cover
Contact Name
Sigit Dwi Sucipto
Contact Email
sigitdwi@unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jkk@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2, Palembang-Indonesia
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557303     EISSN : 28282965     DOI : -
Jurnal Konseling Komprehensif berisi artikel tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori Berkala dua kali setahun pada bulan Mei dan November (ISSN 2355-7303); berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, dan hasil penelitian bimbingan dan konseling. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universtias Sriwijaya Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Konselor.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing" : 6 Documents clear
HAMBATAN KEMATANGAN PERENCANAAN KARIR MAHASISWA SEBAGAI GENERASI MILLENIAL Nurlela Nurlela; Endang Surtiyoni
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v7i1.11592

Abstract

Dilema dalam menentukan pilihan karir selalu dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir. Ironisnya sebagai millenial mereka sebenarnya memiliki banyak pilihan, namun dikarenakan tidak matangnya perencanaan karir menyebabkan mereka ragu ragu dalam memilih pilihan karir. Penelitian bertujuan untuk mengkaji hambatan yang ditemukan baik secara internal maupun eksternal. Metode penelitian menggunakan metode survey. Hasil survey menunjukkan secara internal keyakinan dan pemahaman diri yang rendah menjadi hambatan utama, sedangkan secara eksternal ekspektasi dan adaptasi kepada gaya hidup yang membuat mahasiswa menjadi ragu ragu dalam menentukan pilihan karir. Penelitian merekomendasikan perlunya mahasiswa mendapatkan bimbingan karir yang berfokus kepada pendalaman kemampuan dan tipologi kepribadian, selain itu dalam perkuliahan mahasiswa harus dibiasakan melakukan proyek kreatif dalam PBL, dan program studi perlu menambah porsi pengalaman praktik lapangan.
IDENTIFIKASI SELF REGULATED LEARNING DALAM PROSES BELAJAR DARING MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS SRIWIJAYA Armitha Armitha Mukhromah
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v7i1.18675

Abstract

The Covid-19 pandemic doesn't feel like it's been almost 2 years since it hit the world, especially Indonesia. This of course has an impact in various aspects of life, one of which is the aspect of education. In such circumstances, students must be able to regulate themselves in learning activities properly (self- regulated learning). This study aims to identify aspects of self-regulated learning in the learning process of Guidance and Counseling students at Sriwijaya University. This research is a basic research and uses a quantitative descriptive method. The population of this study were Guidance and Counseling undergraduate students from the 2018-2021 Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University. The sampling technique used in this study is a purposive sample or a purposive sample. The sample in this study was Guidance and Counseling Students Batch 2021 with a total of 89 students as respondents. The results of data analysis carried out showed that 89% of students were at a high SRL level and 11% at a moderate level, in the analysis of each aspect the cognitive and psychomotor aspects were in the high category while the affective aspects were in the medium category.
Pengembangan Profil Kepribadian Empati Konselor Dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Nur Fadila Baiti; Rizkia Mufidatul Hasanah; Dwi Intan Septiani
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v7i1.16044

Abstract

Salah satu dari karakteristik kualitas pribadi yang perlu dimiliki oleh seorang konselor adalah keterampilan empati. Keterampilan empati ini bisa diartikan sebagai cara konselor untuk menempatkan dirinya dalam perasaan dari respon permasalahan yang dialami oleh konseli. Keterampilan empati yang dibutuhkan oleh konselor agar proses konseling berjalan dengan lancar, dengan kata konselor lain yang memiliki rasa empati dan dibarengi dengan karakteristik yang lain dapat mempengaruhi keefektivitasan pelayanan bimbingan dan konselingnya.
PENGUATAN INOVASI LAYANAN BK FROM PANDEMI TO ENDEMIC Silvia AR
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v7i1.15709

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan makna inovasi layanan bimbingan dan konseling, cara mengembangkan inovasi, bentuk-bentuk inovasi disaat pandemi dan endemi covid-19, mengidentifikasi berbagai upaya menguatkan inovasi layanan Bimbingan dan Konseling. Penyusunan artikel ini didasarkan atas studi literatur dan didapati bahwa Inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi layanan BK, bila BK tidak berinovasi akan ditinggalkan siswa dan tidak bermakna bagi siswa. Cara guru BK mengembangkan inovasi meliputi mempertanyakan perbaikan layanan apa yang bisa dilakukan, menciptakan Layanan BK yang menarik dan bermakna, berkolaborasi untuk menghasilkan inovasi. Bentuk inovasi ditengah pandemi diantaranya syncronus tele-guidance and counseling, materi layanan yang terbuka bisa diakses semua, tutorial self- assessment, tutorial self-healing. Upaya penguatan inovasi pada layanan BK melalui regulasi, eksekusi, dan pemberdayaan. Berdasarkan kajian direkomendasikan sebagai berikut; Guru BK selalu berupaya berfikir dan berperilaku inovatif agar layanan yang dikembangkan menarik bagi siswa dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai, baik saat pandemi maupun masa endemi nantinya.
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMKN 1 LALAN Novi Lestari
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v7i1.15955

Abstract

Guidance and counseling help students / counselees to understand, accept, direct, make decisions, and realize their decisions responsibly. In an effort to realize integrated guidance and counseling services, strong support is needed. This study aims to realize the implementation of guidance and counseling according to the applicable curriculum. This study used the method of observation. Guidance and counseling programs provide services that are integrated with development programs for all aspects of life for students/counselors at school. Guidance and counseling at SMKN 1 Lalan strived to identify the needs of the personal, social, learning, and career fields. 
Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Karakter Tokoh Kesultanan Palembang Darusalam untuk Siswa SMA di Kota Palembang sigit dwi sucipto
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v7i1.18674

Abstract

The aims of this study are: (1) to describe group guidance services and their implementation for high school students in Palembang City; and (2) produce a group guidance model based on the character values of the Palembang Darusalam sultanate figures for high school students in Palembang City. This study uses research and development (R & D) methods and designs with the following steps: (1) preliminary study and data collection; (2) research planning; (3) hypothetical model design; (4) validation of hypothetical models; (5) model revision; (6) final model. This study involved 2 guidance and counseling experts as expert validators and 5 guidance and counseling teachers as practitioner validators. Based on the results of the research and discussion, the conclusions of this study are: (1) Group guidance services for high school students in Palembang City are carried out discussing topics agreed upon when the implementation of group guidance has begun, and have not discussed the topic of the character values of Palembang figures, and (2) a group guidance model based on the character values of the Palembang Darussalam sultanate figures for high school students in the city of Palembang. consists of 7 (seven) components, namely rationale, vision and mission, objectives, content of group counseling, support system, stages of group counseling, evaluation and follow-up.

Page 1 of 1 | Total Record : 6