cover
Contact Name
Renaningsih
Contact Email
ren186@ums.ac.id
Phone
+6285713971227
Journal Mail Official
dintek_sipil@ums.ac.id
Editorial Address
Gedung Induk Siti Walidah lt. 5, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Teknik Sipil
ISSN : 14118904     EISSN : 28282876     DOI : 10.23917/dts
Core Subject : Engineering,
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil is a journal managed by Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta. It focuses on the dissemination of conceptual ideas, design, analysis, and application of civil engineering in the development of sustainable infrastructure which will give a real contribution to solve the real-world problems, particularly problems regarding infrastructures and disasters.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 16/No1/Juli 2023" : 5 Documents clear
Perbandingan Kinerja Ruas Jalan Ahmad Yani Kartasura Pra dan Saat Pandemi Covid-19 Alfia Magfirona; Nurul Hidayati; Gotot Slamet Mulyono
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16/No1/Juli 2023
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v16i1.20511

Abstract

Jalan Ahmad Yani merupakan main gate yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan utama di area Soloraya dan maupun akses keluar masuk kendaraan kota lainnya.  Seiring dengan adanya pandemi Covid-19, sektor transportasi terkena dampak yang cukup signifikan. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji kinerja ruas jalan kondisi sebelum dan saat pandemi Covid-19. Sumber data penelitian berasal dari data primer yang kemudian dikelompokkan menjadi dua jenis data kondisi pra dan saat pandemi Covid-19. Data tersebut berupa data geometrik dan lingkungan serta volume lalu lintas. Data volume lalu lintas diambil pada jam sibuk pagi pukul 08:00 – 10:00 WIB dan sore pukul 15:00 – 17:00 WIB. Kinerja ruas didasarkan nilai  derajat kejenuhan (DS), menghasilkan nilai 0,75, baik pra maupun saat pandemi. Ada penurunan nilai DS, namun tidak terlalu signifikan antara pra maupun saat pandemi. Nilai DS yang dihasilkan Jalan Ahmad Yani  Pra Pagi = 0,30, Jalan Ahmad Yani  Pandemi Pagi = 0,23, Jalan Ahmad Yani  Pra Sore = 0,39 dan Jalan Ahmad Yani  Pandemi Sore = 0,30. Nilai DS pada kondisi pandemi mengalami penurunan dibandingkan sebelum pandemi sebesar 21% saat pagi dan 22% saat sore hari. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap bidang tansportasi untuk peramalan kondisi lalu lintas. 
Pemodelan Pengaruh Infrastruktur Jalan dan Kendaraan Bermotor terhadap PDRB Pulau Jawa Tahun 2014 – 2018 Alfa Narendra; Windy Amarta
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16/No1/Juli 2023
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v16i1.21994

Abstract

Kualitas perekonomian pada wilayah provinsi, kota, dan kabupaten dapat ditinjau berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang didukung oleh infrastruktur. Terciptanya pertumbuhan ekonomi didukung oleh infrastruktur jalan yang tidak lepas dengan angkutan jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara PDRB dengan beberapa infrastruktur jalan, dan kendaraan bermotor. Penelitian ini juga menganalisis sensitivitas variabel bebas pada model terpilih. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014 – 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deksriptif statistik, Analisis Komponen Utama (AKU), regresi multivariat, dan sensitivitas. Pada penelitian ini dihasilkan model regresi multivariat terbaik dengan p-value = 5,878e-10 dan R2 = 0,7562. Variabel yang berpengaruh positif terhadap PDRB yaitu jalan kabupaten baik, jalan kabupaten kelas III, jalan kabupaten kelas tidak dirinci, dan kendaraan ringan. Variabel yang berpengaruh negatif terhadap PDRB yaitu jalan kabupaten kerikil, kendaraan sedang, jalan kabupaten tanah, jalan kabupaten beton, jalan kabupaten permukaan tidak dirinci, dan jalan kabupaten aspal. Robustness value pada seluruh variabel bebas berada pada rentang 8,847% – 50,512% agar dapat mengubah variabel yang diuji menjadi 0. 
Studi Keselamatan dan Keamanan Transportasi pada Perlintasan Sebidang Rel Kereta Api dengan Jalan Raya (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Cimindi, Kota Cimahi) Liana Lusi Lestari; Untoro Nugroho
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16/No1/Juli 2023
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v16i1.22067

Abstract

Pertemuan antarmoda transportasi kendaraan dan kereta api pada perlintasan sebidang menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas yang tinggi karena karakteristik pergerakan angkutan tersebut jauh berbeda. Pada periode Januari hingga September 2021, PT KAI Daop 2 Bandung mendata 13 orang menjadi korban tertabrak kereta api dengan penyebab yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keselamatan dan keamanan di perlintasan kereta api Cimindi. Penelitian ini menggunakan metode survei yang digunakan untuk kondisi geometrik, volume lalu lintas, serta sarana dan prasarana. Hasil analisis menunjukan bahwa tingkat kecelakaan di Jalan Raya Cimindi yang berpotongan dengan rel adalah 153,22 100JPKP dengan tingkat fatalitas 19,15 100JPKP dan nilai EAN 153 yang melebihi BKA 109,17 serta UCL 104,61. Nilai tersebut tinggi dibanding segmen sebelum dan sesudah perlintasan. Rambu-rambu dan marka keberadaannya belum lengkap. Kondisi geometrik sebagian sudah memenuhi standar seperti kelas jalan, kelandaian, dan tidak pada tikungan tetapi jumlah lajur, lebar jalur, dan sudut perpotongan jalan masih belum memenuhi standar. Volume LHR sebesar 5.722 smp/hari dengan kapasitas jalan 1541 smp/jam sehingga rasio v/c yang dihasilkan sebesar 1,25. Hasil kali volume LHR dengan frekuensi kereta api yang melintas untuk jam sibuk pagi adalah 49.790 smpk, jam sibuk siang adalah 49.894, dan jam sibuk sore 49.088 smpk.
Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Kerusakan Jalan Wolter Monginsidi Firmanilah Kamil; Aldian Setiawan; Julyan Purnomo
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16/No1/Juli 2023
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v16i1.21404

Abstract

Jalan Wolter Monginsidi merupakan jalan utama yang dilalui masyarakat Desa Baru dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jalan ini dilalui untuk mencapai jalan utama yaitu Jalan W.R. Supratman. Jalan ini juga merupakan salah satu jalan menuju ke tempat wisata Pantai Pecal. Kondisi Jalan pada lokasi tertentu mengalami kerusakan parah yaitu berlubang dan mengalami retak-retak. Penyebab kerusakan adalah karena dilewati kendaraan dan perkerasan yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi lapangan. Akibatnya, dampak yang ditimbulkan adalah terhambatnya aktivitas masyarakat sekitar karena perjalanan menjadi sedikit lama akibat kondisi jalan yang rusak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai eksisting jalan yang meliputi pengambilan data DCP (Dynamic Cone Penetrometer), LHR (Lintas Harian Rata-Rata) dan tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui gambar rencana dan rencana anggaran biaya perkerasan kaku (Rigid Pavement). Metode yang digunakan adalah metode observasi. Berdasakan pengukuran eksisting di lapangan diperoleh perencanaan perkerasan kaku dengan panjang 500 m dan lebar 3 m. Hasil nilai LHRn adalah 7 kendaraan, sedangkan nilai CBR rata-rata adalah 7,84%. Untuk ukuran rencana beton kurus setebal 0,05 dan pelat beton setebal 0,15 m. Rencana biaya pada perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)adalah sebesar Rp. 659.614.464,66.
Pemilihan Moda Transportasi Perjalanan Kerja di Desa Karanggeneng Boyolali Nurul Hidayati; Guruh Seto Prasetyo; Gotot Slamet Mulyono; Alfia Magfirona
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16/No1/Juli 2023
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v16i1.22959

Abstract

Transportasi memegang peranan yang sangat penting karena melibatkan dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia termasuk dalam beraktifitas menuju tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda perjalanan kerja dan menganalisis modelnya. Metode análisis menggunakan model logit biner selisih dan rasio. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner ke responden, yaitu warga Desa Karanggeneng Boyolali. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa mayoritas warga yang melakukan perjalanan kerja berjenis kelamin laki-laki (61,5%). Jenis moda yang paling banyak digunakan pengguna adalah sepeda motor (81,5%). Mayoritas warga desa menempuh jarak perjalanan kerja sejauh 3-6 km (25,5%), dan waktu tempuh 5-10 menit (34%). Mayoritas warga yang diteliti mempunyai pendapatan per bulan berkisar antara Rp. 1.000.000 sampai Rp. 2.000.0 (40%). Semakin besar selisih biaya perjalanan menyebabkan semakin besar probabilitas memilih sepeda motor (P1). Meskipun demikian saat kondisi selisih biaya keduanya adalah 0, maka probabilitas pelaku perjalanan memilih motor sebesar 46%. Hal ini menunjukkan bahwa moda mobil lebih diminati dibandingkan sepeda motor pada biaya yang sama. Semakin besar rasio biaya kedua kendaraan di atas, menyebabkan semakin besar peluang memilih Moda 1 (sepeda motor). Saat rasio biaya kedua jenis kendaraan bernilai 1, maka diperoleh probabilitas memilih sepeda motor sebesar 65%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5