cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan
ISSN : 25803417     EISSN : 25414429]     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan [p-ISSN 2580-3417 | e-ISSN 2541-4429] was first published in 2016 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published three times a year, March, July, and November. We accept research articles within the scope of the study of educational management, educational leadership and educational supervision.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017" : 10 Documents clear
MANAJEMEN LABORATORIUM HANGGAR PESAWAT Nanyka Dyah Wijayanti
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.71 KB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen laboratorium hanggar pesawat. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil dari manajemen laboratorium hanggar pesawat yaitu kegiatan praktek peserta didik di hanggar pesawat akan berjalan secara efektif. DOI : https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p058
IMPLEMENTASI TATA KELOLA LAYANAN PUBLIK UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE PADA PERGURUAN TINGGI Desi Nurhikmayanti
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.831 KB)

Abstract

tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikandan menganalisis mengenai implementasi, dan kendala perguruan tinggi dalam mewujudkan good governance pada perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan good governance pada perguruan tinggi dengan menggunakan beberapa prinsip, yaitu: transparansi (transparancy), kemandirian (independence), akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibility), kesetaraan dan kewajaran (fairness).
IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA Laila Rizka Cahyawati
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.417 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: implementasi pedoman pelayanan prima, implementasi sumber daya manusia dalam mendukung pelayanan prima, implementasi sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan prima, implementasi penanganan pengaduan pelayanan prima dan implementasi indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan prima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian ini adalah implementasi pelayanan prima dilakukan melalui publikasi, promosi, SOP, workshop, softskill, apel pagi, sarana prasarana pendukung, penanganan pengaduan dan survei kepuasan pelanggan. DOi : https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p067
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBIASAAN SISWA MEMBELI MAKANAN-JAJANAN DI SEKOLAH (STUDI EKSPLORATORI) PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS Shinta Gustine Permata Sari
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.398 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kebiasaan siswa membeli makanan-jajanan di Sekolah  Lanjutan Tingkat Atas se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor. Metode ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor baru hasil  rotasi faktor-faktor yang telah diidentifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor kebiasaan siswa membeli makanan jajanan di SLTA Kota Malang  yaitu: (1) Faktor Selera Lapar, (2) Faktor Jenis Makanan Jajanan, (3) Faktor Kebiasaan Keluarga, (4) Faktor Keinginan Jajan, (5) Faktor Ditraktir (6) Faktor Aneka Jajanan, (7) Faktor Keinginan Makan Jajanan Di Luar Lingkungan Sekolah, (8) Faktor Arahan Guru, Kontribusi dari masing-masing faktor:  faktor selera lapar 8,338%, faktor jenis makanan jajanan 7,126%, faktor kebiasaan keluarga 7,096%, faktor keinginan jajan 7,106%, faktor ditraktir 6,501%, faktor aneka jajanan 6,414%, faktor keinginan makan jajanan di luar lingkungan sekolah 6,065%, faktor arahan guru 5,919%, Faktor paling dominan yang menjadikan siswa SLTA Kota Malang membeli makanan jajanan di sekolah adalah faktor selera lapar yaitu sebesar 8,338%. DOI : https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p033
SERVANT LEADERSHIP: MODEL KEPEMIMPINAN KONTEMPORER KEPALA SEKOLAH Aneke A. Salam; Cecilia Lelly Kewo
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.247 KB)

Abstract

Peneliti ini bertujuanuntuk mendeskripsikan: internalisasi filosofi servant leadership dalam kepemimpinan kepala sekolahsertapelaksanaan tugas kepala sekolah dalam bingkai servant leadership.Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatifberdasarkan data deskriptifyang dikumpulkan melalui latar alami (natural setting) dari pemahaman atau sudut pandang subyek terteliti dan tidak terikat oleh isu teoritik.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Katolik Santa Familia di KotaTomohon dengan subyek terteliti kepala sekolah dan personil sekolah sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menemukan bahwa: pertama,filosofi yang terkandung dalam servant leadership ternyata telah diadopsi dan menjiwai kepemimpinan sekolah di SMK St. Familia Tomohon;kedua, Kepala sekolah di SMK Katolik St. Familia dijumpai telah menerapkan model kepemimpinan kontemporer yaitu model kepemimpinan yang melayani (servant leadership) secara humanis,menyentuh hati dalam kesatuan kerja logika dan tindakan yang berujung pada terciptanya suasana kerja yang menyenangkan. DOI : https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p075
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN SISWA Yusuf Yusuf
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.315 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan siswa (2) hubungan antara pelayanan dengan kepuasan siswa, (3) hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan pelayanan secara bersama-sama dengan kepuasan siswa. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode kuantitatif dengan teknik survey korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik multi stage random sampling.Responden dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi SMA Negeri yang berada diKabupaten Berau dengan populasi sebanyak 3486 siswa/i dan sampel sebanyak 171 siswa/i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolahdengan Kepuasan siswa. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan dengan kepuasan siswa. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolahdan pelayanan secara bersama-sama dengan kepuasan siswa.DOI: https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p001
PENGARUH KUALITAS LAYANAN UPT PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN DAN INTENSITAS PEMANFAATAN MAHASISWA Nurdini Hari Rizki
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.604 KB)

Abstract

Kualitas layanan perpustakaan merupakan salah satu indikator penting penerapan TQM dalam meraih kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan utama dalam pendidikan.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan dan intensitas pemanfaatan Mahasiswa FIP UM. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan kondisi kualitas layanan, kepuasan, dan intensitas pemanfaatan dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh signifikan kualitas layanan terhadap kepuasan dan kualitas layanan terhadap intensitas pemanfaatan. Walaupun demikian, penelitian ini membuktikan bahwa tingkat kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap intensitas pemanfaatan. Hal ini mengindikasikan kemungkinan terdapat faktor individual lain yang berperan dan perlu dipertimbangkan oleh peneliti lain dalam penelitian-penelitian yang akan datang. DOI : https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p041
PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PENGUATAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH Nur Agus Salim
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.616 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan efektivitas pengelolaan sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriftif dan inferensial. Pengecekan keabsahan data menggunakan validitas dan realibilitas instrumen yang akan digunakan dalam penelitian. Dari hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kemampuan manajerial terhadap efektivitas pengelolaan sekolah dengan hasil uji F = 430.332 dan uji t = 20.744 dengan nilai signifikansi 0,000. Kontribusi kemampuan manajerial terhadap variabel efektivitas pengelolaan sekolah adalah 0,606 yang dapat diinterpretasikan bahwa sebesar 60,6% varian efektivitas pengelolaan sekolah dapat dipengaruhi oleh variabel kemampuan manajerial dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan efektivitas pengelolaan dapat dilakukan dengan penguatan kemampuan manajerial kepala sekolah. DOI : https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p008
STRATEGI MEMBANGUN PERPUSTAKAAN YANG BERMUTU Supriyanto Supriyanto
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.356 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang disusun kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan guru dalam membangun perpustakaan yang bermutu di Sekolah Menengah Atas Nahdatul Ulama I Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, kepala perpustakaan, guru, pustakawan, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) strategi kepala sekolah adalah membangun komitmen dan kesadaran warga sekolah untuk bekerjasama memajukan perpustakaan, mengalokasikan dana yang besar untuk memajukan perpustakaan, menempatkan lokasi perpustakaan di tempat paling strategis, menjadikan perpustakan sebagai pusat sumber belajar dan kegiatan sekolah, rebranding nama perpustakaan, melengkapi fasilitas perpustakaan, memfasilitasi peningkatkan kompetensi pustakawan, dan membangun networking perpustakaan dengan berbagai lembaga; 2) strategi kepala perpustakaan adalah membangun kultur perpustakaan yang positif, mendesain perpustakaan berbasis minat peserta didik, membangun sistem informasi manajemen perpustakaan berbasis teknologi informasi, meningkatkan minat warga sekolah untuk berkunjung dan memanfaatkan layanan perpustakaan, mempromosikan koleksi perpustakaan ke warga sekolah; 3) strategi guru adalah melaksanakan proses pembelajaran di perpustakaan, mendorong pembelajaran mandiri di perpustakaan, membuat display karya siswa di perpustakaan, dan membuat perpustakaan kelas.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH Renny Retna Puspasari
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017): Vol. 2 No. 1 November 2017
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.395 KB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang partisipasi masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, pengecekan anggota, meningkatkan ketekunan, dan kecukupan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini yaitu masyarakat yang berpartisipasi dalam pelaksanaan program sekolah ialah orang tua murid, masyarakat terorganisasi, dan masyarakat umum. Partisipasi yang diberikan berupa gagasan, tenaga, materi, serta sarana dan prasarana.   

Page 1 of 1 | Total Record : 10