  telah dimulai sejak diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi Rasul pada tahun 610 M,  yang dibagi pada dua fase yaitu fase Mekkah  selama  hamper 13 tahun dan  fase Madinah lebih dari 10 tahun, selama masa ini, Rasulullah telah berhasil melahirkan para sahabat Nabi yang kuat keimanannya dan memiliki aklak yang mulia tiada bandingannya .Pada masa Nabi, pendidikan dasar dilaksanakan di kuttab dan pendidikan tingkat menengah dan tingkat tinggi dilaksanakan di Masjid,  tulisan ini ingin membahas tentang bagaimanakah pendidikan Islam pada masa Khulafa al Rasyidin dan  Bani Umayyah  
THE MISUSE OF ICT BY STUDENTS: THE EFFECTS OF PHORNOGRAPHY AND THE TEACHER SOLUTIONS Eka Apriani
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ICT is information and communication technology. These technology are telephony, CD ROM, audio or video clips, radio, television, broadcasting, computer, and internet. The most common technology used by people is computer and internet. Internet has an important role in our life. We can find everything using an internet connection. The internet has two effects for students: positive and negative. This paper only focuses on negative effects because it is very dangerous. One of the negative effects using internets is pornography. Pornography is very dangerous for students since it can decrease students’ morality. For this condition, teachers become an important person who have significant roles in avoiding the pornography affects the students. The  teachers have authority to control and monitors students’ activity, at least at school, where students spend most of their time. One of effective ways to avoid pornography is through giving a sex education to the students in which they will get information about what are they have to do and not.
PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM BELAJAR Elly Manizar
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivation is an essential condition of learning. Hasil belajar akan menjadi optimal jika ada motivasi dan motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi siswa. Selain itu motivasi juga berfungsi untuk mendorong siswa untuk berbuat, menentukan arah perbuatan, menyeleksi perbuatan mereka, serta sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Oleh karena itulah motivasi menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh guru sebagai motivator di sekolah, karena guru merupakan orang yang paling dekat dan mengerti dengan keadaan siswanya. Agar guru dapat menjalankan peranannya sebagai motivator dan mengerti langkah-langkah yang dapat dilakukan sehingga para siswa dapat mencapai kondisi belajar yang optimal. Adapun langkah yang dapat dilakukan guru adalah dengan mencoba bersikap terbuka, membimbing siswa untuk memahami dan memanfaatkan potensi diri, menciptakan hubungan yang serasi, serta merangsang keaktifan para siswa.
REVITALISASI INTERAKSI PEDAGOGIK GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN Muhammad Misdar
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah pengetahuan, sikap dan ketrampilan guru tentang membelajarkan siswa. Penguasaan terhadap karateristik siswa menjadi kunci dasar dalam membelajarkan siswa, jadi fokus pada keompetensi pedagogik bukan pada pembelajarannya tetapi bagaimana kemamuan guru membelajarkan siswanya. Revitalisasi terhadap pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik dapat berimplikasi terhadap interaksi pedagogiknya dalam pembelajaran. Diantara aspek-aspek yang perlu mendapatkan revitalisasi itu adalah: pemahaman guru terhadap tigasnya dalam mebgajar secara utuh, keutuhan guru memahami tugas mengajarnya menjadi landasar primer dalam pembelajaran. kemudian membangun rasa cinta dan kasih sayang guru kepada siswa dengan hati,  guru harus dapat memberi keteladanan yang baik kepada siswa, dapat bertanggungjawablah pada ilmu atau bidang ahli yang dikuasainya, selain itu guru harus dapat memahami karakter siswa secara personal, demikian pula dengan pemahaman guru terhadap karakteristik siswa dalam belajar, karena stiap siswa menunjukkan kebiasaaan dan karakter yang tidak sama dalam belajar, dan yang lebih penting adalah guru harus selalu dapat memberi motivasi kepada siswa. 
PROBLEMATIKA ANTARA POLITIK PENDIDIKAN DENGAN PERUBAHAN SOSIAL DAN UPAYA SOLUSINYA Mardeli Mardeli
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan sebagai upaya sadar seharusnya mengetahui bahwa pendidikan karakter bukan hanya semata menginginkan karakter orang Indonesia kembali pada jalurnya, melainkan adanya pendangkalan makna yang terjadi dalam pelaksanaan proses. Sedangkan pengertian politik pendidikan adalah kajian tentang relasi antara proses munculnya berbagai tujuan pendidikan dengan cara penyampaiannya yang terfokus pada kekuatan yang menggerakkan perangkat pencapaian tujuan pendidikan dan bagaimana dan kemana perangkat tersebut akan diarahkan. Pendidikan yang diberikan juga harus sedemikian rupa sehingga tidak menekankan pada perubahan-perubahan sosial dan kecerdasan.Pendidikan yang negatif cenderung selalu menguntungkan kaum yang kuat.Padahal semestinya pendidikan itu bersifat membebaskan.Pendidikan juga harus menekankan kepada pendidikan karakter, terutama hal moral dan pembentukan nilai-nilai. Porsi terbesar dari kegagalan dunia pendidikan terhadap kaum muda dewasa ini diakibatkan pendidikan ilmu-ilmu sosial yang hanya menjejalkan informasi hafalan dan tidak menyentuh kepada pembentukan watak, moralitas, sikap, atau proses berpikir peserta didik.
PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS MATERI MENJGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA AL-FATAH PALEMBANG Rikki Zevtiawan
Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses pendidikan, metode mempunyai kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan, bahkan metode sebagai seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan atau materi pelajaran kepada peserta didik yang dianggap  lebih signifikan dibandingkan dengan materi itu sendiri. Metode jauh lebih penting dibandingkan dengan materi dalam pemilihan dan pengunaan sebuah metode harus disampaikan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8