cover
Contact Name
Erik Aditia Ismaya
Contact Email
erik.aditia@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
refleksi.edukatika@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
REFLEKSI EDUKATIKA
ISSN : 20879385     EISSN : 2528696X     DOI : -
Core Subject : Education,
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan menampung artikel ilmiah hasil penelitian dan/atau gagasan ilmiah dari Akademisi Perguruan Tinggi, Peneliti dan Guru-guru Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia dan/atau dari luar negeri. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan bulan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2016)" : 24 Documents clear
PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PELURU TIRUAN DARI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SDN BABADAN DEMAK -, Mardiwon -
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.908

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang tersedianya media pembelajaran tolak peluru. Sehinggaperlu diganti dengan media yang lain berupa peluru buatan. Desain penelitian yang dipakai adalahpenelitian tindakan kelas. Setelah melaksanakan perbaikan pembelajaran, prestasi belajar siswaselalu meningkat baik siklus I maupun siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) aktivitassiswa prasiklus sebesar 50%, siklus pertama sebesar 70%, kemudian pada siklus kedua sebesar80% ini berarti ada peningkatan 20% dan 10%; (b) aktivitas guru prasiklus sebesar 75%, sikluspertama sebesar 95%, kemudian pada siklus kedua sebesar 100% ini berarti ada peningkatan 20%dan 5%; (c) Hasil belajar siswa putra prasiklus mencapai sebesar 59%, siklus pertama sebesar95%, kemudian pada siklus kedua sebesar 100%; sedangkan hasil belajar siswa putri prasiklusmencapai sebesar 41%, siklus pertama sebesar 79%, kemudian pada siklus kedua sebesar 79%;dan sedangakn (d) Respon (Tingkat Kepuasan Belajar) Siswa, mencapai tingkat respon siswasebesar 85%, mempunyai kriteria Sangat Puas. Kriteria ini menggambarkan bahwa siswa betulbetulmerasa senang dan sangat menikmati pembelajaranya.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN KELAS V SDN BABADAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 -, Masanah -
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.909

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V Semester I SD Negeri Babadan Kecamatan Bonang Kabupaten DemakTahun Pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok tumbuhanhijau masih rendah. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas menggunakanmodel pembelajaran eksperimen. Penelitian terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Setelah melaksanakan perbaikan pembelajaran, hasil belajar siswa selalu meningkat baik siklus Imaupun siklus II. Sebagai perbandingan, prestasi belajar siswa pada prasiklus, siswa yang tuntasbelajarnya hanya 4 siswa atau 19%, 17 siswa lainnya tidak tuntas. Pada perbaikan pembelajaransiklus I, siswa yang tuntas belajarnya, sudah meningkat menjadi 13 dari 21 siswa atau sekitar62%. Kemudian setelah perbaikan pembelajaran siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajarsebanyak 20 dari 21 siswa atau sekitar 95%.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 DI SD N KARANGTOWO -, Suratmi -
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.903

Abstract

Pembelajaran IPA di SD adalah pembelajaran yang dasar yang harus dipahami siswa untuk memahami berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak dengan jumlah siswa 27 siswa. Permasalahan yang dibahas yaitu bagaimana meningkatkan prestasi belajar serta perubahan perilaku setelah melakukan pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada siswa kelas IV SD Negeri Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak setelah pembelajaran menggunakan metode STAD dengan penerapan CD Pembelaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap-tiap tindakan siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melakukan tindakan dilakukan terlebih dahulu pembelajaran pra siklus, yang digunakan sebagai dasar dilaksanakan tindakan perbaikan. Hasil tes awal sebelum diadakannya tindakan penelitian, yaitu pada prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 66,30. Karena nilai yang didapat siswa dalam pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan masih dirasa sangat kurang, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I. Pada tindakan siklus I nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 78,89. Nilai yang dicapai siswa pada siklus I sudah mengalami peningkatan yang cukup drastis,namun nilai yang dicapai masih cukup banyak yang belum mencapai standar minimum dalam KKM yaitu 73,00. Disamping itu, partisipasi siswa dalam pembelajaran massih belum aktif. Masih banyak cukup banyak siswa yang malu-malu dalam menyampaikan pendapat maupun bertanya. Tetapi partisipasi siswa dalam pembelajaran siklus I jauh lebih baik dari pada sebelum dilaksanakannya tindakan. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka perlu diadakannya perbaikan pada siklus II. Pada tindakan siklus II nilai yang dicapai siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu meningkat sebesar 86,30. Antusiasme siswa dan ratisipasi siswa dalam pembelajaran siklus II jauh lebih baik. Sudah banyak siswa yang berani bertanya dan menjawab berbagai hal yang berhubungan dengan pemebelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 MELALUI PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR -, Nurkhan -
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.912

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dan efektifitas model pendampingandalam meningkatkan kemampuan pengelolaan penilaian bagi guru SD sasaran Kurikulum 2013.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik : ceramah, diskusi, penyusunan instrumen,praktik penilaian. Model pendampingan ini, terbukti berhasil dan effektif dalam meningkatkankemampuan pengelolaan penilian bagi guru SD Sasaran Kurikulum 2013, hal ini bisa dibuktikandengan analisis data yang menunjukkan ada peningkatkan, yaitu rata-rata naik 28,7 poin atau23,9%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA TABEL DENGAN POWER POINT PADA SISWA SEKOLAH DASAR Sapartien, Retno
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.495 KB) | DOI: 10.24176/re.v7i1.910

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan media Tabel denganPower Point dalam pembelajaran matematika materi menentukan faktor persekutuan terbesar dankelipatan persekutuan terkecil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik serta untukmengetahui perubahan perilaku dalam pembelajaran. Menggunakan metode penelitian tindakankelas terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus mengikuti tahapan perencanaan (planning)pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting) dengan teknikpengumpulan data menggunakan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian padasiklus 1 rata-rata nilai peserta didik 76, dengan 19 peserta didik tuntas dan masih ada 6 pesertadidik yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat menjadi 88 dengan 22peserta didik tuntas dan 3 peserta didik masih belum tuntas. Pemanfaatan media tabel cintadengan variasi aplikasi Power Point lebih efektif untuk menanamkan konsep cara menentukanFPB dan KPK dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri Bonangrejo semester 1tahun pelajaran 2015/2016.
PENERAPAN METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBAS Suwarno, Agus
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.907

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Materi Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia DiKelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tebas, dengan sub masalah penelitian yakni(1) Hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode inquiry pada matapelajaran IPS Terpadu dalam materi keragaman flora dan fauna di Indonesia di kelas VII SMPNegeri 1 Tebas. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode inquirypada mata pelajaran IPS Terpadu dalam materi keragaman flora dan fauna di Indonesia di kelasVII SMP Negeri 1 Tebas. (3) Perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelaseksperimen yang menerapkan metode inquiry pada mata pelajaran IPS Terpadu dalam materikeragaman flora dan fauna di Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Tebas. Variabel dalampenelitian ini terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas, variabel bebas data penelitian iniadalah hasil belajar dan variabel bebasnya adalah metode inquiry. Penelitian ini menggunakanmetode eksperimen, dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu atauquasy experiment dengan rancangan penelitian two-group post-test only design. Populasi dalampenelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 196 orang. Teknik pengambilansampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik dokumenter.Dan alat yang digunakan adalah lembar observasi (IPKG 2), tes hasil belajar, dan dokumentasi.Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada kelaskontrol sebesar 69.62 yang tergolong cukup. (2) Hasil perhitungan diperoleh rata-rata hasilbelajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 73.23 yang tergolong baik. (3) berdasarkan hasilperhitungan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung ? ttabel , 2.27 ? 2.00 maka terdapatperbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang menerapkan metode inquiry.
PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN I WONOREJO DEMAK Triana, Lilis
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.75 KB) | DOI: 10.24176/re.v7i1.911

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa kelas V pada mata pelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran Mind Mappingberbasis multimedia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN I WonorejoDemak yang berjumlah 29 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui aktivitas guru,aktivitas siswa dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptifkualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar60%, sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Aktivitas siswa padasiklus I sebesar 60%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 97%. Sementaraitu hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikal mencapai 59%dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikan mencapai 86,25%.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES MATERI LEMPAR TURBO MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SDN WONOREJO 1 KARANGANYAR DEMAK -, Suhartono -
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.913

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan metode TGT (Team GameTournamen) atau Permainan Beregu dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) pada materi pokok pengembangan koordinasi beberapanomor tehnik dasar atletik (lempar turbo) pada siswa Kelas V SD Negeri Wonorejo 1 KecamatanKaranganyar Kabupaten Demak? Penelitihan ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus Idan siklus II dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Dari pelaksanaan siklus I dan II diperoleh hasil rata-rata nilai sebelumperbaikan 69,94, ketuntasan 18 dari 32 siswa (56,00%), siklus I nilai rata rata 74,24, ketuntasan25 dari 32 siswa (77,00%), siklus II nilai rata rata 80,00, ketuntasan 30 dari 32 siswa (95,00%).Dari hasil tersebut dapat disimpulkan (i) terjadi peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materilempar turbo melalui metode TGT pada siswa kelas V SD Negeri Wonorejo 1 Tahun Pelajaran2015/2016.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA SEDERHANA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS II -, Sumarni -
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.914

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipeNHT (Numbered Heads Together) terhadap kemampuan berhitung pembagian kelas II SD NegeriMlekang 3 Tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua silkus tahapan pada setiap siklusnya; penyusunan rencana kegiatan, pemberian tindakan, melakukanobservasi, refleksi. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas II. Sebelum perbaikan pembelajarandari 8 siswa hanya 2 siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau 25 %, sedangkan 6 siswa atau 75% belum tuntas belajar. Pada perbaikan pembelajaran siklus I, dari 8 siswa terdapat 6 siswa yangmencapai ketuntasan belajar atau 75 %, sedangkan 2 siswa atau 25 % belum tuntas belajar.Pemahaman siswa terhadap materi pembagian bilangan dua angka dari sebelum perbaikan dibanding setelah perbaikan pembelajaran siklus I mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 25 % menjadi75 %. Dari hasil evaluasi individu yang diberikan sebelum menggunakan model pembelajaran tipeNHT (Numbered Heads Together) berupa pemanfaatan alat peraga sederhana , hanya ada 2 anak dari8 siswa yang sudah mengerti tentang pembagian bilangan dua angka tersebut, itu artinya hanya 25 %siswa yang mampu dan sisanya sebanyak 6 siswa atau 75 % siswa yang belum mampu. Setelahmelakukan kajian tentang media pembelajaran berupa pemanfaatan alat peraga sederhana tersebut,minat dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 7 siswa (87,5%). Sedangkan 1 siswa (12,5%) perlupengayaan dan bimbingan secara individu, hal ini disebabkan karena siswa tidak mengikuti pelajaranatau tidak masuk sekolah saat pembahasan materi diberikan.
PENGEMBANGAN MAGIC CROSSWORD PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Rakhma, Ifa Seftia
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/re.v7i1.915

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media magic crossword puzzle pada materiperistiwa alam untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan (Research and Development). Implementasi media menggunakan one grouppretest-postest control design dengan subjek kelas V SDN 2 Gedong Mulyo kecamatan Lasemkabupaten Rembang tahun pelajaran 2016/ 2017. Hasil penelitian pengembangan media magiccrossword puzzle dalam bentuk persegi panjang ukuran 20 cm x 30 cm yang terdiri dari duabagian yaitu bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan berupa teka-teki silang dan bagianbelakang berupa potongan-potongan gambar. Berdasarkan hasil penilaian media yang dilakukanoleh 2 validator, media magic crossword puzzle termasuk dalam kategori valid. Penerapan metodedemonstrasi dengan media magic crossword puzzle efektif digunakan untuk pembelajaran materiperistiwa alam, dapat dilihat dari ketuntasan klasikal pada nilai pretes yaitu sebesar 55,56%kemudian pada setelah menerapkan magic crossword puzzle naik menjadi 94,4%. Aktivitas siswasebesar 38 % dan aktivitas guru sebesar 32%, menunjukkan media magic crossword puzzle efektifdigunakan dalam pembelajaran IPA. Respon siswa terhadap pembelajaran IPA materi peristiwaalam melalui metode demonstrasi dengan media magic crossword puzzle menunjukkan responyang baik dari siswa kelas V SD N 2 Gedongmulyo.

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 2 (2023): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2023) Vol 13, No 1 (2022): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2022) Vol 12, No 2 (2022): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2022) Vol 12, No 1 (2021): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2021) Vol 11, No 2 (2021): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2021) Vol 12, No 1 (2021): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 11, No 2 (2021): REFLEKSI EDUKATIKA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN Vol 11, No 1 (2020): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2020) Vol 10, No 2 (2020): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2020) Vol 11, No 1 (2020): REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 2 (2020): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2019): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2019) Vol 9, No 2 (2019): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2019) Vol 10, No 1 (2019): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2019): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2019): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2018): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2018) Vol 9, No 1 (2018): Desember 2018 Vol 9, No 1 (2018): Desember 2018 Vol 8, No 2 (2018): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2018) Vol 8, No 2 (2018): Juni 2018 Vol 8, No 1 (2017): Desember 2017 Vol 8, No 1 (2017): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2017) Vol 7, No 2 (2017): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2017) Vol 7, No 2 (2017): JUNI 2017 Vol 7, No 2 (2017): JUNI 2017 Vol 7, No 1 (2016) Vol 7, No 1 (2016) Vol 6, No 2 (2016) Vol 6, No 2 (2016) Vol 6, No 1 (2016) Vol 6, No 1 (2016) Vol 5, No 2 (2015) Vol 5, No 2 (2015) Vol 5, No 1 (2015) Vol 5, No 1 (2015) Vol 4, No 2 (2014) Vol 4, No 2 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 4, No 1 (2013): Refleksi Edukatika Vo. 4 No. 1 Th. 2013 More Issue