cover
Contact Name
Dr. Dahmiri, SE., MM
Contact Email
mankeusrl@unja.ac.id
Phone
+6281366180484
Journal Mail Official
mankeusrl@unja.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Jl. Jambi-Muara Bulian Km. 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Published by Universitas Jambi
ISSN : 22528636     EISSN : 26859424     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi dan Bidang Kewirausahaan. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan" : 9 Documents clear
ANALISIS KEBIJAKAN PENDANAAN PT BANK DANAMON INDONESIA, TBK DAN ANAK PERUSAHAAN FRISKA ARTARIA SITANGGANG
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3266

Abstract

The title of this research “ funding policy analysis of PT Bank Danamon Indonesia, Tbk and subsidiaries”.  The main objective of this study was to analyze the description of the funding policy at PT Bank Danamon Indonesia, Tbk and subsidiaries, and to know whether the finance post which contributes more dominant in the published financial statement of the bank against its funding policy. The research methods used in this research is the study of literature and secondary data. Based on the financial information presented in the annual financial statement of banks in this case common size analysis and time series analysis of comparative ratios; leverage ratio, the value of firm, and profitability, and perform calculations on the weighted average cost of capital (wacc) at the bank. The results showed that the description of the funding policy of PT Bank Danamon Indonesia, Tbk and subsidiaries for the period 2011-2015, is more dominated by the use of debt but equity will remain a source of funding in their businness activities. During the period of the study note that the policy of optimal capital structure that in 2012 it was supported by the data shown consistent with the theory that underlies this study where indicated by the condition of capital structure, the Bank was able to increase its value of firm, lower cost of capital, and improve profitability.
KEBIJAKAN BERORIENTASI KESEJAHTERAAN (KASUS DI PROVINSI JAMBI) NAVARIN KARIM
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3267

Abstract

Banyak kebijakan pemerintah daerah sepintas terkesan baik, namun secara hakiki tidak memenuhi prinsip kebijakan yang benar-benar berpihak terhadap rakyat kecil (wong cilik). Akibatnya tidak ada perubahan yang significant terhadap kesejahteraan rakyat.  Ada kebijakan yang menekankan produktivitas petani, namun keberhasilan produktivitas tidak diikuti dengan keterlibatan pemerintah dalam pemasaran lebih lanjut (suistenability). Secara fakta statistik pemerintah daerah mampu menunjukkan data bahwa mereka berhasil meningkatkan produktivitas hasil pertanian, tetapi keberhasilan semu. Bahkan ini dijadikan jualan aksesoris politik  untuk memenangkan pemilukada selanjutnya jika ia maju lagi sebagai petahana. Ada pula Perda Pemerintah Daerah tentang Perlindungan lahan Pertanian Berkelanjutan, sepintas menunjukkan petani diperhatikan berkaitan dengan memberikan insentif dan keringanan pajak dan kemudahan dalam pengurusan sertifikat tanah, dengan tujuan ketahanan pangan daerah lebih terjamin dan mengurangi ketergantungan import. Namun petani tetap saja tidak berkutat tingkat kesejahteraannya karena jika ada musibah banjir dan kekeringan serta hama, petani tidak mampu menghadap terpaan ini, karena tidak menyentuh revitalisasi yang sesungguhnya.  Adalagi kebijakan penertiban Pedagang Kaki  Lima dengan melakukan tindkaan coercion dengan tujuang  keindahan kota, tapi mengorbankan hak hakiki masyarakat bahkan dapat dikatakan melanggar prinsip equity dan Hak Azazi Manusia bahwa setiap manusia berhak mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraaan masyarakat. Penulisan ini bertujuan untuk (a) memberikan evaluasi terhadap beberapa kebijakan pemerintah daerah agar lebih berorientasi terhadap kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat dalam mencari nafkah hidup, (b) memberikan masukan terhadap pemerintah terhadap revitalisasi kebijakan yang perlu dilakukan dalam menuju kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat dalam mencari nafkah hidup. Kasus kebijakan yang diambil di tiga daerah dalam lingkungan provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Batanghari dan Kota Jambi. Identifikasi masalah diperoleh berdasarkan pengamatan (observasi) langsung di lokasi kejadian berkaitan dengan kebijakan pemerintah daerah, yang dibandingkan dengan prinsip-prinsip kebijakan publik. Hasil evaluasi kemudian diajukan rekomendasi untuk revitalisasi kebijakan.  
PENGARUH PERCEIVED SERVICE TERHADAP CITRA MUSEUM NEGERI JAMBI DINI ELIDA PUTRI
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3268

Abstract

The Museum Jambi Province is one of the places that collect, research, and display the collection of Jambi’s heritage. The Museum Jambi Province, which is categorized as a public sector in part of Ministry Culture and Tourism of Jambi Province, was expected to have the image of as an edutainment recreational site while delivering its historical values. The objective of this research is to describe the effect of five dimension of the service quality (reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible) perceived by the visitors to the image of Museum Jambi Province. Population of this research is the student of senior high school that had been the visitors of Museum Jambi Province. The amount of 275 students as the research sample was chosen with Probability Sampling Technique. Based on the conducted research, the five dimension of the service quality simultaneously have a significant but yet not a strong effect to the image of Museum Jambi Province, approximately 48,3 percent. Empathy and Tangibles are the two dimensions that significantly have an effect to the Image of Museum Jambi Province (approximately 0,241 and 0,382), with the most attention should be aimed at attribute of delivering the right service for the right visitors and the modern technology supporting the service of Museum Jambi Province.
PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT DAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MULTIFINANCE YANG TERCATAT DI BEI NYAYU FADILAH FABIANY
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3269

Abstract

This study entitled "The Effect of Audit Committee Characteristics and Reputation Public Accounting Firm (KAP) of the Financial Reporting Time linessin the Multifinance Company Listedon the Stock Exchange". This studyis a survey researchby processing as econdary virginannual report published on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The populationin this studyis afinance companythat is listed on the Stock Exchange 2011-2013. Samples taken during theperiod 2011-2013 amounted to 13 companies are selected based onthe intentand purpose of the study (purposive sampling). To determine the effect of Membership of the Audit Committee, member of Audit Committee Independence, Proportion Independent Commissioner, Competence, and Reputation Public Accounting Firm (KAP) the time linessof financial reporting by using logistic regression. The conclusion of this study that the Audit Committee, and Reputation Public Accounting Firm (KAP) with the same no significant effect onthe time liness offinancial reporting. Variable Membership of the Audit Committee, member of Audit Committee Independence, Proportion Independent Commissioner and Public Accounting Firm Reputationdoes not significantly influence the time liness offinancial reporting. While the competence variables significantly influence the time liness offinancial reporting.
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BATHIN VIII KABUPATEN SAROLANGUN JAMBI DAHMIRI, .; WAHYUNI, SRI
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3270

Abstract

Abstract This study entitledEffect of Education and Training Employee Performance Against Bathin At Head Office VIII. This study aimsto determine the effectof educationand trainingto employee performanceat thesub-district office Bathin VIII. The method used is quantitative research. Data obtained by spreading the question naire to the respondent by 39 peopleas samples. Further more, the data were processed using SPSS computer device 17, as well as regression analysis toprove the hypothesis of the study. The results showed that education and training contributes to the performance of employees at Head Office Bathin VIII with the coefficient of determination r squere of 0.399, which means 39.9% change inemployee performance variable (Y) can be explainedby the influence of Education and Training(X). Keywords: Educationand Training, Performance and Employee
PERAN KAMPANYE SOCIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR ZAKAT MELALUI LEMABAGA AMIL ZAKAT SIGIT INDRAWIJAYA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3271

Abstract

The low effectiveness of zakat distribution nowaday is related to the lack of interest of the community to pay zakat through zakat institutions. This is indicated by collection and distribution of zakat which is less managed. This eventually leads to the purpose of zakat in welfare of society which is not achieved. Social marketing campaigns as one marketing element  can be used as an alternative in changing people's behavior in paying zakat through Amil Zakat Institution. This study was aimed to measure the impact of social marketing campaigns of zakat payment via Amil Zakat on the decision of  community in paying zakat through the Institute amil zakat. Method used in this research was quantitative descriptive. Data were analyzed using simple linear regression analysis with social marketing campaign variables as independent variable and decisions in pay zakat through amil institutions as the dependent variable.  Results showed that social marketing campaign had positive influence on the community's decision to pay zakat through Amil Zakat
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MINAT IMPULSE BUYING PADA GERAI ALFAMART SUKMA BAKTI
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3272

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam minat impulse buying pada gerai aklfamart di Simpang pulai , menggunakan alat analisis regresi berganda dari informasi responden 100 orang dengan hasil di bantu program SPSS , variabel independen antara lain kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3), dan promosi (X4) secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Impulse Buying (Y). Berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar 0.164, hal ini berarti seluruh variabel turunan impulse buying mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 16,4% terhadap variabel terikat (Y) yakni impulse buying. Sisanya sebesar 83,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dari penelitian ini.Berdasarkan Uji T secara parsial maka variable yang paling berpengaruh diantara lainnya yaitu promosi nilai t hitung = 2.657 dengan tingkat signifikansi 0,009, artinya , konsumen membeli di Alfamart dikarenakan banyaknya produproduk promosi.
IS MAKING A SHOPPING LIST AN EFFECTIVE WAY OF PREVENTING CONSUMERS FROM MAKING IMPULSE PURCHASE? RAJA SHARAH FATRICIA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3273

Abstract

In this research an experimental study has to be designed. The goal is to develop an experimental procedure that will answer the research question of choice. Subjects for research questions were given to choose from. The research question we have chosen is: “Is making a shopping list an effective way of preventing consumers from making impulse purchases?” This research question is chosen because it seems quite logical that people with a shopping list will only buy the products on that list. They most probably will look only on the list and look for the products in the store rather than looking around in the store and pick products they see and think they’re also nice to have. To make things a bit more interesting, we have modified this research question and added an extra variable is added, being “time”. It might be interesting to see whether people who have a shorter time to shop will only buy the most necessary products. People with less time cannot walk around in the store calmly and evaluate many products for necessity. Our research question is as follows: “Are the use of a shopping list and available time for shopping predictors for impulse buying?”
FAKTOR–FAKTOR MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI JAMBI SHOLIA ROZANNA, EVI
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v5i2.3274

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor motivasi kerja karyawan pada Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi. Penelitian ini dilakukan terhadap 36 orang karyawan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuisioner, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan metode rentang skala. Setelah melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa Skor rata–rata faktor–faktor motivasi kerja pegawai pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi yang meliputi faktor kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan pengakuan dan kebutuhan aktualisasi diri, secara keseluruhan memperoleh skor 115,46 (rentang 93,6-122,4) atau kurang termotivasi. Kata Kunci : motivasi, kerja, karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 03 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 01 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 04 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 03 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 3 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan More Issue