cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Gedung E11 Jurusan Teknik Elektro, UNNES, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Komputika Journal
ISSN : 22526811     EISSN : 2599297X     DOI : https://doi.org/10.15294/edukomputika
Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang pendidikan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZENER DIODE SPECIFICATION BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA Asmaraning, Dwi; Wiyardi, Rafael Sri
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata kuliah elektronika di jurusan Teknik Elektro Unnes mempunyai alat HBE-B3E. Namun alat praktikum tersebut jumlahnya terbatas. Keterbatasan jumlah alat tersebut menjadi kendala tersendiri bagi mahasiswa untuk mempelajari materi dioda zener. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash untuk menunjang mata kuliah elektronika dan apakah media pembelajaran layak digunakan untuk menunjang mata kuliah elektronika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash dan melakukan uji kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pengujian dilakukan oleh ahli media dan ahli  materi kemudian dilanjutkan dengan uji produk pada mahasiswa. Pengambilan data dari responeden menggunakan metode angket dengan menggunakan skala likert. Media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai Zener Diode Specification berbasis flash dibuat melalui lima tahap yaitu mempelajari cara kerja alat praktikum HBE-B3E, menyusun komponen animasi media pembelajaran, membuat komponen tampilan menu utama, membuat simulasi dioda zener, dan menyusun materi dan komponen-komponen pendukung dari media. Pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan skor 84,28% yang masuk dalam kategori setuju. Pada uji kelayakan ahli media mendapatkan skor 80% yang masuk dalam kategori setuju. Hasil penelitian pada mahasiswa menunjukkan pada aspek kelayakan hasil program mendapat skor 76% yang masuk dalam kategori setuju. Pada aspek keefektifan bagi mahasiswa mendapat skor 77,39% yang masuk dalam kategori setuju. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Zener Diode Specification berbasis flash layak digunakan sebagai media penunjang mata kuliah elektronika.  Electronics courses at the Department of Electrical Engineering Unnes have HBE-B3E tool. However, the number of practical tools is limited. The limited number of these tools becomes a problem for students to learn the material of zener diode. Issues raised in this research is how the media learning lab tool HBE-B3E about material Zener Diode Specification flash-based courses to support the electronics and if feasible instructional media used to support the electronic courses. The purpose of this research is to make learning mediaHBE-B3E tool lab about Zener Diode Specification based-flashmaterialand do expediency experiment study. The method which is used in this research is the Research and Development (R & D). The experiment is done by media and materials expertsthen continued with the product test on the students.Taking over data from respondent use questionnaires with likert scale. Instructional lab tool HBE-B3E media about Zener Diode Specification-based flash is made through five stages: studying the workings of HBE-B3E practical tools, compose an animation component of instructional media, making the main menu display components, making simulation zener diode, and compose materials and supporting components of the media. In the materials feasability test get score 84.28% are included agree category. In the media feasability test get a score 80% are included in the agree category. Results of research on college students show the feasibility aspect of the program results get score 76% are included in the agree category. In the effective aspect for student get score of 77.39% in category of agree. So it can be concluded that the instructional Zener Diode Specification media fit to use as supporting media electronics courses.
PEMILIHAN FEATURE DENGAN CHI SQUARE DALAM ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI BERITA Rahmad, Alfian Nur; Pribadi, Feddy Setio
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Klasifikasi berita secara manual tidak mungkin dilakukan. Klasifikasi otomatis banyak dilakukan dengan algoritma naïve bayes, tetapi jumlah feature kata yang banyak dapat mengurangi akurasi klasifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, pengaruh dan nilai recall, precision, f-measure dan akurasi dari pemilihan feature Chi Square terhadap kinerja algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan teks berita secara otomatis. Pada penelitian ini diterapkan teknik pemilihan feature dengan Chi Square dalam Algoritma Naïve Bayes. Data penelitian diambil dari www.kompas.com sebanyak 1350 buah sebagai data latih dan 150 buah sebagai data uji. Pengujian dilakukan dengan mengklasifikasikan berita tanpa pemilihan feature Chi Square dan mengklasifikasikan berita dengan menerapkan pemilihan feature Chi Square dengan taraf nyata α 0.05, 0.01, 0.005, dan 0.001. Selanjutnya akan dievaluasi dengan metode evaluasi recall, precision, f-measure dan akurasi. Dari klasifikasi berita otomatis tanpa pemilihan feature yang dilakukan, diperoleh hasil recall 96.67%, precision 96.75%, f-measure 96.68% dan akurasi 96.67%. Sedangkan klasifikasi berita dengan pemilihan feature menggunakan chi square pada taraf nyata α 0.05, 0.01, 0.005, dan 0.001 diperoleh hasil yang sama yaitu recall 98%, precision 98%, f-measure 97.99%, dan akurasi 98%. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa pemilihan feature menggunakan chi square dapat mempengaruhi kinerja algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan berita secara otomatis. Classification of news manually impossible. Automatic classification lot to do with the naïve Bayes algorithm, but the number of words that many features can reduce the accuracy of the classification. This study aims to determine the application, influence and value of recall, precision, f-measure and accuracy of election Chi Square feature of the performance Naïve Bayes algorithm to automatically classify news text. In this study feature selection techniques applied by Chi Square in Naïve Bayes algorithm. Data were taken from as many as 1350 pieces www.kompas.com as training data and 150 as test data. Testing is done by classifying feature election news without Chi Square and classifying news by applying the Chi Square feature selection with significance level α 0:05, 0:01, 0.005, and 0.001. Next will be evaluated by the evaluation method of recall, precision, f-measure and accuracy. Automatic classification of news without selecting a feature that is done, the result recall 96.67%, 96.75% precision, f-measure 96.68% and 96.67% accuracy. While the classification of news with feature selection using the chi square on the real level α 0:05, 0:01, 0005, and 0001 obtained the same result, namely 98% recall, 98% precision, f-measure 97.99%, and accuracy 98%. From these results, it is known that the selection of the feature using the chi square can affect the performance Naïve Bayes algorithm to automatically classify news.
APLIKASI NUSA (NUTRITION STATUS ASSESMENT) UNTUK PENILAIAN STATUS GIZI BALITA BERDASAR STANDAR WHO 2005 Saripah, Chumi Datus; Mulwinda, Anggraini
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi NUSA (Nutrition Status Assesment) yang dapat digunakan dalam penilaian status gizi balita berdasar standar WHO 2005 beserta fungsi rekapitulasi datanya menggunakan java desktop application. Metode dalam penelitian ini yaitu waterfall, yang mengusulkan alur sistematik secara linear, dengan pendekatan sekuensial untuk mengembangkan perangkat lunak. Alur yang diusulkan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Communication, dilakukan dengan mengumpulkan data dan memahami sistem yang telah ada, sehingga dapat diketahui spesifikasi permasalahan dan kebutuhan ahli gizi dalam melakukan penilaian status gizi balita. Planning, dilakukan dengan menentukan tempat dan waktu penelitian serta mempersiapkan perangkat yang dibutuhkan. Modelling, dilakukan dengan model analisis dan desain. Construction merupakan tahap pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, NetBeans sebagai IDE-nya serta SQLite sebagai pengelola basis datanya dan pengujian aplikasi dengan pengujian white box. Tahap deployment dilakukan dengan menyerahkan aplikasi kepada ahli gizi Puskesmas Sekaran yang merupakan pengguna aplikasi. Pengujian dilakukan oleh ahli gizi di Puskesmas Sekaran yang merupakan pengguna dari aplikasi. Pengujian yang dilakukan memberikan hasil bahwa aplikasi NUSA yang dibangun menggunakan java desktop application dengan metode waterfall yang tahapannya meliputi communication, planning, modeling, construction, dan deployment dapat digunakan untuk membantu penilaian status gizi balita yang berdasar pada standar WHO 2005 serta mampu memberikan rekapitulasi datanya. This study aims are to build NUSA (Nutrition Status Assessment) application which can be used in the assessment of nutritional status of children based on WHO 2005 standards with a recapitulation function data using Java desktop application.The method in this research is waterfall, which proposes a systematic flow linearly, with the sequential approach to develop software. The proposed groove that are communication, planning, modeling, construction, and deployment. Communication, conducted by collecting data and understanding the existing system so that it can be seen the specific problems and needs of nutritionist in assessing the nutritional status of children. Planning, conducted by determining the place and time of study and prepare the necessary tools. Modeling, conducted by analysis model and design. Construction is a phase encoding using Java programming language, NetBeans as the IDE and SQLite as its database manager and application testing with white-box testing. Deployment phase is done by submitting an application to the nutritionist of PHC Sekaran who are users of the application.Tests conducted by a nutritionist at the PHC Sekaran have now who are users of the application. Tests conducted gives the result that NUSA applications developed using Java.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ENGLISH LISTENING SKILL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI “SMARTY WAY” BERBASIS ANDROID Ariputri, Galuh Puspita; Supraptono, Eko
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan sebuah aplikasi android yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran listening bahasa Inggris, mengimplementasi aplikasi tersebut dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling menggunakan rumus Isaac dan Michael dan didapatkan responden 37 siswa kelas XI di SMA Negeri Banyumas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji-t untuk menguji hipotesis dan Uji Gain untuk mengetahui signifikansi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi android. Simpulan dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan siswa dapat memahami dan menggunakan aplikasi android dengan baik serta mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran  The purpose of this study was to determine how to develop an android application that can be used to support the learning of English listening, implementing such applications in order to improve learning outcomes and student interest. Sampling was done by purposive sampling using formulas Isaac and Michael and obtained the respondents 37 students of class XI SMA in Banyumas. Data collection instruments used are tests and questionnaires. The analysis technique used is the t-test to test the hypothesis and Gain Test to determine the significance of improving student learning outcomes after learning performed using android application. The conclusions of this study is overall student can understand and use android application well and experienced a significant increase in learning outcomes after learning implemented.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENENTUKAN PERINGKAT SISWA BERDASARKAN NILAI HARD SKILL DAN SOFT SKILL Karunika, Tineke; Sudana, I Made
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penentuan peringkat, wali kelas dihadapkan pada tugas untuk menyampaikan informasi atau melaporkan urutan/peringkat para peserta didiknya. Kesulitan yang dihadapi antara lain wali kelas kesulitan menentukan ranking dengan banyak siswa karena jangka waktu penentuan peringkat sangatlah singkat. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang bisa membantu wali kelas untuk menentukan peringkat siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan peringkat siswa. Apakah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) valid. Apakah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat membantu wali kelas dalam menentukan peringkat siswa. Tujuan penelitian ini dapat dibuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan peringkat siswa. Aplikasi dapat diuji validitasnya. Dapat membantu wali kelas untuk menentukan peringkat siswa. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu metode Research and Development (R & D). Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Bergas. Validasi sistem dilakukan oleh dosen pakar dari Jurusan Elektro untuk uji internal, dan Waka Kurikulum SMA N 1 Bergas untuk uji eksternal dengan menggunakan instrumen berupa angket yang hasilnya disimpulkan secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan penentuan peringkat siswa dengan metode AHP dibuat dalam beberapa proses yaitu merencanakan Model Konseptual atau Model Teoritis, Model Hipotetik, Model Empirik dan Model Akhir. Metode penghitungan sistem dibuat dengan metode AHP. Berdasarkan analisis dengan deskriptif persentase, hasil validasi internal adalah sebesar 75,56% dan termasuk dalam kategori Valid. Sedangkan validasi eksternal memperoleh hasil 81,67% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid. Hasil uji coba pada wali kelas sebesar 84,6% termasuk dalam kategori Sangat Valid. Dapat disimpulkan bahwa dapat dibuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan peringkat siswa Berdasarkan hasil validasi internal dan eksternal, aplikasi sistem pendukung keputusan ini dapat dinyatakan valid. Aplikasi layak dan dapat membantu wali kelas dalam menentukan peringkat siswa. Saran yang diberikan yaitu sistem dapat dikembangkan sehingga tidak terdapat peringkat yang kosong jika ada peringkat yang sama serta perlu dikembangan dengan penambahan kriteria dan subkriteria lainnya. On determining student’s rank, class teachers are faced for giving information or reporting their student’s rank. The difficulty that they have is to determine student’s rank in a short time while there are large number of students. Based on that situation, class teachers need a system which could help them for determining student’s rank. The problem in this research is how to make decision supporting system using analytical hierarchy process (ahp) method for determining student’s rank. This research is purposed to get information whether the application of Decision Supporting System using analytical hierarchy process is valid and be able to help for determining student’s rank. The purpose of this research is be able to make Decision Supporting System for determining student’s rank. The validity of this application could be tested and be able to help class teachers to determine their student’s rank. The method which used to develop this system is research and development method. The research is done in SMAN 1 Bergas. System validation is done by lecturer from Electrical Engineering program for internal test, and the head of curriculum of SMAN 1 Bergas for external test by using instrument that can be concluded with percentage descriptive. The result of this research show that the system is made from some processes which are Conceptual Model, Hypothetic Model, Empirical Model, and Final Model. System calculation method is made with AHP method. Based on some analysis using percentage descriptive, the internal validity result is 75,56%, so that the score is valid. And either for external validation which is 81.67% and validation result for class teacher which is 84,6%. Based on those conclusions, this decision supporting system is valid. The application is worthy and could help the class teachers for determining student’s rank. The advice for this research is the system can be developed by adding another criterias and sub-criterias.
IMPLEMENTASI PENGOPTIMALAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN NORTH WEST CORNER METHOD (NWCM) DAN STEPPING STONE METHOD (SSM) UNTUK DISTRIBUSI RASKIN PADA PERUM BULOG SUB DIVRE SEMARANG Fatimah, Nur Laely; Wibawanto, Hari
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pengoptimalan biaya transportasi dengan metode transportasi yaitu north west corner method (NWCM) dan stepping stone method (SSM) ke dalam sebuah program. Metode perancangan dan pengembangan program NWCM dan SSM menggunakan model waterfall. Objek yang diteliti yaitu program NWCM dan SSM dengan uji keberfungsian program menggunakan uji black box, uji perbandingan 39 data dengan program standar yaitu QM for windows dan uji data kasus menghitung biaya optimal dengan dengan program yang dibuat pada Perum Bulog Sub Divre Semarang bulan Februari 2015. Hasil penelitian secara signifikan menunjukkan bahwa hasil perhitungan antara program NWCM dan SSM dengan program QM for windows sama. Hasil perhitungan dengan program NWCM dan SSM membuktikan bahwa biaya transportasi lebih optimal daripada biaya yang diperhitungkan oleh Perum Bulog Sub Divre Semarang, sehingga dapat menghemat biaya sebesar Rp. 19.265.088 atau 1,68%. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini, program ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam menerapkan perhitungan biaya transportasi secara optimal pada Perum Bulog Sub Divre Semarang. The objective of this study is to apply transportation cost optimally with transportation methods, North West Corner Method (NWCM) and Stepping Stone Method (SSM) in a program. The plan method and NWCM and SSM program development are using waterfall model. The objects of the research are NWCM and SSM program with function test using black box test, comparing 39 data test with standard programs which are QM for windows and case data test counting optimal charge using a program made by Perum Bulog Sub Divre Semarang in Febuary 2015. The result shows significantly that the calculation results for NWCM program, SSM program and QM for windows program are same. The calculation of NWCM and SSM program proves that transportation cost is more optimal than the calculation cost by Perum Bulog Sub Divre Semarang, and they can press the expenses till Rp. 19.265.088 or 1,68%. The conclusion and suggestion from this study is that this program can be an alternative in applying tranportation cost calculation optimally in Perum Bulog Sub Divre Semarang.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENENTUKAN PERINGKAT SISWA BERDASARKAN NILAI HARD SKILL DAN SOFT SKILL
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v2i1.7812

Abstract

Dalam penentuan peringkat, wali kelas dihadapkan pada tugas untuk menyampaikan informasi atau melaporkan urutan/peringkat para peserta didiknya. Kesulitan yang dihadapi antara lain wali kelas kesulitan menentukan ranking dengan banyak siswa karena jangka waktu penentuan peringkat sangatlah singkat. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang bisa membantu wali kelas untuk menentukan peringkat siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan peringkat siswa. Apakah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) valid. Apakah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat membantu wali kelas dalam menentukan peringkat siswa. Tujuan penelitian ini dapat dibuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan peringkat siswa. Aplikasi dapat diuji validitasnya. Dapat membantu wali kelas untuk menentukan peringkat siswa. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu metode Research and Development (R & D). Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Bergas. Validasi sistem dilakukan oleh dosen pakar dari Jurusan Elektro untuk uji internal, dan Waka Kurikulum SMA N 1 Bergas untuk uji eksternal dengan menggunakan instrumen berupa angket yang hasilnya disimpulkan secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan penentuan peringkat siswa dengan metode AHP dibuat dalam beberapa proses yaitu merencanakan Model Konseptual atau Model Teoritis, Model Hipotetik, Model Empirik dan Model Akhir. Metode penghitungan sistem dibuat dengan metode AHP. Berdasarkan analisis dengan deskriptif persentase, hasil validasi internal adalah sebesar 75,56% dan termasuk dalam kategori Valid. Sedangkan validasi eksternal memperoleh hasil 81,67% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid. Hasil uji coba pada wali kelas sebesar 84,6% termasuk dalam kategori Sangat Valid. Dapat disimpulkan bahwa dapat dibuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan peringkat siswa Berdasarkan hasil validasi internal dan eksternal, aplikasi sistem pendukung keputusan ini dapat dinyatakan valid. Aplikasi layak dan dapat membantu wali kelas dalam menentukan peringkat siswa. Saran yang diberikan yaitu sistem dapat dikembangkan sehingga tidak terdapat peringkat yang kosong jika ada peringkat yang sama serta perlu dikembangan dengan penambahan kriteria dan subkriteria lainnya. On determining student’s rank, class teachers are faced for giving information or reporting their student’s rank. The difficulty that they have is to determine student’s rank in a short time while there are large number of students. Based on that situation, class teachers need a system which could help them for determining student’s rank. The problem in this research is how to make decision supporting system using analytical hierarchy process (ahp) method for determining student’s rank. This research is purposed to get information whether the application of Decision Supporting System using analytical hierarchy process is valid and be able to help for determining student’s rank. The purpose of this research is be able to make Decision Supporting System for determining student’s rank. The validity of this application could be tested and be able to help class teachers to determine their student’s rank. The method which used to develop this system is research and development method. The research is done in SMAN 1 Bergas. System validation is done by lecturer from Electrical Engineering program for internal test, and the head of curriculum of SMAN 1 Bergas for external test by using instrument that can be concluded with percentage descriptive. The result of this research show that the system is made from some processes which are Conceptual Model, Hypothetic Model, Empirical Model, and Final Model. System calculation method is made with AHP method. Based on some analysis using percentage descriptive, the internal validity result is 75,56%, so that the score is valid. And either for external validation which is 81.67% and validation result for class teacher which is 84,6%. Based on those conclusions, this decision supporting system is valid. The application is worthy and could help the class teachers for determining student’s rank. The advice for this research is the system can be developed by adding another criterias and sub-criterias.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZENER DIODE SPECIFICATION BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v2i1.7817

Abstract

Mata kuliah elektronika di jurusan Teknik Elektro Unnes mempunyai alat HBE-B3E. Namun alat praktikum tersebut jumlahnya terbatas. Keterbatasan jumlah alat tersebut menjadi kendala tersendiri bagi mahasiswa untuk mempelajari materi dioda zener. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash untuk menunjang mata kuliah elektronika dan apakah media pembelajaran layak digunakan untuk menunjang mata kuliah elektronika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash dan melakukan uji kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pengujian dilakukan oleh ahli media dan ahli  materi kemudian dilanjutkan dengan uji produk pada mahasiswa. Pengambilan data dari responeden menggunakan metode angket dengan menggunakan skala likert. Media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai Zener Diode Specification berbasis flash dibuat melalui lima tahap yaitu mempelajari cara kerja alat praktikum HBE-B3E, menyusun komponen animasi media pembelajaran, membuat komponen tampilan menu utama, membuat simulasi dioda zener, dan menyusun materi dan komponen-komponen pendukung dari media. Pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan skor 84,28% yang masuk dalam kategori setuju. Pada uji kelayakan ahli media mendapatkan skor 80% yang masuk dalam kategori setuju. Hasil penelitian pada mahasiswa menunjukkan pada aspek kelayakan hasil program mendapat skor 76% yang masuk dalam kategori setuju. Pada aspek keefektifan bagi mahasiswa mendapat skor 77,39% yang masuk dalam kategori setuju. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Zener Diode Specification berbasis flash layak digunakan sebagai media penunjang mata kuliah elektronika.  Electronics courses at the Department of Electrical Engineering Unnes have HBE-B3E tool. However, the number of practical tools is limited. The limited number of these tools becomes a problem for students to learn the material of zener diode. Issues raised in this research is how the media learning lab tool HBE-B3E about material Zener Diode Specification flash-based courses to support the electronics and if feasible instructional media used to support the electronic courses. The purpose of this research is to make learning mediaHBE-B3E tool lab about Zener Diode Specification based-flashmaterialand do expediency experiment study. The method which is used in this research is the Research and Development (R & D). The experiment is done by media and materials expertsthen continued with the product test on the students.Taking over data from respondent use questionnaires with likert scale. Instructional lab tool HBE-B3E media about Zener Diode Specification-based flash is made through five stages: studying the workings of HBE-B3E practical tools, compose an animation component of instructional media, making the main menu display components, making simulation zener diode, and compose materials and supporting components of the media. In the materials feasability test get score 84.28% are included agree category. In the media feasability test get a score 80% are included in the agree category. Results of research on college students show the feasibility aspect of the program results get score 76% are included in the agree category. In the effective aspect for student get score of 77.39% in category of agree. So it can be concluded that the instructional Zener Diode Specification media fit to use as supporting media electronics courses.
PEMILIHAN FEATURE DENGAN CHI SQUARE DALAM ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI BERITA
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v2i1.7823

Abstract

Klasifikasi berita secara manual tidak mungkin dilakukan. Klasifikasi otomatis banyak dilakukan dengan algoritma naïve bayes, tetapi jumlah feature kata yang banyak dapat mengurangi akurasi klasifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, pengaruh dan nilai recall, precision, f-measure dan akurasi dari pemilihan feature Chi Square terhadap kinerja algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan teks berita secara otomatis. Pada penelitian ini diterapkan teknik pemilihan feature dengan Chi Square dalam Algoritma Naïve Bayes. Data penelitian diambil dari www.kompas.com sebanyak 1350 buah sebagai data latih dan 150 buah sebagai data uji. Pengujian dilakukan dengan mengklasifikasikan berita tanpa pemilihan feature Chi Square dan mengklasifikasikan berita dengan menerapkan pemilihan feature Chi Square dengan taraf nyata α 0.05, 0.01, 0.005, dan 0.001. Selanjutnya akan dievaluasi dengan metode evaluasi recall, precision, f-measure dan akurasi. Dari klasifikasi berita otomatis tanpa pemilihan feature yang dilakukan, diperoleh hasil recall 96.67%, precision 96.75%, f-measure 96.68% dan akurasi 96.67%. Sedangkan klasifikasi berita dengan pemilihan feature menggunakan chi square pada taraf nyata α 0.05, 0.01, 0.005, dan 0.001 diperoleh hasil yang sama yaitu recall 98%, precision 98%, f-measure 97.99%, dan akurasi 98%. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa pemilihan feature menggunakan chi square dapat mempengaruhi kinerja algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan berita secara otomatis. Classification of news manually impossible. Automatic classification lot to do with the naïve Bayes algorithm, but the number of words that many features can reduce the accuracy of the classification. This study aims to determine the application, influence and value of recall, precision, f-measure and accuracy of election Chi Square feature of the performance Naïve Bayes algorithm to automatically classify news text. In this study feature selection techniques applied by Chi Square in Naïve Bayes algorithm. Data were taken from as many as 1350 pieces www.kompas.com as training data and 150 as test data. Testing is done by classifying feature election news without Chi Square and classifying news by applying the Chi Square feature selection with significance level α 0:05, 0:01, 0.005, and 0.001. Next will be evaluated by the evaluation method of recall, precision, f-measure and accuracy. Automatic classification of news without selecting a feature that is done, the result recall 96.67%, 96.75% precision, f-measure 96.68% and 96.67% accuracy. While the classification of news with feature selection using the chi square on the real level α 0:05, 0:01, 0005, and 0001 obtained the same result, namely 98% recall, 98% precision, f-measure 97.99%, and accuracy 98%. From these results, it is known that the selection of the feature using the chi square can affect the performance Naïve Bayes algorithm to automatically classify news.
APLIKASI NUSA (NUTRITION STATUS ASSESMENT) UNTUK PENILAIAN STATUS GIZI BALITA BERDASAR STANDAR WHO 2005
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v2i1.7828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi NUSA (Nutrition Status Assesment) yang dapat digunakan dalam penilaian status gizi balita berdasar standar WHO 2005 beserta fungsi rekapitulasi datanya menggunakan java desktop application. Metode dalam penelitian ini yaitu waterfall, yang mengusulkan alur sistematik secara linear, dengan pendekatan sekuensial untuk mengembangkan perangkat lunak. Alur yang diusulkan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Communication, dilakukan dengan mengumpulkan data dan memahami sistem yang telah ada, sehingga dapat diketahui spesifikasi permasalahan dan kebutuhan ahli gizi dalam melakukan penilaian status gizi balita. Planning, dilakukan dengan menentukan tempat dan waktu penelitian serta mempersiapkan perangkat yang dibutuhkan. Modelling, dilakukan dengan model analisis dan desain. Construction merupakan tahap pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, NetBeans sebagai IDE-nya serta SQLite sebagai pengelola basis datanya dan pengujian aplikasi dengan pengujian white box. Tahap deployment dilakukan dengan menyerahkan aplikasi kepada ahli gizi Puskesmas Sekaran yang merupakan pengguna aplikasi. Pengujian dilakukan oleh ahli gizi di Puskesmas Sekaran yang merupakan pengguna dari aplikasi. Pengujian yang dilakukan memberikan hasil bahwa aplikasi NUSA yang dibangun menggunakan java desktop application dengan metode waterfall yang tahapannya meliputi communication, planning, modeling, construction, dan deployment dapat digunakan untuk membantu penilaian status gizi balita yang berdasar pada standar WHO 2005 serta mampu memberikan rekapitulasi datanya. This study aims are to build NUSA (Nutrition Status Assessment) application which can be used in the assessment of nutritional status of children based on WHO 2005 standards with a recapitulation function data using Java desktop application.The method in this research is waterfall, which proposes a systematic flow linearly, with the sequential approach to develop software. The proposed groove that are communication, planning, modeling, construction, and deployment. Communication, conducted by collecting data and understanding the existing system so that it can be seen the specific problems and needs of nutritionist in assessing the nutritional status of children. Planning, conducted by determining the place and time of study and prepare the necessary tools. Modeling, conducted by analysis model and design. Construction is a phase encoding using Java programming language, NetBeans as the IDE and SQLite as its database manager and application testing with white-box testing. Deployment phase is done by submitting an application to the nutritionist of PHC Sekaran who are users of the application.Tests conducted by a nutritionist at the PHC Sekaran have now who are users of the application. Tests conducted gives the result that NUSA applications developed using Java.

Page 1 of 2 | Total Record : 12