cover
Contact Name
Budi Yanto
Contact Email
budiyantost@gmail.com
Phone
+6281365929997
Journal Mail Official
budiyantost@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai, Kumu Desa Rambah, Pasir Pengaraian, Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28557 Telp. (021) 627393250 / 085265530483
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Riau Journal of Computer Science
ISSN : 24600679     EISSN : 24776890     DOI : https://doi.org/10.30606/rjocs.v7i1
Core Subject : Science,
Focus and Scope Riau Journal of Computer Science diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan artikel ilmiah dari peneliti, pemakalah, inovasi, prosiding seminar dan konsep ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komputer, informatika, sistem informasi atau yang relevan, kemudian mempublikasikan artikel tersebut. Riau Journal of Computer Science terbit 2 kali dalam setahun pada bulan januari dan juli. isi artikel yang dimuat bukan cerminan sikap dan/atau pandangan redaksi. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab penulis Adapun ruang lingkup Jurnal Riau Journal Computer of Science (RJoCS) adalah: 1. Computer Architecture 2. Computer Network 3. Human—Computer Interaction 5. Virtual/Augmented Reality 6. Computer Security 7. Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) 8. Data Engineering (Data and Knowledge level Modeling, Information Management (DB) practices, Knowledge Based Management System, Knowledge Discovery in Data) 9. IT Governance 10. Networking Technology 11. Robotic Instrumentation 12. Information Search Engine 13. Multimedia 14. Mobile Processing 15. Natural Language Processing 16. Intelligence applications 17. Computer vision and speech understanding 18. Multimedia and cognitive informatics 19. Data mining and machine learning tools, heuristic and AI planning strategies and tools, computational theories of learning Artikel yang akan dimuat merupakan karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan. Artikel yang masuk akan direview oleh tim reviewer yang berasal dari internal maupun eksternal Program studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science" : 11 Documents clear
Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Untuk Meningkatkan Efisiensi Karyawan (Studi kasus pada PT. Pabrik Obat Indonesia/POI) Agung Setiawan; Kiki Yasdomi
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.313 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.772

Abstract

PT. POI merupakan salah satu produsen obat besar di Indonesia. Walaupun perusahaan besar, namun sistem informasi penggajian karyawan masih dilakukan dengan cara manual, pemasukan data dilakukan satu persatu dari lembaran-lembaran kertas. Demikian pula penghitungan atau kalkulasi bulanan, terutama penghitungan pesangon karyawan yang keluar dan penghitungan hutang progressive karyawan masih dilakukan dengan cara menggunakan kalkulator. Sehingga dalam penghitungan dengan jumlah yang besar akan berdampak pada ketidakakuratan data dan tidak efisiensinya waktu karyawan serta pemborosan pengeluaran perusahaan. Agar semua masalah diatas dapat terpecahkan maka diperlukan sistem informasi penggajian yang baik, agar informasi yang dihasilkan akan akurat, tepat dan cepat diperlukannya penggunaan jaringan yang ada untuk mengirimkan file dari bagian lain kedalam bagian penggajian. Dengan penggunaan jaringan pada proses penghitungan pada bagian penggajian, maka jaringan yang ada pada perusahaan dapat lebih dioptimalkan penggunaannya.
Perancangan Sistem TLHP Kasus Pada Inspektorat Kota Padang Dilson -; Lilik Suhery
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1619.879 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.773

Abstract

Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) merupakan upaya untuk menyelesaikan tindak lanjut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dilakukan secara internal oleh Inspektorat Kota Padang dan melihat komitmen pimpinan SKPD terhadap hasil pemeriksaan dan arti pentingnya kegiatan pemeriksaan bagi peningkatan kinerja SKPD dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh BPK. Inspektorat Kota Padang khususnya Tim Pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan sering terlambat memberikan laporan hasil pemeriksaannya ke bagian LHP Kasus. Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan tersebut, bagian LHP kasus kemudian mencatatkan secara manual semua laporan pemeriksaan tersebut kedalam Ms.Word sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat dikoreksi dan di edit oleh Inspektur, disamping itu Inspektur kantor Inspektorat Kota Padang kesulitan mengambil keputusan untuk memberikan rekomendasi terhadap Tindak Lanjut hasil pemeriksaan. Berdasarkan masalah tersebut dirancanglah sebuah sistem yang dapat membantu bagian keuangan dalam membuatkan surat perintah tugas, dan bagian LHP kasus untuk membuatkan laporan hasil pemeriksaan dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan untuk dikoreksi oleh inspektur kota Padang menggunakan metode Design System Research Method (DSRM) yang terdiri dari 6 (enam) langkah yang dilakukan secara berurut, yaitu identifikasi masalah, penetapan tujuan, perancangan, studi kasus, evaluasi dan komunikasi
Sistem Pakar Konsultasi Penyakit Kehamilan Berbasis Kasus Menggunakan Methode Case Based Reasoning (CBR) Hendri Maradona
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.193 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.775

Abstract

Penyakit pada seorang wanita yang sedang hamil merupakan penyakit yang sangat perlu diperhatikan. Karena hal ini meyangkut kesehatan dan kehidupan sang ibu dan bayinya. Pemanfaatan PBK dalam bidang kesehatan yang menyangkut masalah penyakit pada kehamilan akan sangat membantu bagi ibu hamil dalam mendeteksi dan mengetahui penyakit pada kehamilan. Penalaran berbasis kasus atau PBK adalah salah satu metode penyelesaian masalah berbasis pengetahuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah berdasarkan pengalaman masa lalu. dalam tahapan proses pada penalaran berbasisi kasus ini di sesuaikan dengan studi kasus, meliputi teknik penyimpanan data kasus, pencarian kemiripan atau kesamaan kasus dan menghasilkan solusi sesuai dengan yang diinginkan. Sistem Pakar Konsultasi Penyakit Kehamilan Berbasis Kasus diharapkan dapat membantu masyarakat umum terutama ibu hamil terkait dengan penyakit kehamilan. Yang secara sederhana untuk membantu ibu hamil dalam mengetahui penyakit kehamilan berdasarkan gejala-gejala yang di rasakan ibu hamil dan memberikan informasi kesehatan selama kehamilan.
Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dalam Seleksi Penerima Program Restrukturisasi Kredit Macet dengan Metode Weighted Product dan Metode Borda” Yermias Duha
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.47 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.776

Abstract

Bank adalah suatu lembaga keuangan yang menghubungkan pihak-pihak yang memiliki dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana, atau dana masyarakat ditarik oleh bank dan kemudian dipinjamkan kembali kepada masyarakat. Dalam memberikan kredit, bank harus mempunyai kepercayaan terhadap calon debitur bahwa dana yang diberikan akan digunakan sesuai dengan tujuan, dan pada akhirnya akan dikembalikan lagi kepada bank sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Kredit macet adalah hal yang sering terjadi dalam dunia perbankan dimana debitur tidak memiliki kesanggupan untuk membayar yang telah di tetapkan. Restrukturisasi kredit mempunyai arti upaya perbaikan oleh pihak Bank terhadap nasabah yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya atas Bank tersebut. Restrukturisasi kredit ini bertujuan untuk membantu agar nasabah yang mengalami kesulitan mampu menjalani kredit pinjamannya kembali lancar sehingga Pihak Bank tidak mengalami kerugian. Dalam melakukan seleksi penerima restrukriasi diperlukan sebuah metode yang mampu memberikan alternatif yang terbaik. Metode yang di gunakan adalah metode Weighted Product (WP) dan metode Borda yang di gunakan untuk vooting hasil penilaian masing-masing pengambil keputusan.
Application Of Fuzzy Multidimensional Association Rule For Analysis The Feasibility Of Granting Credit Plus To Prospective Customers ( Studi Kasus : PT. ”X ” Cabang Bangkinang ) Erni Rouza
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.35 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.777

Abstract

PT. “X” Bangkinang branch in analyzing the feasibility of granting credit to prospective customers, are still using manual means with consideration of the results of the survey and the amount of salary prospects. With so many potential customers who apply that credit, the PT. “X ” Bangkinang branch having difficulty in making the right decision and quickly, therefor required an application that simultaneously can be used to processing the data, analyze the feasibility and send credit recommendations quickly, efficiently, and accurately. In this final, Fuzzy Association Rule is a method that is implemented for the recommendation whether or not potential customers were given credit by using several criteria which is, age, occupation, salary amount, character, security level salary and has a house or not, appropriate decisions based on rules recommended -rule or knowledge resulting from calculating the value of support, and confidence value of each first pattern grouped within a certain interval called the fuzzy sets. From the test results can be concluded that the method of fuzzy association rulemay result in the rules or knowledge to help the Credit analysts (CA) in decision-making prospects who deserve credit approval, but these systems do not have a dynamic menu that can add or reduce other supporting criteria for consideration of recommendations.
Penerapan Metode AHP untuk Pemilihan Kendaraan Sepeda Motor Matic Studi Kasus Dialer Honda Peranap Bayu Rianto; Rico Van Halen
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.501 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.778

Abstract

In selecting the motorcycle matic, costumers certainly want to get the best and rightchoice. Almost every customer wants an affordable motorcycle matic, fuel efficient, andconvenient to use. Therefore we need a decision support system that can help consumersdetermine the best matic motorcycle in accordance with the wishes of the consumer. Thisdecision support system uses Analytical Hierarchy Process (AHP) as a process in determiningthe best matic motorcycle. Several criteria are used to determine the best matic motorcycle. Inthis study, the test data is obtained from questionnaires and interviews with sources. Theobtained data were tested using expert choice software to determine the best motorcycle matic.This decision support system is expected to help and facilitate the consumers in the selecting thebest matic motorcycle and produce an optimal result which meets the high sense of satisfactionfor the consumer in choosing the best motorcycle matic.
Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Alternatif Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit Metode Analityc Network Process (ANP) dan (BCOR) ( Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V Sei Tandun Rokan Hulu) Budi Yanto
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.327 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.779

Abstract

Kelapa sawit merupakan komiditi terbesar di beberapa daerah di Indonesia. Terutama di pulau Kalimantan dan Sumatera. Hal inilah yang mengharuskan dibangunnya pabrik kelapa sawit di daerah yang berdekatan dengan perkebunan kelapa sawit. Aktivitas produksi pabrik kelapa sawit (PKS) menghasilkan limbah dalam volume sangat besar yang berupa limbah padatan maupun cair. Beberapa alternatif solusi yang akan dipertimbangkan untuk menangani masalah tersebut yaitu perancangan lokasi baru, penerapan teknologi baru dan perbaikan/ penataan lokasi yang sudah ada dan pengolahan limbah cair dan limbah padat menjadi komuditi yang tepat guna. Dalam memilih alternatif ini, banyak kriteria yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu dalam pemilihan alternatif pengelolaan limbah pabrik kelapa sawit ini menggunakan analisis Analityc NetworkProcess (ANP) dan Benefit Opportunities Cost Risk (BOCR). Tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat prioritas dari berbagai alternatif sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Tahap awal yaitu melakukan wawancara dengan seorang pakar pengelolaan sampah. Adapun alternatif akan dipilih berdasarkan masalah utama yang timbul sebagai acuan untuk kriteria, subkriteria serta keterkaitannya.Untuk mendapatkan bobot dari setiap elemen ANP digunakan kuisioner perbandingan berpasangan yang diambil dari referensi para pakar dan kemudian diolah dengan Software Super Decision. Analisis BOCR menyajikan 3 kondisi dalam memilih prioritas alternatif yaitu Standard (BIC), Pessimistic BI(CxR), Realistic (BxO)1(CxR).
Metode C45 Untuk Mengklarifikasi Pelanggan Perusahaan Telekomunikasi Seluler Akhmad Zulkifli
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2585.013 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.780

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasikan pelanggan perusahaantelekomunikasi seluler guna menemukan decission tree dengan keputusan masih berlanggananatau berhenti berlangganan. Klasikasi menggunakan algoritma C45 yang akan memproses54.979 record menggunakan Rapidminer. Data dari perusahaan telekomunikasi yang berupaMS Excel dilakukan pembersihan dari record yang tak lengkap, data ganda, dan data yangsalah. Variabel input yang akan diproses untuk klasifikasi adalah Umur Pelanggan, LamaBerlangganan, Penggunaan Data, Pemakaian telepon ke Internasional, Asal kota (besar/kecil).Sedangkan variabel target adalah Berhenti Berlangganan atau Masih Berlangganan.
Perancangan Sistem Informasi Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) Mekar Sari Pada Lembaga Pemberdayaan Kelurahan Rejosari Pekanbaru Berbasis Web Adyanata Lubis
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.853 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.781

Abstract

Kemajuan teknologi informasi terus berkembang diikuti dengan penggunaan sisteminformasi berbasis web dalam berbagai bidang. Kemampuan untuk diakses kapan saja dandimana saja merupakan salah satu alasan sistem ini berkembang dengan pesat. UEK simpanpinjam Mekarsari merupakan salah satu unit usaha pelayanan masyarakat kelurahan yangbergerak dalam usaha simpan pinjam, yang mana anggota dan nasabahnya berasal darikelurahan itu sendiri.Dengan semakin berkembangnya UEK-ini maka semakin banyaklahanggota ataupun nasabah yang melakukan simpan pinjam di koperasi ini, dengan demikiansemakin banyak pulalah data simpan pinjam yang akan diolah. Dengan mempermudah dalampengelolaan data simpan pinjam hingga menjadi informasi yang bisa digunakaananggota,nasabah atau pihak pengelola sendiri, maka dibutuhkanlah sistem informasi berbasisweb yang akan mewujudkan tujuan tersebut. Pembahasan ini mencakup perancangan danpengembangan sistem informasi simpan pinjam pada UEK-SP Mekarsari yang berbasis web.Perancangan perangkat lunak dalam Jurnal ini menggunakan UML (Unified ModelingLanguage), kamus data,dan tabel normalisasi. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasapemrograman PHP yang berjalan pada layanan XAMPP serta menggunakan basis dataMySQL. Hasil pengujian aplikasi yang dirancang bekerja dengan sesuai dengan mekanismeperancangan sistem di awal. Aplikasi ini dapat menangani dengan baik proses menampilkaninformasi simpan pinjam koperasi, pengolahan data simpan pinjam, dan cetak bukti simpanpinjam serta cetak laporan terkait simpan pinjam.
Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Layanan Pelanggan pada PT. Amber Karya Batam B. Herawan Hayadi; Arman Basri
RJOCS (Riau Journal of Computer Science) Vol. 2 No. 1 (2016): Riau Journal Of Computer Science
Publisher : RJOCS (Riau Journal of Computer Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.561 KB) | DOI: 10.30606/rjocs.v2i1.782

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengungkapkan: (1) besarnya pengaruh antara penggunaan teknologi terhadap sistem layanan pelanggan, (2) besarnya pengaruh sistem informasi terhadap sistem layanan pelanggan, (3) besarnya pengaruh penggunaan teknologi dan system informasi terhadap sistem layanan pelanggan pada PT Amber Karya batam. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang karyawan yang ada pada PT Amber Karya Batam, dan sampel adalah semua karyawan yang ada di PT Amber Karya Batam yang berjumlah 50 orang sehingga dilakukan metode sensus. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket. Angket di uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara penggunaan teknologi terhadap sistem layanan pelanggan, dengan nilai thitung = 3,820 dan signifikan 0,000, (2) terdapat pengaruh positif antara sistem informasi terhadap system layanan pelanggan, dengan thitung = 3,101 dan signifikan 0,003, (3) terdapat pengaruh penggunaan teknologi dan system informasi terhadap system layanan pelanggan, dengan nilai Fhitung = 109,735 dan signifikan 0,000. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar pimpinan memperhatikan kinerja sistem agar tidak timbul ketimpangtindihan program pada perusahaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11