cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika" : 3 Documents clear
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP Agustyaningrum, Nina
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v3i1.568

Abstract

AbstrakProses pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa, akan sangat membantu dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Beberapa upaya yang dapat dilakukan guru dalam memfasilitasi siswa khususnya siswa SMP untuk mengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah menyediakan soal-soal atau permasalahan non-rutin yang bersifat problem solving serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran (student-centered). Kata Kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran matematika SMP AbstractThe learning process in accordance with the stage of development of students, will greatly assist in the development of higher order thinking skills. Several attempts to do the teacher in facilitating students, especially junior high school students to develop higher order thinking skills is to provide the questions or issues that are non-routine problem solving and engage students actively in the learning process (student-centered). Keywords: higher order thinking skills, learning of mathematics SMP
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Amelia, Fitrah
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.13 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v3i1.556

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara Kemampuan Komunikasi Lisan terhadap Hasil Belajar Matematika, (2) Hubungan antara Kemampuan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika, (3) Hubungan antara Kemampuan Komunikasi Lisan dan Kemampuan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batam. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Sebelum digunakan untuk mengambil data terlebih dahulu instrument di uji cobakan untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Komunikasi Lisan terhadap Hasil Belajar Matematika, hal tersebut ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi ( sebesar 0,442 dan diperoleh thitung sebesar 0,726 dengan n = 177, taraf signifikan = 5% dan db = n-2, maka ttabel sebesar 1,653. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel (0,726 1,653). (2) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika, hal tersebut ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi () sebesar -0,195 dan diperoleh thitung sebesar -2,631 dengan n = 177, taraf signifikan 5%, dan db = n-2, maka ttabel sebesar 1,653. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel (-2,631 1,653). (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Komunikasi Lisan dan Kemampuan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Hal tersebut ditunjjukan dari nilai koefisien korelasi ganda ( R ) sebesar 0,471 dan diperoleh Fhitung sebesar 27,625 dengan n = 177, taraf signifikan = 5%, db pembilang = k, dan db penyebut = (n-k-1) maka diperoleh Ftabel sebesar 3,047. Hal ini menunjukkan Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (27,625 3,047). Dari hasil hipotesis 1, 2, dan 3 dapat disimpulkan bahwa data dan koefisien yang diperoleh dalam sampel tersebut dapat mencerminkan keadaan populasi.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Lisan, Kemampuan Pemahaman Matematis, Hasil Belajar.AbstractThis study aims to determine: (1) Relationship between Oral Communication Skills for Mathematics Learning Outcomes, (2) the relationship between the ability of mathematical understanding of the Mathematics Learning Outcomes, (3) Relationship between Oral Communication Skills and Understanding of Mathematical Ability to Mathematics Learning Outcomes.The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 4 Batam. The sample in this study were taken by using random sampling techniques. The research instrument was a questionnaire and tests. Before being used to retrieve the data first instrument in tested to see its validity and reliability. The data analysis technique used is the multiple correlation analysts. The results showed: (1) There is no significant relationship between Oral Communication Skills for Learning Mathematics results, it is shown on the value of the correlation coefficient (at 0.442 and obtained t of 0.726 with n = 177, significance level = 5% and db = n -2, then ttable of 1,653. This shows that tcount smaller than ttable (0.726 1.653). (2) There is no significant relationship between the ability of mathematical understanding of the Mathematics Learning Outcomes, it is shown on the value of the correlation coefficient () of -0.195 and -2.631 tcount obtained with n = 177, the significant level of 5%, and db = n-2, then ttable of 1,653. This shows that t count is smaller than ttable (-2.631 1.653). (3) There is significant correlation between the ability of Oral Communication and Understanding of Mathematical Ability to Mathematics Learning Outcomes. It is shown from multiple correlation coefficient (R) of 0.471 and obtained Fcount of 27.625 with n = 177, significance level = 5%, db numerator = k, and db denominator = (nk-1) is obtained Ftable of 3,047. It shows Fcount greater than the Ftable (27.625 3.047). From the results of hypothesis 1, 2, and 3 can be concluded that the data and coefficients obtained in this sample may reflect the state of the population.Keywords: Oral Communication Skills, Ability Mathematical Understanding, Learning Outcomes
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Ismarti, Ismarti; Gusfyana, Raja Rizsca
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.243 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v3i1.557

Abstract

Abstrak Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.  Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.  Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan variasi model pembelajaran.  Pada penelitian ini dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MM) dan Numbered Head Together (NHT).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 34 Batam yang berjumlah 6 kelas dengan total 212 siswa. Dari populasi diambil 2 kelas yaitu VIIIb dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIIe dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen 2.  Kelas eksperimen 1 menggunakan tipe Numbered Head Together dan kelas eksperimen 2 menggunakan tipe Make a Match.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dengan tipe Numbered Head Together adalah 82,28 dan rata-rata kelas eksperimen 2 dengan tipe Make a Match adalah 80,78. Analisis data dengan uji t diperoleh thitung (0,5539)ttabel (1,994) menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MM) dan Numbered Head Together (NHT). Kata kunci: make a match, numbered head together, pembelajaran kooperatif, hasil belajar matematika. Abstract The fact on the field show that learning math is very less to giving opportunity to the student to be active in the process. This case enhance outcomes of learning process. The effort to increase the outcomes of learning math is use variation of learning models.  This research is to compare the learning outcomes with cooperative learning models, Make a Match type and Numbered Head Together type.Population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 34 Batam from   six classes with 212 students. From the population is taken two classes, VIIIb with 36 students as 1st experimental class and VIII E with 36 students as 2ndexperimental class. The first experimental class used  Numbered Heads Together type while the second experimental class used the model of learning Make a Match.From this research, the average value of the 1st experimental class I with Numbered Head Together type is 82.28 and  average value of 2ndexperimental class with Make a Match type is 80.78. The result of analyse data using t test  obtained t result (0.5539) ttabel  (1.994) showed that there were no significant differences of the results using a math model of learning Make a Match type and Numbered Head Together type. Keyword : make a match, numbered head together, cooperative learning, mathematics learning outcomes

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue