cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Gedung E11 Jurusan Teknik Elektro, UNNES, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Komputika Journal
ISSN : 22526811     EISSN : 2599297X     DOI : https://doi.org/10.15294/edukomputika
Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang pendidikan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN SISTEM DIAGNOSIS PENYAKIT KEDELAI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR Farisi, Mizan Armanto; Djuniadi, Djuniadi
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedelai adalah salah satu hasil pertanian di Indonesia yang banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan pokok masyarakat. Selain biasa dimanfaatkan sebagai bahan membuat makanan, kedelai juga bisa di konsumsi langsung sebagai cemilan. Permintaan kedelai yang semakin tinggi mempengaruhi beberapa orang untuk mencoba membudidayakan kedelai, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang baru membudidayakan kedelai kurang memahami jenis penyakit yang bisa menyerang tanaman kedelai dan juga kurangnya pengetahuan bagaimana cara menanggulangi penyakit tersebut. Untuk membantu para petani yang baru membudidayakan kedelai perlu diberikan penyuluhan mengenai penyakit tanaman kedelai, namun seiring dengan perkembangan teknologi cara penyuluhan bisa dibuat dengan cara membuat sebuah sistem yang memberikan penyuluhan kepada para petani. Sistem yang dibutuhkan para petani adalah sistem yang bisa memberikan penyuluhan dan juga membantu para petani mendiagnosa penyakit tanaman kedelai yang sedang menyerang tanaman mereka. Fitur diagnosa yang terdapat dalam sistem diharapkan dapat membantu para petani dalam menanggulangi penyakit yang menyerang tanaman kedelai mereka. Soybean is one of the agricultural products in Indonesia, it’s usually used as the basic needs of society. Besides it can  used as an ingredient to make food, soy can also be consumed as a snack. Higher Soybean demand everytime influence some people to try to cultivate soybeans, but some people who just starting to cultivate soybean doesn’t understand type of disease that can attack soybean plants and also the lack of knowledge of how to cope with the disease. To help new farmers who cultivate soybeans should be given counseling about the disease of soybean plants, but along with the development of technology means the extension can be made in a way to make a system that provides counseling to farmers. The system that farmers needed is a system that can provide counseling and also help farmers diagnose soybean diseases that are attacking their plants. Features diagnoses contained in the system is expected to helsp farmers in tackling diseases that attack their soybean plants.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYULUHAN BUDIDAYA SAYUR MAYUR BERBASIS SMS GATEWAY Novianto, Dimas Agung; Djuniadi, Djuniadi
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa masalah pertanian yang terjadi adalah kurangnya wadah yang disediakan penyuluh untuk kepentingan para petani. Terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki penyuluh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, menyebabkan rendahnya mobilitas penyuluh dan kurang optimalnya pelayanan terhadap petani. Berdasarkan permasalahan tersebut maka muncul gagasan untuk mengembangkan sistem informasi penyuluhan berbasis SMS gateway. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan aplikasi sistem informasi penyuluhan budidaya sayur mayur berbasis sms gateway. Metode penelitian terdiri dari tahap pengumpulan data yang meliputi observasi dan studi pustaka serta tahap perancangan desain sistem secara lengkap. Hasil penelitian berupa desain sistem informasi penyuluhan budidaya sayur mayur bebasis sms gateway yang terdiri dari aplikasi server sebagai back office (web system administrator dan web system sms management), aplikasi user sebagai front office (layanan sistem informasi dan layanan sms interaktif) dan dilengkapi dengan fitur sms interaktif berupa layanan sms autoreply dan sms autoforward. Sistem informasi ini dapat digunakan oleh penyuluh dan sasaran penyuluhan sebagai sarana komunikasi dan pertukaran informasi/materi penyuluhan. Some of agricultures problems are the lack of a platform that provided by the instructor to the farmers interests . Limited facilities and infrastructures owned by instructor in the performance of duties and functions, causing low mobility and less services to farmers. Based on these problems then emerged the idea to develop counseling information system based SMS gateway . The purpose of this research is the application of counseling vegetable cultivation information systems planning sms gateway-based stuff. Research method consists of the collection of data that includes observation and study of literature and the stage of planning a complete system design. The research results is the design of counseling vegetable cultivation information systems based sms gateway consisting of a back office server applications (web systems administrator and web system sms management), application user as a front office (service information systems and interactive SMS service) and is equipped with sms interactive features form  sms AutoReply and sms autoforward. Information systems can be used by the instructor and target illumination as a means of communication and exchange of information / counseling materials.
PEMETAAN POLA HUBUNGAN PROGRAM STUDI DENGAN ALGORITMA APRIORI – STUDI KASUS SPMU UNNES Kurniawati, Anis
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan pilihan program studi mahasiswa baru Unnes menggunakan pendekatan algoritma apriori. Penelitian didesain dengan menggunakan model data mining CRISP-DM (Cross Industry Standart Process for Data Mining). Pemetaan pola hubungan program studi dibagi tiga kelompok pemetaan yaitu semua program studi pada SPMU tahun 2009-2011. Bidang saintek dan soshum pada SPMU tahun 2012-2013. Hasil pemetaan pola hubungan program studi pada semua program studi untuk tahun 2009-2011 adalah pemetaan pertama PG Paud, S1 dan Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, dengan nilai confidence 51,18%, pemetaan kedua Pend. Bahasa Jawa, S1 dan Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, dengan nilai confidence 42,87%, pemetaan ketiga Seni Rupa, S1 dan Pend. Seni Rupa, S1, dengan nilai confidence 40,91%, dan pemetaan keempat PJKR, S1 (PGPJSD) dan PJKR, S1, dengan nilai confidence 43,98%. Hasil pemetaan pola hubungan program studi pada bidang saintek untuk tahun 2012-2013 adalah Pend. Teknik Mesin, S1 dan Pend. Teknik Otomotif, S1, dengan nilai confidence 42,26%, dan Pend. Teknik Otomotif, S1 dan Pend. Teknik Mesin, S1, dengan nilai confidence 46,1%. Hasil pemetaan pola hubungan program studi pada bidang soshum untuk tahun 2012-2013 adalah PJKR, S1 (PGPJSD) dan PJKR, S1, dengan nilai confidence 58,6% dan Pend. Kepelatihan Olahraga, S1 dan PJKR, S1, dengan nilai confidence 56,82%. Pemetaan pola hubungan program studi dengan menggunakan algoritma apriori dapat diterapkan pada bidang pendidikan untuk memetakan kedekatan antar program studi pada Universitas Negeri Semarang. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memetakan pola hubungan program studi melalui jalur pendaftaran yang lainnya, dan dapat dikombinasikan dengan menggunakan algoritma yang lain. This study aims to determine the pattern of relations elective courses for new students Unnes priori algorithm approach. The study was designed by using data mining models CRISP-DM (Cross Industry Standard Process for Data Mining). Mapping patterns of relationship courses were divided into three groups, namely mapping all courses at SPMU 2009-2011. Saintek field and soshum at SPMU 2012-2013. Results of mapping patterns of relationships courses in all courses for the year 2009-2011 was the first PG Paud, S1 and Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, with a confidence value of 51.18%, the second mapping Pend. Bahasa Jawa, S1 and Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, with a confidence value of 42.87%, the third mapping Seni Rupa, S1 and Pend. Seni Rupa, S1, with a confidence value of 40.91%, and the fourth mapping PJKR, S1 (PGPJSD) and PJKR, S1, with a confidence value of 43.98%. Results of mapping patterns of relationships in the field Saintek courses for the year 2012-2013 is Pend. Teknik Mesin, S1 and Pend. Teknik Otomotif, S1, with a confidence value of 42.26%, and Pend. Teknik Otomotif, S1 and Pend. Teknik Mesin, S1, with a 46.1% confidence value. Results of mapping patterns of relationships in the field soshum courses for the year 2012-2013 is PJKR, S1 (PGPJSD) and PJKR, S1, with a confidence value of 58.6% and Pend. Kepelatiohan Olahraga, and PJKR S1, S1, with a confidence value of 56.82%. Mapping patterns of relationships courses by using the apriori algorithm can be applied to the field of education to map the closeness between program of study at the Semarang State University. Future studies are recommended to map the patterns of relationships through the course of study registration, and can be combined with other algorithms.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 Uliani, Rizki
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman mengembangkan sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, bagaimana pengujian sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, dan apakah sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 membantu guru dalam pengolahan nilai siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dan mengembangkan sistem guna memberikan penilaian hasil studi siswa, menguji kelayakan sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, serta membantu guru dalam pengolahan nilai siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah mempermudah guru dalam pengolahan nilai siswa dan proses penilaian menjadi lebih efektif dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam proses penelitian adalah system development life cycle (SDLC) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, operasi dan pemeliharaan. Pengujian sistem menggunakan blackbox testing dan review pengguna menggunakan angket terbuka. Selanjutnya akan ditarik suatu kesimpulan secara deskriptif. Blackbox testing memfokuskan pada penguian fungsionalitas sistem. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 dikembangkan untuk membantu guru dalam proses penilaian dan memberikan informasi nilai hasil studi siswa. Sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 dapat mempermudah guru dalam memberikan deskripsi atau catatan untuk setiap aspek mata pelajaran, serta membantu guru dalam perhitungan nilai sehingga menjadi lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan perhitungan nilai secara manual. The problem in this research was how to develop curriculum-based assessment information system of 2013, how the testing of curriculum-based assessment information system of 2013, and whether the information systems curriculum-based assessment in 2013 to help teachers in the processing of student grades. The purpose of this research was to build and develop a system to provide an assessment of the students results, test the feasibility of curriculum-based assessment information system of 2013, as well as assisting teachers in the processing of student grades. The benefit of this study was to facilitate the processing of teacher and student assessment processes become more effective and efficient. System development methods used in the research process is the system development life cycle (SDLC) which consists of several stages of system analysis, system design, system implementation, operation and maintenance. Testing systems used blackbox testing and user review used an open questionnaire. And then the result showed by conclusion descriptively. Blackbox testing focused on system functionality. From the research it can be concluded that the information systems curriculum-based assessment in 2013 was developed to assist teachers in the assessment process and informed result study. 2013 curriculum-based information systems could facilitate the teacher in providing a description or notes for every aspect of the subject, as well as assisting teachers in the calculation of the value so that it became faster and more accurate than the calculation of the value manually.
REKAYASA SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER Ahmad, Jihan Ali
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 telah dilaksanakan di sebagian sekolah. Dilihat dari aspek-aspek penilaiannya, kurikulum 2013 mempunyai aspek penilaian yang lebih banyak dari pada kurikulum sebelumnya. Dari belum adanya sistem informasi akademik berdasarkan kurikulum 2013 disusunlah penelitian ini yang bertujuan untuk merekayasa dan menguji sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan framework codeigniter. Metode yang digunakan untuk membuat sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 adalah model sekuensial linier yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. pada tahap analisis dilakukan dengan  mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada tahap desain digunakan desain sistem informasi menggunakan UML (Unified Modelling Language), desain database dan desain interface. Pada tahap pengkodean digunakan konsep OOP dengan memanfaatkan framework codeigniter. Pada tahap pengujian menggunakan blackbox dan performance testing. Pengujian blackbox untuk menguji fungsionalitas sistem informasi akademik dan performance testing dengan menggunakan Yslow dan pingdom. Setelah tahap pengujian selesai dilakukukan tahap user responses untuk memperoleh tanggapan dari pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi akademik sekolah yang dibuat dengan bantuan codeigniter menggunakan konsep MVC (Model view controller) dan mempunyai fitur penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Dan dari hasil pengujian, sistem informasi akademik sekolah Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem informasi akademik sekolah sudah berjalan sesuai fungsionalitas yang seharusnya, performa yang dihasilkan sudah baik, kecepatan akses normal dan sistem informasi akademik sekolah memperoleh tanggapan baik dari pengguna.Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 sudah memenuhi semua aspek penilaian pada kurikulum 2013 dan sudah bisa digunakan sebagai sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 di sekolah. Namun sistem informasi akademik sekolah belum ada fitur peringkat nilai dan edit profil user. Curriculum implementation in 2013 has been implemented in some schools. Viewed from the aspects of assessment, curriculum assessment in 2013 has more aspects than the previous curriculum. Of the lack of academic information system based curriculum in 2013 drafted of this research that aims to to engineer and test the information systems academic school based curriculum 2013 by using the CodeIgniter framework. The method used to make academic information system based on the school curriculum in 2013 is a linear sequential model which consists of four phases: analysis, design, coding, and testing. at this stage of the analysis conducted by collecting data through observation, interviews, and literature. Used at the design stage of information system design using UML (Unified Modeling Language), database design and interface design. At this stage of the encoding used OOP concepts by utilizing the CodeIgniter framework. In the testing phase using a blackbox and performance testing. Blackbox testing to test the functionality and performance of academic information system testing using Yslow and Pingdom. Once the testing phase is complete then added user phase responses to elicit a response from the user. The results of of this research are school academic information system are made with assistance CodeIgniter uses the concept of MVC (Model view controller) and features the 2013 curriculum and assessment based on the test results, school academic information system Based on the tests performed, the information system has been running the school academic functionality is supposed appropriate, the resulting performance is good, the speed of normal access and academic information systems school obtain a good response from the users. It can be concluded that the academic information system based on the school curriculum in 2013 has fulfilled all aspects of the curriculum assessment in 2013 and can now be used as a school of academic information system based on the school curriculum in 2013. However, information systems academic school no rank feature value and edit the user profile.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Perdani, Etika Wahyu
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi sistem pendukung keputusan untuk penerimaan siswa baru di SMK Negeri 2 Magelang dan untuk mengetahui penggunaan metode SAW (Simple Additive Weighting) dapat memudahkan  proses penerimaan siswa baru serta dapat memberikan hasil yang lebih akurat daripada menggunakan Excel. Metode pengembangan sistem menggunakan metode analisis terstruktur dan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency And Service). Metode perhitungan Sistem Pendukung Keputusan menggunakan SAW (Simple Additive Weighting). Objek yang diteliti yaitu kelayakan sistem yang meliputi aspek komunikasi visual dan aspek rekayasa perangkat lunak. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah pengujian black box dan analisis PIECES serta validasi sistem menggunakan angket. Penelitian ini menghasilkan bahwa bahwa pembuatan sistem ini dapat melalui tahap perencanaan website (identifikasi kebutuhan sistem, perencanaan sistem, perencanaan database dan perencanaan interface), tahap pembuatan website (pembuatan database dan penulisan kode) serta tahap pengujian (validasi). Disimpulkan bahwa dalam penggunaannya sistem ini mampu berjalan baik sesuai dengan fungsi masukkan dan keluarannya serta mampu memberikan hasil yang lebih baik karena sistem ini lebih terstruktur dan sistematis  serta keakuratannya dengan nilai data lima angka desimal dibelakang koma yang dapat digunakan untuk meminimalisir adanya kesamaan dalam perhitungan hasil akhir pendaftar. The purpose of this research is to build a decision support system applications for new students at SMK Negeri 2 Magelang and to determine the use of the method SAW (Simple Additive Weighting) can facilitate new admissions process and can provide more accurate results than using Excel. Systems development method using structured analysis and PIECES analysis (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency And Service). Calculation method of Decision Support System using SAW (Simple Additive Weighting). The object under study is the feasibility of a system that includes aspects of visual communication and software engineering aspects. System testing method used is black box testing and analysis PIECES and system validation using a questionnaire. This study resulted in that that making this system can through the website planning phase (identification of system requirements, system planning, planning and planning database interface), website creation stage (database creation and writing code) and testing phase (validation). It was concluded that the use of this system is capable of running well in accordance with the insert function and output and is able to provide better results because the system is more structured and systematic as well as the accuracy with five data values ​​decimal digits after the decimal that can be used to minimize the similarity in the calculation of the final result registrants.  
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYULUHAN BUDIDAYA SAYUR MAYUR BERBASIS SMS GATEWAY
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v1i1.4118

Abstract

Beberapa masalah pertanian yang terjadi adalah kurangnya wadah yang disediakan penyuluh untuk kepentingan para petani. Terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki penyuluh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, menyebabkan rendahnya mobilitas penyuluh dan kurang optimalnya pelayanan terhadap petani. Berdasarkan permasalahan tersebut maka muncul gagasan untuk mengembangkan sistem informasi penyuluhan berbasis SMS gateway. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan aplikasi sistem informasi penyuluhan budidaya sayur mayur berbasis sms gateway. Metode penelitian terdiri dari tahap pengumpulan data yang meliputi observasi dan studi pustaka serta tahap perancangan desain sistem secara lengkap. Hasil penelitian berupa desain sistem informasi penyuluhan budidaya sayur mayur bebasis sms gateway yang terdiri dari aplikasi server sebagai back office (web system administrator dan web system sms management), aplikasi user sebagai front office (layanan sistem informasi dan layanan sms interaktif) dan dilengkapi dengan fitur sms interaktif berupa layanan sms autoreply dan sms autoforward. Sistem informasi ini dapat digunakan oleh penyuluh dan sasaran penyuluhan sebagai sarana komunikasi dan pertukaran informasi/materi penyuluhan. Some of agriculture's problems are the lack of a platform that provided by the instructor to the farmer's interests . Limited facilities and infrastructures owned by instructor in the performance of duties and functions, causing low mobility and less services to farmers. Based on these problems then emerged the idea to develop counseling information system based SMS gateway . The purpose of this research is the application of counseling vegetable cultivation information systems planning sms gateway-based stuff. Research method consists of the collection of data that includes observation and study of literature and the stage of planning a complete system design. The research results is the design of counseling vegetable cultivation information systems based sms gateway consisting of a back office server applications (web systems administrator and web system sms management), application user as a front office (service information systems and interactive SMS service) and is equipped with sms interactive features form  sms AutoReply and sms autoforward. Information systems can be used by the instructor and target illumination as a means of communication and exchange of information / counseling materials.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v1i1.4119

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman mengembangkan sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, bagaimana pengujian sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, dan apakah sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 membantu guru dalam pengolahan nilai siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dan mengembangkan sistem guna memberikan penilaian hasil studi siswa, menguji kelayakan sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, serta membantu guru dalam pengolahan nilai siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah mempermudah guru dalam pengolahan nilai siswa dan proses penilaian menjadi lebih efektif dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam proses penelitian adalah system development life cycle (SDLC) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, operasi dan pemeliharaan. Pengujian sistem menggunakan blackbox testing dan review pengguna menggunakan angket terbuka. Selanjutnya akan ditarik suatu kesimpulan secara deskriptif. Blackbox testing memfokuskan pada penguian fungsionalitas sistem. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 dikembangkan untuk membantu guru dalam proses penilaian dan memberikan informasi nilai hasil studi siswa. Sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 dapat mempermudah guru dalam memberikan deskripsi atau catatan untuk setiap aspek mata pelajaran, serta membantu guru dalam perhitungan nilai sehingga menjadi lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan perhitungan nilai secara manual. The problem in this research was how to develop curriculum-based assessment information system of 2013, how the testing of curriculum-based assessment information system of 2013, and whether the information systems curriculum-based assessment in 2013 to help teachers in the processing of student grades. The purpose of this research was to build and develop a system to provide an assessment of the students' results, test the feasibility of curriculum-based assessment information system of 2013, as well as assisting teachers in the processing of student grades. The benefit of this study was to facilitate the processing of teacher and student assessment processes become more effective and efficient. System development methods used in the research process is the system development life cycle (SDLC) which consists of several stages of system analysis, system design, system implementation, operation and maintenance. Testing systems used blackbox testing and user review used an open questionnaire. And then the result showed by conclusion descriptively. Blackbox testing focused on system functionality. From the research it can be concluded that the information systems curriculum-based assessment in 2013 was developed to assist teachers in the assessment process and informed result study. 2013 curriculum-based information systems could facilitate the teacher in providing a description or notes for every aspect of the subject, as well as assisting teachers in the calculation of the value so that it became faster and more accurate than the calculation of the value manually.
REKAYASA SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v1i1.4120

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 telah dilaksanakan di sebagian sekolah. Dilihat dari aspek-aspek penilaiannya, kurikulum 2013 mempunyai aspek penilaian yang lebih banyak dari pada kurikulum sebelumnya. Dari belum adanya sistem informasi akademik berdasarkan kurikulum 2013 disusunlah penelitian ini yang bertujuan untuk merekayasa dan menguji sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan framework codeigniter. Metode yang digunakan untuk membuat sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 adalah model sekuensial linier yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. pada tahap analisis dilakukan dengan  mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada tahap desain digunakan desain sistem informasi menggunakan UML (Unified Modelling Language), desain database dan desain interface. Pada tahap pengkodean digunakan konsep OOP dengan memanfaatkan framework codeigniter. Pada tahap pengujian menggunakan blackbox dan performance testing. Pengujian blackbox untuk menguji fungsionalitas sistem informasi akademik dan performance testing dengan menggunakan Yslow dan pingdom. Setelah tahap pengujian selesai dilakukukan tahap user responses untuk memperoleh tanggapan dari pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi akademik sekolah yang dibuat dengan bantuan codeigniter menggunakan konsep MVC (Model view controller) dan mempunyai fitur penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Dan dari hasil pengujian, sistem informasi akademik sekolah Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem informasi akademik sekolah sudah berjalan sesuai fungsionalitas yang seharusnya, performa yang dihasilkan sudah baik, kecepatan akses normal dan sistem informasi akademik sekolah memperoleh tanggapan baik dari pengguna.Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 sudah memenuhi semua aspek penilaian pada kurikulum 2013 dan sudah bisa digunakan sebagai sistem informasi akademik sekolah berdasarkan kurikulum 2013 di sekolah. Namun sistem informasi akademik sekolah belum ada fitur peringkat nilai dan edit profil user. Curriculum implementation in 2013 has been implemented in some schools. Viewed from the aspects of assessment, curriculum assessment in 2013 has more aspects than the previous curriculum. Of the lack of academic information system based curriculum in 2013 drafted of this research that aims to to engineer and test the information systems academic school based curriculum 2013 by using the CodeIgniter framework. The method used to make academic information system based on the school curriculum in 2013 is a linear sequential model which consists of four phases: analysis, design, coding, and testing. at this stage of the analysis conducted by collecting data through observation, interviews, and literature. Used at the design stage of information system design using UML (Unified Modeling Language), database design and interface design. At this stage of the encoding used OOP concepts by utilizing the CodeIgniter framework. In the testing phase using a blackbox and performance testing. Blackbox testing to test the functionality and performance of academic information system testing using Yslow and Pingdom. Once the testing phase is complete then added user phase responses to elicit a response from the user. The results of of this research are school academic information system are made with assistance CodeIgniter uses the concept of MVC (Model view controller) and features the 2013 curriculum and assessment based on the test results, school academic information system Based on the tests performed, the information system has been running the school academic functionality is supposed appropriate, the resulting performance is good, the speed of normal access and academic information systems school obtain a good response from the users. It can be concluded that the academic information system based on the school curriculum in 2013 has fulfilled all aspects of the curriculum assessment in 2013 and can now be used as a school of academic information system based on the school curriculum in 2013. However, information systems academic school no rank feature value and edit the user profile.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v1i1.4121

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi sistem pendukung keputusan untuk penerimaan siswa baru di SMK Negeri 2 Magelang dan untuk mengetahui penggunaan metode SAW (Simple Additive Weighting) dapat memudahkan  proses penerimaan siswa baru serta dapat memberikan hasil yang lebih akurat daripada menggunakan Excel. Metode pengembangan sistem menggunakan metode analisis terstruktur dan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency And Service). Metode perhitungan Sistem Pendukung Keputusan menggunakan SAW (Simple Additive Weighting). Objek yang diteliti yaitu kelayakan sistem yang meliputi aspek komunikasi visual dan aspek rekayasa perangkat lunak. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah pengujian black box dan analisis PIECES serta validasi sistem menggunakan angket. Penelitian ini menghasilkan bahwa bahwa pembuatan sistem ini dapat melalui tahap perencanaan website (identifikasi kebutuhan sistem, perencanaan sistem, perencanaan database dan perencanaan interface), tahap pembuatan website (pembuatan database dan penulisan kode) serta tahap pengujian (validasi). Disimpulkan bahwa dalam penggunaannya sistem ini mampu berjalan baik sesuai dengan fungsi masukkan dan keluarannya serta mampu memberikan hasil yang lebih baik karena sistem ini lebih terstruktur dan sistematis  serta keakuratannya dengan nilai data lima angka desimal dibelakang koma yang dapat digunakan untuk meminimalisir adanya kesamaan dalam perhitungan hasil akhir pendaftar. The purpose of this research is to build a decision support system applications for new students at SMK Negeri 2 Magelang and to determine the use of the method SAW (Simple Additive Weighting) can facilitate new admissions process and can provide more accurate results than using Excel. Systems development method using structured analysis and PIECES analysis (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency And Service). Calculation method of Decision Support System using SAW (Simple Additive Weighting). The object under study is the feasibility of a system that includes aspects of visual communication and software engineering aspects. System testing method used is black box testing and analysis PIECES and system validation using a questionnaire. This study resulted in that that making this system can through the website planning phase (identification of system requirements, system planning, planning and planning database interface), website creation stage (database creation and writing code) and testing phase (validation). It was concluded that the use of this system is capable of running well in accordance with the insert function and output and is able to provide better results because the system is more structured and systematic as well as the accuracy with five data values ​​decimal digits after the decimal that can be used to minimize the similarity in the calculation of the final result registrants.  

Page 1 of 2 | Total Record : 12