cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Educational Psychology Journal
ISSN : 2252634x     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2012): July 2012" : 11 Documents clear
KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS AKSELERASI (PENELITIAN DI SMAN 1 DAN SMAN 3 SEMARANG )
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Semarang dan SMA Negeri 3 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif  deskriptif  dengan populasi se-luruh siswa kelas akselerasi SMA N 3 Semarang dan SMA Negeri 1 Semarang angkatan tahun ajaran 2010/ 2011. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa menggunakan studi populasi dan analisis data menggunakan deskriptif  persentase. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala psikologi yaitu skala kecerdasan sosial. Pengujian validitas dilakukan dengan meng-gunakan koefisien korelasi product moment dari Pearson yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas komputer program SPSS for Windows versi 17. Uji relia-bilitas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan satu kali pengukuran (Sin-gle Trial Administration) dengan menggunakan rumus koefesien Alpha Cronbach.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kecerdasan sosial pada siswa akselerasi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 43,59 % atau 17 dari 39 responden. Hasil analisis tiap indikator variabel kecerdasan sosial menunjukkan bahwa hampir semua responden memiliki intensitas kecerdasan sosial dalam kat-egori sedang. Dilihat dari indikator-indikatornya yaitu: social sensitivity (35, 91 %), social insight (38,5 %), social communication (48,72 %) kesemuanya berada dalam kategori sedang This study aims to describe the accelerated students’ social intelligence in SMA 1 SMA Negeri 3 Semarang and Semarang. The research method used in this research is quantitative descrip-tive with the entire student population of  accelerated classes SMA N SMA Negeri 3 Semarang and Semarang force 1 academic year 2010/2011. The sample in this study were 39 students using the study population and data analysis using descriptive percentages. Data collection methods in this study is to use a scale of  social psychology, namely the scale of  intelligence. Validity testing is done by using a product moment correlation coefficient of  Pearson who implementation using computer facilities program SPSS for Windows version 17. Reliability test in this study using a single measurement approach (Single Trial Administration) by using the Cronbach alpha coefficient formula.The results showed that the overall acceleration of  social intelligence in students in the category of  being is as much as 43.59% or 17 of  the 39 respondents. The analysis of  each indicator variable of  social intelligence indicates that almost all respondents have the intensity of  social intelligence in the medium category. Judging from the indicators, namely: social sensitivity (35, 91%), social insight (38.5%), social communica-tion (48.72%) are in a category all of  which are
HUBUNGAN EKSPEKTANSI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING DENGAN MOTIVASI MENULIS SKRIPSI
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research was conducted at the Department of Psychology UNNES. Research subjects numbered 50 people who are determined using the technique incidental. Ekspektansi Ekspektansi measured using a scale. Ekspektansi scale has a value of 0.950 reliability. The scale has 40 items Ekspektansi valid from the beginning item number 50 items. While the motivation to write Thesis measured using a scale of motivation. Motivation scale has a reliability value of 0.909. The scale has 40 items valid motivation. Correlation test using multiple regression analysis technique is done using SPSS 19.0 for windows. The results showed variable Ekspektansi on the subject of research is the category of being, which means that the student possessed ekspektansi mediocre. Motivational variables in the study subjects are at high criteria. The results showed that there is a positive relationship between ekspektansi with motivation to the value of r = 0.351 with a significance value or p = 0.012.  
PENGARUH PEMBELAJARAN BERHITUNG JARIMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is one important sector in the development of each country. According to Law No. 20 Year 2004 education is a conscious and planned efforts to develop the potential of all learners through the learning process. Learning occurs in interaction with the environment, socially, and in the face of every event. Basically, learning is a mental activity / psyche that took place in an active interaction with the environment produce changes in knowledge, understanding, skills and attitude values. Jarimatika learning is a source for learning, while the tutor or lecturer jarimatika an auxiliary force and the fingers used in the learning process is a facility. Adjustment to the individuals who preferred teaching is about teaching and learning methods, teaching techniques, and how the lesson settings. In his research note that student achievement in learning can be enhanced with effective learning methods include the spirit of learning and cultivate students' interest in learning. This learning process can be said to succeed when it educates students successfully completed the tasks in the study with satisfactory values commonly called achievements. Elementary Students Islamic Prince Diponegoro Class II, III, and IV are also experiencing problems in math class values. There are many factors that affect achievement in mathematics one of them interest in learning mathematics. Enthusiasm is a feeling of interest in a matter or activity without affecting. Students' interest in the learning process can be shown by the existence of a sense of interest to learn sunguh-indeed, the willingness to always be active in learning activities. This study aims to describe students' interest in learning elementary school mathematics and numeracy learning effect jarimatika to increase interest in learning mathematics. The subjects were 28 students who were taken by using sampling techniques such as purposive sampling. This research was conducted with experimental methods of re-design of experiment (quasi-experimental) with the type of experimental pre non randomized pretest-posttest one group design. Samples were divided into two groups namely experimental group and control group with the number of members of each group of 28 subjects. Research data capture is performed using a scale interest in learning mathematics with the reliability coefficient of 0.946 and from 60 items 50 items found valid. Data analysis using t-test test techniques with the help of a computer program (SPSS) version 12 for windows. Results of analysis of data obtained by using t-test, the correlation between two variables, which produces the number 0.599 with probability value well below 0.05 (see the significant value of output is 0.001). This suggests that the correlation between the average interest in learning mathematics before and after learning to count jarimatika is significant. While the look of the probability (Sig. two tailed) is 0.000. hence the probability <0.05, then the nil hypothesis Ho is rejected pretest may imply that there are differences in the level of interest in learning mathematics between the experimental groups before and after learning to count jarimatika. So we can conclude that learning jarimatika effective to increase interest in learning math elementary school children in elementary Pengeran Islam Diponegoro, thereby Ha accepted. Description of interest in learning mathematics experienced by elementary school students tend to Islam Diponegoro in aspects of attention, interest, and desire. Based on the results of the study concluded that learning arithmetic jarimatika effective to increase interest in learning mathematics. Hence the advice given to this jarimatika numeracy learning activities continued to be held as well as add other activities as efforts to increase the creativity of learning in all lessons.
SELF_REGULATED LEARNING MAHASISWI DITINJAU DARI STATUS PERNIKAHAN
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The ability of each individual is different in set up time and plan a learning activity. So is the student who has been married to a student who is not married, where students who are married have a dual role as a housewife is as well as students, while students who are not married only a student only. This self-regulation is the major difference in the learning process is often called SRL (self-regulated learning) between a student who is not married with a married. This type of research is comparative descriptive. This study uses proposive sampling techniques in sample collection. Its population is all students in the FIP either unmarried or married. The variables in this study are self-regulated learning and student status. Methods of data collection in this study using a scale of psychology as much as 58 item scale SRL. Methods of data analysis in this study using t test technique Test the validity of using the product moment calculations were performed using SPSS 17 for Windows and validity coefficients obtained between 0.282 to 0.788 and the test reliability was calculated with SPSS 17 using Cronbach Alpha calculation, produced 0.977. Hypothesis testing using t-test analysis showed that p = 0.247> 0.05 means that there are significant differences in self-regulated learning among students who are not married to a married student. Students who are not married have higher levels of SRL in the category by the number of 15 persons (36.3%), the category was 25 people (60.6%), and the lower categories of 1 person (2.4%), whereas the student who has been married have high levels of SRL categories by the number of 4 persons (9.6%), the category was 26 people (62.8%), and low categories of 11 people (26.6%). The conclusion obtained is that there are differences in self-regulated learning among students who are not married to a married student. Unmarried student who has self-regulated learning is higher than a married college student, so that the student who has been married to further enhance its ability to develop SRL in order to achieve the desired learning objectives.
HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN INTERNET ADDICTION PADA MAHASISWA
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet addiction merupakan fenomena yang mencemaskan dan menarik perhatian Internet telah membuat remaja kecanduan, karena menawarkan berbagai informasi, permainan, dan hiburan. Hal ini ditandai rasa senang dengan internet, durasi penggunaan internet terus meningkat, menjadi cemas dan bosan ketika harus melalui beberapa hari tanpa internet. Pecandu internet tidak dapat menghentikan keinginan untuk online sehingga kehilangan kontrol dari penggunaan internet dan kehidupannya  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self control dan internet addiction pada mahasiswa FIP semester 5 UNNES serta hubungan antara self control dengan internet addiction pada mahasiswa FIP semester 5 UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah 65 mahasiswa FIP semester 5 dengan teknik sampling proportional sampling. Self control diukur dengan skala self control, koefisien reliabilitas sebesar 0,850 terdiri dari 31 aitem valid, rentang koefisien validitas dari 0,252 sampai dengan 0,680. Internet addiction diukur denga skala internet addiction, koefisien reliabilitas sebesar 0,868 terdiri dari 33 item valid, rentang koefisien validitas dari 0,267 sampai dengan 0,731. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dengan program SPSS 12.0 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil : 1) ada hubungan negatif antara self control dengan internet addiction pada mahasiswa FIP semester 5 UNNES ditunjukkan dengan r = -0,752 p = 0,000 dimana p < 0,01. 2) kategori self control tergolong rendah 93,85% berarti bahwa mahasiswa kurang mampu mengontrol perilaku, mengambil keputusan atau suatu tindakan yang cukup baik terhadap internet. 3) kategori internet addiction tergolong tinggi 96,92% berarti bahwa mahasiswa mengalami kecanduan terhadap internet ditandai dengan perhatian yang selalu tertuju pada internet, kurang dapat dalam mengontrol penggunaan internet. Adapun saran yang dapat penulis berikan bagi mahasiswa FIP sebagai pengguna internet harus lebih mampu memperbaiki self control agar tidak sampai taraf candu, sehingga dapat beraktivitas dengan baik dan seimbang.
PERSEPSI TERHADAP KINERJA KONSELOR DAN SIKAP DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN KONSELING PERORANGAN
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persepsi merupakan penilaian seseorang terhadap objek tertentu. Kinerja merupakan proses capaian suatu tugas yang sangat dibutuhkan dalam segala bentuk usaha yang memandang dari segi individual maupun kelompok. Kinerja konselor yaitu dengan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan siswa dan penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi oleh siswa dengan kepribadian, keterampilan, kreativitas kompetensi, pengetahuan dan informasi, disiplin, dan loyalitas yang dimilikinya. Untuk menyadari atau mengadakan persepsi terhadap kinerja konselor, siswa memerlukan suatu perhatian yang merupakan langkah pertama sebagai suatu persiapan dalam rangka mengadakan persepsi. Sikap merupakan suatu tingkatan afeksi baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif dalam hubungannya dengan objek-objek psikologis. Afeksi yang positif adalah afeksi yang senang, sedangkan afeksi yang negatif adalah afeksi yang tidak menyenangkan. Objek dapat menimbulkan berbagai macam sikap, dapat menimbulkan berbagai macam tingkatan afeksi pada seseorang. Sikap positif siswa terhadap konselor adalah sikap yang menyenangi kinerja yang ditunjukkan oleh konselor, sedangkan sikap negatif siswa terhadap konselor adalah sikap yang siswa yang tidak senang akan kinerja yang ditunjukkan oleh konselor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kinerja konselor dengan sikap siswa menggunakan layanan konseling perorangan di SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil uji asumsi menunjukkan bahwa pada variabel persepsi siswa dan sikap siswa keduanya berdistribusi normal dan berhubungan secara linier. Nilai Kolmogorov sminov menunjukkan z=0,494 dengan signifikansi 0,968 untuk persepsi siswa dan z=0,593 dengan signifikansi 0,873 untuk sikap siswa. Uji asumsi linearitas menunjukkan nilai signifikansi 0,033 <0,05.  Berdasarkan hasil analisis data Korelasi Product Moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,459 dengan signifikansi 0,011 yang berarti bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa dengan sikap siswa menggunakan layanan konseling perorangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa dengan sikap siswa menggunakan layanan konseling perorangan. Artinya, jika persepsi siswa terhadap kinerja konselor baik maka sikap siswa juga akan baik. Begitu juga sebaliknya jika persepsi siswa terhadap kinerja konselor buruk maka siskap siswa juga akan buruk.  
KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS AKSELERASI
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Semarang dan SMA Negeri 3 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas akselerasi SMA N 3 Semarang dan SMA Negeri 1 Semarang angkatan tahun ajaran 2010/ 2011. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa menggunakan studi populasi dan analisis data menggunakan deskriptif persentase. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala psikologi yaitu skala kecerdasan sosial. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dari Pearson yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas komputer program SPSS for Windows versi 17. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan satu kali pengukuran (Single Trial Administration) dengan menggunakan rumus koefesien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kecerdasan sosial pada siswa akselerasi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 43,59 % atau 17 dari 39 responden. Hasil analisis tiap indikator variabel kecerdasan sosial menunjukkan bahwa hampir semua responden memiliki intensitas kecerdasan sosial dalam kategori sedang. Dilihat dari indikator-indikatornya yaitu: social sensitivity (35, 91 %), social insight (38,5 %), social communication (48,72 %) kesemuanya berada dalam kategori sedang.
PENGARUH PERSEPSI POLA ASUH PERMISIF ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku membolos siswa SMK Pancasila 3 Baturetno Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan melibatkan 70 siswa SMK Pancasila 3 Baturetno sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala psikologis, yaitu skala pola asuh permisif dan skala perilaku membolos yang sebelumnya telah diuji cobakan pada 43 siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku membolos siswa SMK Pancasila 3 Baturetno Kabupaten Wonogiri dengan besar koefisien korelasi 0.553 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hubungan yang signifikan tersebut didukung dengan adanya nilai regresi (R) sebesar 0,553. Sedangkan koefisien determinasinya (R Square) sebesar 0,306 yang artinya 30,6% variabel perilaku membolos dipengaruhi oleh variabel persepsi pola asuh permisif. Sisanya 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum terungkap dalam penelitian ini.
TINJAUAN PSIKOLOGIS KESIAPAN GURU DALAM MENANGANI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PROGRAM INKLUSI (STUDI DESKRIPTIF DI SD DAN SMP SEKOLAH ALAM AR-RIDHO)
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kesiapan para guru di SD dan SMP Alam Ar-Ridho dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan guru di SD dan SMP Alam Ar-Ridho dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru di SD dan SMP Alam Ar-Ridho yang berjumlah 35 guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala psikologi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk, karena butir-butir item disusun berdasarkan skala psikologis tentang kesiapan dan strategi dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Reliabilitas Skala Psikologi Kesiapan Guru didapat dengan menggunakan perhitungan Cronbach Alpha. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kesiapan guru-guru SD dan SMP Alam Ar –Rihdo dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus tergolong tinggi (66%) dan kategori rendah (3 %) ditemukan pada indikator pengalaman yang dimiliki. Artinya, sebanyak 3 % responden memiliki pengalaman yang minim dalam menangni peserta didik berkebutuhan khusus.
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG HARAPAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN DAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN
Educational Psychology Journal Vol 1 No 1 (2012): July 2012
Publisher : Departement of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang harapan orang tua terhadap pendidikan dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Psikologi UNNES, sejumlah 38 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi tentang harapan orang tua terhadap pendidikan terdiri dari 36 item (α = 0,971) dan skala ketakutan akan kegagalan yang terdiri dari 46 item (α = 0,943). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mempersepsikan harapan orang tuanya dalam kriteria tinggi. Adapun ketakutan akan kegagalan mahasiswa jurusan Psikologi UNNES termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai r = 0,66 dengan p = 0.00 (p < 0.05) berarti ada hubungan positif antara persepsi tentang harapan orang tua terhadap pendidikan dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa jurusan Psikologi UNNES. Semakin tinggi harapan orang tua yang dipersepsi oleh mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat ketakutan akan kegagalan. Sumbangan efektif persepsi terhadap harapan orang tua dalam penelitian ini sebesar 43,6%. Berdasarkan hasil tersebut peneliti memberikan saran bahwa orang tua diharapkan untuk lebih terbuka menerima harapan, keinginan dan ketakutan mahasiswa mengenai kehidupan akademiknya dengan cara memberikan dukungan positif berupa motivasi, perhatian dan pemahaman terhadap kelebihan dan kekurangan anak serta memberikan pemahaman bahwa orang tua mengharapkan prestasi sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan anak, bukan tuntutan untuk selalu unggul dan cepat menyelesaikan studi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11