cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AKSIOMA
ISSN : 20862725     EISSN : 25797646     DOI : -
Core Subject : Education,
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika" : 1 Documents clear
Pengaruh Kecemasan Matematika (mathematics Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Murnaka, Nerru Pranuta
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v9i1.2421

Abstract

AbstrakHasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah faktor sikap siswa. Faktor ini merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal). Salah satu sikap siswa dalam pembelajaran matematika adalah siswa yang merasa cemas terhadap matematika itu sendiri. Kecemasan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika disebut dengan kecemasan matematika (mathematics anxiety). Sikap cemas ini merupkan respon negatif yang membuat seseorang menghindari pembelajaran matematika serta ketidakmampuan dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menyelidiki seberapa besar pengaruh kecemasan matematika  terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Untuk menyelidiki seberapa tinggi tingkat keeratan hubungan linier antara kecemasan matematika  dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional karena bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel terhadap variabel lain.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Siswa, dengan subyek penelitiannya siswa kelas VII yang berjumlah 188 siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0.0204 = 2,04%. Hal ini menunjukkan bahwa  hanya sebesar 2.04% kecemasan matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Sedangkan 2) Nilai koefisien korelasi antara kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika adalah r =  – 0,1428. Dengan demikian, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika, namun keeratan hubungan antara keduanya berada pada kategori sangat lemahKata kunci: kecemasan matematika (mathematics anxiety), hasil belajar matematika, korelasional

Page 1 of 1 | Total Record : 1


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 3 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 3 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA Vol 5, No 2/septembe (2014): aksioma Vol 5, No 2/september (2014): aksioma Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 4, No 2/September (2013): AKSIOMA Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 2, No 2/Septembe (2011): AKSIOMA Vol 2, No 2/September (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 1, No 2/September (2010): AKSIOMA Vol 1, No 2/Septembe (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA More Issue