cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2019)" : 5 Documents clear
Karakterisasi Tes Keterampilan Proses Sains Materi Fluida Statis Berdasarkan Teori Respon Butir Fitriani, Lani; Ramalis, Tau?k Ramlan; Efendi, Ridwan
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31758/OmegaJPhysPhysEduc.v5i2.27

Abstract

Keterampilan proses sains (KPS) merupakan salah satu keterampilan yang banyak ditekankan pada kurikulum pendidikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Untuk mengetahui capaian keterampilan tersebut, maka dibutuhkan alat ukur yang valid dan reliabel. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengkarakterisasi tes keterampilan proses sains berdasarkan teori respon butir. Penelitian ini menggunakan desain konstruksi dan validasi tes. Proses konstruksi menghasilkan tes KPS berbentuk pilihan ganda pada materi ?uida statis yang mengukur lima aspek KPS. Sedangkan proses validasi didasarkan pada penilaian tes oleh lima orang ahli dan uji coba tes oleh siswa-siswa kelas sebelas dari tiga sekolah di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes KPS dapat dikatakan valid baik berdasarkan analisis menggunakan validitas isi V Aiken maupun analisis dengan teori respon butir. Hasil analisis kurva karakteristik tes menunjukkan bahwa tes KPS memiliki daya pembeda dalam kategori baik, tingkat kesukaran dalam kategori sedang dan faktor tebakan semu dalam kategori kurang baik. Hasil analisis fungsi informasi, tes KPS yang telah dikonstruksi reliabel dan dapat digunakan untuk partisipan dengan kategori kemampuan rendah hingga kemampuan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa tes KPS pada materi ?uida statis valid dan reliabel.
Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Pokok Bahasan Gerak Parabola Mardatila, Agnesita; Novia, Hera; Sinaga, Parlindungan
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31758/OmegaJPhysPhysEduc.v5i2.33

Abstract

Fisika dalam menguasainya dibutuhkan pemahaman dan kemampuan cara representasi yang berbeda-beda. Penggunaan multirepresentasi memfasilitasi peserta didik dengan latarbelakang kecerdasan yang berbeda untuk dapat memahami suatu konsep tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan pemecahan masalah siswa, level pemecahan masalah siswa, hubungan antara kemampuan kognitif dengan pemecahan masalah, serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif, tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan angket tanggapan siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran multirepresentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan kognitif berdasarkan nilai N-gain. Pada kelas eksperimen peningkatan kemampuan kognitif berada pada kategori ?sedang? sedangkan kelas kontrol berada pada kategori ?rendah?. Kemampuan pemecahan masalah siswa dievaluasi menggunakan rubrik multiple ways Rosengrant, dengan rata-rata level pemecahan masalah kelas eksperimen berada pada level needs some improvement, sedangkan kelas kontrol berada pada level inadequate. Adapun hubungan kemampuan kognitif dengan pemecahan masalah adalah linier dengan kriteria ?cukup?. Tanggapan siswa ?positif? terhadap pembelajaran menggunakan multirepresentasi pada pokok bahasan gerak parabola.
Analisis Konten Fisika dalam Kegiatan Pramuka Melalui Scouting Games Huda, Muhammad Busro Alamul
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31758/OmegaJPhysPhysEduc.v5i2.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten ?sika dalam permainan pramuka melalui Scouting games. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang di peroleh dari studi literatur dan wawancara pada konten ?sika yang terdapat dalam permainan-permainan Pramuka di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa pada permainan Pramuka terdapat konsep ?sika dengan persentase masing-masing sebesar 20,15 % penaksiran, 28,35 % api unggun, 31,25 % perpetaan, dan 20,15 % lempar bola yang mencakup materi tentang jarak dan perpindahan, kemagnetan, termodinamika, lup, usaha dan energi, dan gerak parabola. Deskripsi kemampuan analisis konten ?sika ini akan dilanjutkan ke penelitian selanjutnya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran melalui permainan Pramuka untuk meningkatkan berpikir tinggi pada peserta didik.
Enhancing Teachers’ Competence in the Learning of Fiqih Mawaris through the Collaboration of Conventional and Modern Media At-Tashil Digital Application at Balai Diklat Keagamaan Aceh Nurdin, Nurdin
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31758/OmegaJPhysPhysEduc.v5i2.44

Abstract

Problems in today?s learning includes the low competence of teachers in the use of media for teaching and learning. Among the weaknesses of teachers is the lack of the ability in using the media in learning ?qih mawaris. Many teachers still use conventional media such as markers, board and paper. This a?ects on the low level of students? ability on the subject of ?qih mawaris. This study aims to understand the competence of teachers in teaching and learning ?qih mawaris through the collaboration of conventional media and digital media (the application of At-Tashil) at the training center of Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh. This study adopts qualitative approaches. Data were collected through interviews, the study of documents and observations, while collected data were analyzed through data reduction, presentation of data and the withdrawal of conclusion. The results show that teachers? competence on subjects of the ?qih mawaris was improved through the process of collaboration between conventional media and modern media of At-Tashil application.
Sintesis Polimer Hibrid Poli(Metil Metakrilat-co-Butil Akrilat-co-Stiren) dengan OMMT sebagai Filler Melalui Teknik Polimerisasi untuk Applikasi pada Kemasan Makanan Chandra, Johannes; Budianto, Emil; Soegijono, Bambang
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31758/OmegaJPhysPhysEduc.v5i2.51

Abstract

Sintesis polimer hibrid lateks poli(metil metakrilat-co-butil akrilat-co-stiren) dengan OMMT sebagai ?ller dilakukan melalui teknik polimerisasi miniemulsi dengan menggunakan inisiator AIBN dan surfaktan SDS secara full batch. Proses modi?kasi MMT dilakukan dengan teknik sonikasi dan proses polimerisasi miniemulsi dilakukan selama 7 jam pada suhu 80?C. Hasil modi?kasi MMT dikarakterisasi melalui uji XRD, FTIR, TEM, dan uji termal dekomposisi dilakukan dengan TGA. Hasil modi?kasi dengan alkilammonium surfaktan menunjukkan telah terjadi pilarisasi pada lapisan interlayer MMT dengan meningkatnya basal spacing lapisan MMT dari 12,1?A ke 21,0?A dan pergeseran sudut 2? dari 7,21? ke 4,21? dan uji FTIR mengkon?rmasi masuknya gugus alkil ke dalam lapisan interlayer MMT dan uji TEM menunjukkan pola interlakasi dan eksfoliasi. Uji termal dekomposisi menunjukkan bahwa panjang gugus alkil surfaktan berpengaruh terhadap tingkat termal dekomposisi OMMT. Polimer hibrid lateks yang dihasilkan menunjukkan sifat ketahanan barrier yang lebih baik dengan penambahan OMMT dibandingkan dengan polimer murni, polimer hibrid lateks dengan kandungan 8.0% OMMT menunjukkan sifat ketahanan barrier yang sama dengan polimer sintetik LDPE, EVOH, PET dan Poliester sehingga dinilai mampu menggantikan posisi peranan polimer sintetis dalam kemasan pangan yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5