cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 7 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN Asmaul Husna; Rahmawati Rahmawati; M. Rezeki Muamar
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu media animasi terhadap aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus di kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas X IPA1 dan X IPA2, X IPA3, X IPA4 dan X IPA5 dengan jumlah 145 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Analisis data berupa uji N-gain, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan software SPSS 20.0. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji Independent Sampel t-Test. Hasil uji t terhadap data aktivitas belajar siswa diketahui thitung adalah 2,803 dengan db 28 pada taraf signifikansi 5% (p = 0,009 < 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu media animasi terhadap aktivitas belajar siswa pada materi virus di kelas X di SMA Negeri 2 Peusangan. Hasil uji t kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai probabilitas signifikan dua arah (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai t-hitung sebesar 4,794 dan derajat kebebasan sebesar 28. Sehingga untuk α = 0,05 diketahui bahwa p-signifikan < α (0,000 < 0,05) sehingga Ho ditolak maka dapat dikatakan terdapat pengaruh model penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus di kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu media animasi terhadap aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus di kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis
PENGEMBANGAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 2 PEUSANGAN Ranti Amalia; Rahmi Rahmi; Tutiliana Tutiliana
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pengembangan karakter dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas X IPA1 dan X IPA2, X IPA3, X IPA4 dan X IPA5 dengan jumlah 148 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil dua kelas yaitu X IPA1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut memiliki nilai yang hampir sama. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data pre-test dan post-test dari angket kreativitas siswa serta nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa. Analisis data hasil penelitian berupa uji N-gain, normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang berupa uji Independent Sampel t-Test. analisis data dilakukan dengan software SPSS 20.0. Hasil uji Independent Sampel t-Test diperoleh bahwa data pengembangan karakter siswa dilihat dari sig.(2-tailed) < α (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga hasil belajar siswa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ???????? ditolak dan ???????? diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pengembangan karakter dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Role Playing, Pengembangan Karakter, Hasil Belajar
STUDI EVALUASI PERKULIAHAN MICROTEACHING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH Ratna Unaida; Fakhrah Fakhrah
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkuliahan microteaching yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi, proses evaluasi ini meliputi (1) mengevaluasi perencanaan perkuliahan yang disusun dosen, (2) mengevaluasi proses pelaksanaan perkuliahan secara langsung. Subjek penelitian ini adalah 42 orang mahasiswa semester VI dan 4 orang dosen pengampu matakuliah microteaching. Objek penelitian ini adalah mata kuliah microteaching itu sendiri. Data penelitian diperoleh melalui angket dan wawancara yang dilakukan kepada dosen dan mahasiswa, observasi dan dokumentasi saat perkuliahan berlangsung. Keabsahan data diketahui dengan menggunakan teknik triangulasi. Data yang terkumpul melalui angket, dokumentasi dan observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data yang terkumpul melalui wawancara, dan catatan observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan hasil dari observasi selama pelaksanaan pembelajaran microteaching sudah memenuhi indikator pelaksanaan pembelajaran microteaching yaitu membuat dan mengkonsultasikan RPP kepada dosen pengampu, serta mempraktekkan keterampilan dasar mengajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SDN 1 PEUSANGAN Dewi Asmika; Fachrurazi Fachrurazi; Maulidasari Maulidasari
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu pencapaian target nilai rata-rata masih rendah banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan di SD Negeri 1 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 1 Peusangan, aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran IPA pada materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 1 Peusangan dan respon siswa dalam peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 1 Peusangan. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Peusangan yang berjumlah 20 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan pada materi daur hidup hewan siklus I adalah 25% meningkat menjadi 85% siswa yang tuntas pada siklus I dengan peningkatan 60%. Aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture pada materi daur hidup hewan yaitu Persentase rata-rata kegiatan guru siklus I adalah 70,65% meningkat menjadi 96.65% pada siklus II dengan peningkatan 20%. Persentase rata-rata kegiatan siswa siklus I adalah 69,95% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,3% dengan peningkatan sebesar 27,35%. Respon siswa kelas IV SD Negeri 1 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture pada materi daur hidup hewan pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa umumnya siswa sangat setuju dan setuju terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Hal ini terbukti bahwa sebesar 65% siswa menyatakan sangat setuju, sedangkan siswa yang setuju sebesar 21% terhadap model pembelajaran yang ditetapkan oleh. Kata Kunci : Model picture and picture, pembelajaran IPA, materi daur hidup hewan, Hasil Belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH IDEAL DI KELAS III SD NEGERI 13 BIREUEN Gusti Gunawan
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendah hasil belajar siswa karena siswa yang hasil belajarnya masih rendah, masih banyak siswa yang kurang memahami suatu materi pembelajaran. Penelitian bertujuan mengetahui 1) peningkatan hasil belajar, 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respon siswa melalui penggunaan strategi pemecahan masalah Ideal pada materi perubahan wujud benda di SD Negeri 13 Bireuen. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 13 Bireuen berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar aktivitas dan angket. Teknik analisis data melalui tes hasil belajar, tes observasi dan tes respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pemecahan Masalah Ideal yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dan sistem koordinat. Hasil tes siklus I sebesar 73,68% meningkat pada siklus II menjadi 89,47% sehingga peningkatkan sebesar 15,79%. Strategi Pemecahan Masalah Ideal dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I sebesar 82,38% meningkat pada siklus II menjadi 92,38%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80,48% menjadi 91,91% pada siklus II. Respon siswa terhadap strategi pemecahan masalah Ideal positif, siswa menyatakan senang belajar materi perubahan wujud benda dengan Strategi pemecahan masalah Ideal, karena siswa lebih mudah memahami materi perubahan wujud benda dengan strategi pemecahan masalah ideal dan siswa juga mau jika materi lain diajarkan dengan pembelajaran strategi pemecahan masalah Ideal. Kata Kunci: Hasil belajar, strategi pemecahan masalah Ideal, perubahan wujud benda
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 22 PEUSANGAN Zarwida Nora; Faizah M Nur
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran membaca dongeng dengan nyaring sebagai salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan pada siswa SD Negeri 15 Bireuen ternyata mayoritas siswanya belum menguasai dengan baik. Hal ini terbukti dengan rendahnya hasil belajar pada materi tersebut. Aktivitas dan respon siswa juga terkesan rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca dongeng dengan nyaring di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes setiap akhir siklus, hasil observasi dan hasil wawancara. Sumber penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 15 Bireuen yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan memperoleh hasil 60% pada siklus I yang termasuk dalam kategori kurang dan pada siklus II meningkat (25%) menjadi 85% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil observasi rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 76,81% yang tergolong dalam kategori cukup dan siklus II terjadi peningkatakan (10%) yaitu 86,81% yang tergolong dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 73,17% tergolong dalam kategori cukup dan siklus II sebesar 85% yang termasuk kategori baik. Hasil wawancara dengan 3 orang siswa, yang terdiri 1 orang yang berkemampuan tinggi, 1 orang yang berkemampuan sedang dan 1 orang yang berkemampuan rendah, diperoleh respon yang sangat baik. Maka kesimpulannya dengan menggunakan model kooperatif tipe Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca dongeng dengan nyaring, meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta respon siswa kelas III pada materi membaca dongeng dengan nyaring di SD Negeri 15 Bireuen sudah baik. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Organ pencernaan makanan manusia, Number Head Together.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DENGAN PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI 1 MUARA SATU Jasmaniah Jasmaniah; Karmita Ramadana; Rahma Rahma
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Muara Satu pada materi pengelompokan hewan berdasarkan makannya disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap pengelompokan hewan berdasarkan makannya dengan menggunakan model make a match diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi pengelompokan hewan berdasarkan makannya dengan model pembelajaran make a match di kelas V SD Negeri 1 Muara Satu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Data dalam penelitian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengelompokan hewan berdasarkan makannya di kelas V SD Negeri 1 Muara Satu. Hasil tes siklus I sebesar 61,11% siswa tuntas meningkatpada siklus II menjadi 88,89% dengan peningkatan sebesar 27,78%. Pembelajaran model make a match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. (2) hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I sebesar 84% meningkat pada siklus II menjadi 95,34% dan ini mengalami peningkatan 11,34%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,34% menjadi 94% pada siklus II dan ini mengalami peningkatan 12,66%. (3) respon siswa terhadap pembelajaran make a match positif, siswa menyatakan senang belajar materi pengelompokan hewan berdasarkan makanannya dengan model make a match, karena siswa lebih mudah memahami materi pengelompokan hewan berdasarkan makanannya dengan model make a match, siswa juga mau jika materi lain diajarkan dengan pembelajaran model make a match. Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran make a match, Pengelompokan hewan berdasarkan makanannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue