cover
Contact Name
Ponimin
Contact Email
ponimin.fs@um.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jadecs.journal@um.ac.id
Editorial Address
Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang Gedung E8 Ruang 206
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JADECS (Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies)
ISSN : 20884419     EISSN : 25486543     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
JADECS (Journal of Arts, Design, Art Education and Culture Studies) contains scientific articles of research, conceptual ideas, assessment, creation, learning, related to art, design, multimedia, and culture. The published articles prioritize the analysis of the results of the research, including: the results of study or art creation, educational studies and art learning, or socio-cultural studies linked to art, design and multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2018)" : 5 Documents clear
IDENTIFIKASI ILUSTRASI-TIPOGRAFI GRAPHIC VERNACULAR SEBAGAI SISTEM TANDA & IDENTITAS WARUNG TENDA DI KOTA MALANG Hermanto, Yon Ade Lose; Pahlevi, Andreas Shay; Sutrisno, Andika Agung
JADECS Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.441 KB)

Abstract

Kota Malang merupakan kota yang tengah berkembang dengan potensi dibidang pendidikan dan industri kreatif yang cukup besar, telah menjadi tujuan bagi masyarakat urban yang bermukim di kota-kota lain untuk sekadar belajar atau mencari mata pencaharian. Banyak sekali pendatang yang bermukim sementara atau menetap, karena memang Kota Malang disamping menjadi destinasi pendidikan, juga menjai destinasi wisata. Keberadaan masyarakat urban di Kota Malang membuat geliat ekonomi di kota ini juga terangkat. Termasuk usaha kuliner pinggir jalan. Warung-warung tenda dipinggir jalan tumbuh menjamur dengan beragam pilihan kuliner. Warung-warung tenda ini memiliki berbagai macam identitas ang dibuat dengan teknik mannual untuk dikenal dan diingat oleh masyarakat sebagai konsumennya. Karya-karya ini disebut dengan karya graphic vernacular, yang terdiri dari tipografi dan ilustrasi. Penelitian ini untuk mengkaji faktor-faktor yang bersangkutan dengan graphic vernacular yang dapat dijadikan sebagai alat identitas dan sistem tanda. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa graphic vernakular yang terdapat pada spanduk warung tenda dapat menjadi identitas sekaligus sistem tanda yang mudah untuk diidentifikasi masyarakat.
CITRA TUBUH PEREMPUAN DALAM LUKISAN KARYA LUNA DIAN SETYA Yulianto, Nanang; Yuliastuti, Ning
JADECS Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.441 KB)

Abstract

Subject matters perempuan dalam karya seni lukis terus hadir dalam wacana yang berbeda-beda, wacana yang satu melengkapi dan menguatkan wacana yang lainnya. Tubuh perempuan dalam beragam citra bagaikan magnet yang mendorong pelukis untuk terus menghadirkannya dalam lukisan yang dihasilkannya. Perspektif pelukis laki-laki dan perempuan tentunya berbeda pada saat mengkonstrksi citra perempuan yang diekpose dalam lukisannya. Luna dian Setya merupakan salah satu pelukis perempuan di Surakarta yang terus menghadirkan tubuh perempuan dalam lukisannya dengan beragam citra. Bertolak dari paparan tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut; 1) Apa yang menjadi latar belakang Luna Dian Setya dalam mengkonstruksi citra tubuh perempuan dalam lukisan?; 2) Citra tubuh perempuan bagaimana yang dihadirkan Luna Dian Setya pada lukisan. Berpijak pada permaasalahan tersebut, penulis menggunakan teori citra untuk mengungkap berbagai citra perempuan yang dihadirkan Luna Dian Setya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan bahwa keinginan Luna Dian Setya dalam menghadirkan tubuh perempuan pada lukisan didorong keinginan untuk mengkontekstualkan berbagai nilai kehidupan dalam cerita rakyat agar relevan dengan semangat jaman sekarang, serta upaya untuk melakukan resistensi dominasi para pelukis laki-laki yang mengangkat tubuh perempuan pada lukisan dalam citra erotis, vulgar dan sensual. Luna Dian Setya pada lukisannya menghadirkan tubuh perempuan yang bercitra keibuan, penyabar, tenang, lembut, penuh kasih sayang.
PENGEMBANGAN DESAIN INFORMASI DAN PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MELALUI MEDIA DIGITAL INTERAKTIF Fakhruddin, Dimas; Haswanto, Naomi; Sachari, Agus
JADECS Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.441 KB)

Abstract

Perkembangan aksara di Indonesia erat kaitannya dengan tradisi budaya serta bahasa yang berlaku dalam berbagai macam suku yang ada. Dimulai dari masuknya aksara Palawa hingga berkembang dan diolah sesuai dengan ciri khas budaya daerah masing-masing. Aksara Jawa yang lebih dikenal sebagai Hanacaraka atau Carakan merupakan salah satu dari beberapa warisan budaya Indonesia. Seiring perkembangan jaman, aksara Jawa perlahan demi perlahan mulai dilupakan oleh masyarakat, khususnya generasi muda. Dengan variasi ragam bentuk aksara Jawa yang khas, keindahan manuskripnya, serta nilai sejarah yang panjang menarik untuk diangkat sebagai sumber gagasan perancangan desain informasi aksara Jawa. Untuk mencapai hal tersebut, terlebih dahulu dilakukan proses penelitian dengan menggunakan pendekatan etnografi yang berangkat dari fenomena aksara Jawa yang ada di masyarakat. Observasi, studi literatur, dan wawancara etnografi dilakukan untuk proses pengumpulan data. Kemudian dilakukan analisa anatomi aksara Jawa secara tipografis untuk mendeskripsikan elemen-elemen aksara Jawa sesuai dengan terminologi yang relevan dengan konteks tipografi yang berlaku di Indonesia. Data tersebut menjadi dasar dalam perancangan desain informasi aksara Jawa yang mampu memberikan informasi tentang sejarah, ragam bentuk aksara, dan cara penulisannya. Sebuah desain informasi aksara Jawa dengan menggunakan media digital website adalah solusi yang efektif sebagai sebuah media alternatif untuk mengenal dan mempelajari aksara Jawa. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap pengguna menghasilkan presenetase sebesar 79,4% untuk aspek visual, 76,8% untuk aspek komunikatif, 80,9% untuk aspek pembelajaran dan 76,6% untuk aspek apresiasi.
KARAKTERISTIK DAN IMPLEMENTASI TANAH LIAT DI LUBUK ALUNG SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KERAMIK HIAS Akbar, Taufik; Prastawa, Wisnu
JADECS Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.441 KB)

Abstract

Tanah liat sebagai bahan baku keramk memiliki karakteristik berbeda-beda. Karakteristik suatu tanah liat berpengaruh pada kualitas sebuah karya keramik. Artikel ini adalah hasil penelitian karakteristik tanah liat di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman dan diimplementasikan menjadi bahan baku pembuatan keramik hias. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan kriya keramik. Penelitian ini menggunakan mentodologi penelitian tindakan serta mengimplementasikan tanah liat menjadi keramik hias. Tanah liat Lubuk Alung merupakan tanah jenis earthenware yang memiliki karakteristik kurang plastis, berwarna terakota dan memiliki perentase susut kering 10% serta susut bakar 11% (800°C). Tanah liat Lubuk Alung dicampur dengan tanah liat plastis daerah Talawi Sawahlunto  untuk dapat dijadikan bahan pembuatan keramik hias kategori tembikar.
KAJIAN VISUAL DESAIN KARAKTER PADA MASKOT KOTA MALANG Novica, Dimas Rifqi; Hidayat, Ima Kusumawati; Herwanto, Andhika Putra
JADECS Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.441 KB)

Abstract

Daya pikat dibutuhkan untuk mengalihkan perhatian audiens kepada desain, walaupun hanya sesaat. Daya pikat ini terdapat dalam semua bidang desain, terutama desain karakter. Salah satu contoh desain karakter adalah maskot. Malang merupakan kota pertama yang memiliki maskot yang dibuat dengan prosedur yang ideal, hasil dari kerjasama ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Chapter Malang dengan Barenlitbang Kota Malang. Osi dan Ji adalah Maskot Kota Malang dengan bentuk anthropomorphism dari hewan singa dan burung manyar sebagai lambang kota Malang. Penelitian ini mengkaji desain karakter maskot tersebut menggunakan prinsip karakter desain, yaitu: silhoutte, shape, proportion dan pose. Data yang didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi desain karakter maskot Kota Malang dikaji dengan metode kualitatif dengan pendekatan analisis visual. Keempat prinsip desain saling menguatkan keseluruhan makna bahasa visual yang terdapat pada desain karakter maskot tersebut sehingga daya pikatnya tinggi terhadap khalayak sasaran dengan rentang usia yang luas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5