cover
Contact Name
Rike Penta Sitio
Contact Email
rikepenta@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rikepenta@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Management and Business Review
ISSN : 18298176     EISSN : 25030736     DOI : -
Journal of Management and Business Review (JMBR) is a source of scientific information for academia, research institution, government agencies, and industries. We publish research paper on management and business strategy as well as related topics.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2018)" : 6 Documents clear
ANALISIS BRAND EQUITY DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PALEMBANG) Nedi Yansah; Zakaria Wahab; Muchsin Saggaf Shihab
Journal of Management and Business Review Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v15i1.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand positioning dan sales promotion terhadap brand equity dan keputusan pembelian konsumen. Ada pun yang menjadi studi kasus penelitian ini adalah Pegadaian Syariah di Kota Palembang. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan pada responden menggunakan teknik convenience sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan publikasi terkait lainnya. Teknik analisis pada penelitian mengunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa brand positioning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity; sebaliknya sales promotion memililki pengaruh negatif. Selanjutnya, ditemukan bahwa brand positioning tidak berpengaruh pada keputusan pembelian, sales promotion memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand equity tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Disarankan agar perusahaan lebih memperhatikan pembentukan brand positioning dengan menerapkan standarisasi pelayanan, terutama yang berkaitan dengan kecepatan, kenyamanan, dan fleksibilitas pelayanan. Perusahaan juga harus meningkatkan kompetensi karyawan dasi sisi pemahaman syariah. Sebaliknya, dalam hal kegiatan promosi penjualan perusahaan harus melakukan evaluasi yang mendalam, dikarenakan kegiatan promosi penjualan yang dilaksanakan selama ini terbukti kurang efektif mendorong keputusan pembelian.
PENGARUH PENERAPAN KONSERVATISME AKUNTANSI DAN TINGKAT KEPEMILIKAN PADA KONFLIK BONDHOLDER-SHAREHOLDER DI BURSA EFEK INDONESIA Made Wahyu Adhiputra
Journal of Management and Business Review Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v15i1.114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan konservatisme akuntansi dan tingkat kepemilikan pada konflik bondholders-shareholders di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 40 perusahaan yang digunakan dalam analisis. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konservatisme akuntansi, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial, dan variabel terikat adalah konflik bondholder-shareholder. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa konservatisme akuntansi berpengaruh pada konflik bondholder-shareholder. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh pada konflik bondholder-shareholder dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada konflik bondholder-shareholder.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN ATRAKSI WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI SAUNG ANGKLUNG UDJO Sopa Martina; Fitri Sukma Dewi; Didin Syarifuddin
Journal of Management and Business Review Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v15i1.115

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan atraksi wisata terhadap kepuasan pengunjung di Saung Angklung Udjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif - verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2, uji t, dan uji F. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dari hasil pengujian secara statistik, diketahui bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,473, atraksi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien regresi = 0,092, Brand image dan atraksi wisata berpengaruh secara simultan sebesar 25,2% terhadap kepuasan pengunjung.
STRATEGI BISNIS HOTEL DAN RESORT BERKONSEP MONGOLIAN-APACHE EXPERIENCE DI BOGOR 2018-2021 Rofi, M Akhsanur; Santoso, Johannes C
Journal of Management and Business Review Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v15i1.116

Abstract

Kota Bogor sebagai penyangga selatan Jakarta tumbuh sebagai pusat wisata dan ekonomi kreatif dengan kontribusi sektor 20% PAD. Bersaing dengan ± 212 hotel di wilayah Bogor, Hotel dan Resort ME (HRME) menawarkan konsep ala Mongolian-Apache di kaki Gunung Salak untuk wisatawan kelas menengah-atas. Namun selama 5 tahun pertama, tingkat okupansi rata-rata hanya 37,2% dan profitabilitas hanya 7,9% dari pendapatan, sementara kondisi persaingan eksternal semakin tinggi. Perubahan strategi perlu diupayakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki HRME. Pendekatan RBV dan Value Chain disusun hingga terbentuk BSC 2018-2019. Wawancara dengan pemilik dan manajemen HRME dilaksanakan dengan dukungan data sekunder dari tahun 2011-2017 serta observasi lapangan. Diyakini, pengembangan kualitas modal insani untuk mendukung produk/jasa dan produk/jasa baru serta promosi efektif yang intensif dalam mendukung penetrasi pasar menjadi kunci perbaikan tingkat okupansi hingga 45% dan profitabilitas hingga 15%.
PENGARUH REFERENCE GROUPS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN Yuniarti, Kartika; Somad, Abdus
Journal of Management and Business Review Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v15i1.117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah terpetakannya reference group paling kuat dalam pengambilan keputusan membeli konsumen produk kecantikan. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek penelitian konsumen yang pernah membeli produk kecantikan. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan, dari 114 responden, 98,3% merupakan pembeli produk kecantikan. 67,5% responden mengeluarkan biaya Rp 100.001 - Rp 500.000 untuk membeli produk kecantikan. Pihak yang mempengaruhi pembelian adalah Teman, Beauty Reviewer, Saudara, Pasangan, dan Orang Tua. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai siapa sajakah yang memiliki pengaruh paling kuat dalam pengambilan keputusan membeli konsumen produk kecantikan.
IMPLEMENTASI LEAN THINKING PADA PERUSAHAAN JASA BONGKAR MUAT Hanifah, Cut Rifafitri; Aditya, Rizky Indra; Said, Andi Ilham
Journal of Management and Business Review Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v15i1.112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan strategi untuk peningkatan kinerja operasi pada perusahaan jasa bongkar – muat dan mengiplementasikan metode lean thinking pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari riset ini ditemukan bahwa perusahaan menginginkan peningkatan kinerja operasi sebanyak 3 BCH (Box Crane Hours) di tahun 2020. Tetapi kinerja operasi perusahaan sekarang tidak bisa mencapai target tersebut, karena terdapat beberapa temuan masalah yang terjadi, seperti banyaknya idle di beberapa aktivitas. Untuk itu alternatif solusi dan strategi yang diberikan adalah strategi CRM (Consumer Relationship Management), allocation truck, dan split area.  Terdapat rangkaian rantai pasok yang panjang dalam bisnis jasa bongkar – muat dan cukup banyak entitas yang terlibat sekitar 7 entitas, dimulai dari pemilik barang, penyedia ekspedisi dan lain-lain. Dalam penelitian ini hanya berfokus pada entitas penyedia jasa bongkar – muat container dan khusus di Dermaga Serbaguna Nusantara (DSN). Berdasarkan analisis terhadap kinerja operasi terdapat beberapa akar penyebab masalah yang terjadi di perusahaan, dengan begitu hasil temuan yang disarakan adalah Allocation truck, Split Area dan Customer Relationship Management. Perusahaan bisa memanfaatkan hasil temuan ini untuk mengetahui gambaran yang lebih obyektif mengenai operasi bisnis yang dilakukan selama ini dan bisa mencapai target kinerja 3 tahun ke depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6