cover
Contact Name
Novi Laura Indrayani
Contact Email
redaksi.jitm@gmail.com
Phone
+6281374999559
Journal Mail Official
jitm@unismabekasi.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jitm/about/editorialTeam
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 23030909     EISSN : 25810332     DOI : https://doi.org/10.33558/jitm.v8i2
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin (JITM) diterbitkan oleh jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Islam “45” (UNISMA) Bekasi. Jurnal ini sebagai jurnal berkala ilmiah yang memiliki tujuan untuk mempublikasikan pengembangan ilmu serta wawasan mengenai lingkup teknik mesin yang berfokus pada bidang energi baru terbarukan dan manufaktur. Publikasi yang diterbitkan oleh Jurnal Ilmiah Teknik Mesin UNISMA Bekasi merupakan hasil penelitian para akademisi baik dari penelitian para dosen maupun penelitian kerjasama antara mahasiswa dan dosen, bahkan juga penelitian dari kalangan para praktisi industri yang bergerak di bidang teknik mesin. JITM ini dapat diakses secara full text dan open access oleh para pembaca sehingga para pembaca juga ikut turut membantu dalam peningkatan sitasi dari JITM. JITM dipublikasikan sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Lingkup JITM meliputi bidang energi baru terbarukan, dan manufaktur. Bidang energi baru terbarukan yang dibahas mengenai sistem dan alat teknologi konversi yang mampu mengkonversi sumber energi terbarukan seperti energi tenaga air, tenaga angin, tenaga surya, biomassa, dan lain-lain untuk dapat dimanfaatkan energinya ke bidang sektor yang lain. Bidang manufaktur yang dibahas meliputi bidang material, tribologi, dan lain-lain. Redaktur mengundang para penulis dan peneliti untuk mengirimkan artikel ilmiah maupun hasil penelitiannya ke JITM UNISMA Bekasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2013): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGARUH WATER INJECTION PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN 110 Rokhman, Taufiqur
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2013): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.928 KB)

Abstract

Water injection, detonasi, air, kompresi
PERANCANGAN ALAT UJI IMPAK METODE CHARPY KAPASITAS 100 JOULE Handoyo, Yopi
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2013): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.002 KB)

Abstract

Perancangan dan pengujian impak merupakan analisa bahan untuk mengetahui ketangguhan atau kegetasan bahan terhadap beban tiba-tiba. Tujuan dari penulisan ini adalah mampu mendesain dan membuat alat uji impak tipe charpy, mengetahui mekanisme kerja, dan menganalisa performa alat sekaligus mengkalibrasinya berdasarkan energi impak spesimen. Metodologi yang diterapkan mempunyai tiga poin utama, yaitu perancangan konstruksi, proses pabrikasi, dan perhitungan konstruksi.
ANALISIS DISAIN OPTIMUM PENYERAPAN ENERGI MATERIAL TWISTLOCK PADA HARBOUR MOBILE GANTRY CRANE TIPE EH 12 Rahmanto, R. Hengki
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2013): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.183 KB)

Abstract

Tanpa Abstrak
ANALISIS SIMULASI UJI IMPAK BAJA KARBON SEDANG (AISI 1045) dan BAJA KARBON TINGGI (AISI D2) HASIL PERLAKUAN PANAS Majanasastra, R. Bagus Suryasa
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2013): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1162.149 KB)

Abstract

Pengujian impak merupakan suatu pengujian untuk mengukur ketahanan bahan terhadap beban kejut. Pengujian impak mensimulasikan kondisi operasi material yang sering ditemui dimana beban tidak selamanya terjadi secara perlahan – lahan melainkan dating secara tiba-tiba. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisa pengujian impak tipe Charpy untuk material komposit yang berpenguat serat alam (natural fiber). Alat uji Impak yang dirancang menggunakan standar ASTM D 5942-96 dan ASTM D 6110-97. Perancangan alat uji impak Charpy menggunakan metodologi umum perancangan produk. Metodologi perancangan didapatkan dengan melihat pada alat uji yang dijual di pasaran.Pengkombinasian standar ASTM dengan kebutuhan pengguna dan dibandingkan dengan alat uji yang sudah ada menghasilkan spesifikasi perancangan ala tuji. Pemilihan bahan dilakukan dengan perhitungan kekuatan bahan dengan memperhatikan ketersediaan bahan di pasaran. Untuk pengujian alat menggunakan specimen papan partikel yang mewakili komposit natural fiber. Penelitian ini menghasilkan alat uji impak Charpy yang dapat mendukung penelitian maupun praktikum di area material teknik khususnya material komposit yang berpenguat serat alam (natural fiber). Hasil pengujian menunjukan bahwa rancangan alat uji impak Charpy telah memenuhi aspek keterulangan data kuantitatif dalam pengujian. Alat uji impak selalu konsisten dalam menguji meskipun dengan ketebalan spesimen yang berbeda – beda dengan jenis bahan yang sama.
ANALISIS KOPLING SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROLIK ., Paridawati
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2013): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.64 KB)

Abstract

Kopling merupakan sebuah komponen yang terdapat dalam motor yang digunakan sebagai tempat untuk menghubungkan mesin dengan gigi transmisi. Didalam kopling terdapat kait yang digunakan untuk menekan kanvas dan plat kopling, kait bergerak mendorong untuk menekan kanvas kopling untuk menghubungkan gigi transmisi dengan mesin. Pada penggunaan kabel kopling sering kita temui kerugiankerugian seperti kerja kabel kopling yang tersendat-sendat, sehingga dibutuhkanya banyak daya untuk menariknya. Kejadian seperti diatas biasanya diakibatkan karena kondisi dari kabel kopling yang kering dari pelumasan ataupun adanya kerak akibat dari korosi. Kerugian-kerugian pada penggunaan kabel kopling seperti diatas merupakan salah satu alasan mengapa digunakan fluida cair didalam perencanaan penekan kopling dengan fluida cair. Selain itu penggunaan fluida cair juga memiliki beberapa alasaan diantaranya yaitu sifat dari fluida yang tidak mampu mampat dan mampu melumasi material yang digunakan. Hal ini dikarenakan bila kondisi alat mengalami kekurangan cairan kita tinggal menambahkanya dengan fluida yang sejenis, Dengan demikian penggunaan peralatan ini dalam jangka panjang lebih ekonomis bila dibandingkan dengan penggunaan kabel kopling. Dalam desain alat ini penulis memilih sistem hidrolis yang digunakan untuk menekan kopling.

Page 1 of 1 | Total Record : 5