cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Elementary Education
ISSN : 22529047     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 107 Documents
PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING Cintiana, Cintiana
Journal of Elementary Education Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang berjudul Keefektifan Penggunaan Model Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan pada pertemuan I, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 80,51 dan persentase aktivitas belajar sebesar 80,51%. Sementara pada pertemuan II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 85,22 dan persentase aktivitas belajar sebesar 85,22%. Skor dan persentase aktivitas belajar lebih besar dari indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75 dan 75%, sehingga dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa yang mendapatkan model snowball throwing meningkat. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh taraf signifikansi yang berada di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,036, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing secara signifikan lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal.The study, entitled The effectiveness of the use of models of Snowball Throwing the Learning Enhancement Natural Resources on Student Elementary School Fourth Grade Adiwerna 04 aims to improve the activity and student learning outcomes. Type of research is experimental research. Data retrieval technique using testing techniques, observation, and documentation. Based on observations at the meeting I, obtained an average score of the learning activities 80.51 and learning activities percentage of 80.51%. While at the meeting II, earned an average score of the learning activities 85.22 and learning activities percentage of 85.22%. Scores and the percentage of learning activities is greater than the specified indicators of success of 75 and 75%, so it can be stated that the learning activities of students who get the model snowball throwing up. Based on the results of hypothesis testing, the significance level obtained under 0.05 is equal to 0.036, so Ho is rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that the model of learning snowball throwing is significantly more effective for improving the quality of science teaching fourth grade elementary school students Adiwerna 04 Tegal regency
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN Rosyadi, Imron
Journal of Elementary Education Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Langgen tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20.Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,601 dan ttabel sebesar 2,013 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar PKn siswa kelas V antara yang memperoleh model pembelajaran Course Review Horay dengan yang menggunakan model konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,674 dan ttabel sebesar 2,013 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa kelas V antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil dan aktivitas belajar siswa dari penerapan model pembelajaran Course Review Horay terbukti lebih baik dari pada penerapan pembelajaran konvensional, sehingga guru perlu mempertimbangkan penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada pelajaran PKn di SD.The purpose of this research is to know the diferrences of activities and student learning result between students in the classroom using cooperative learning model Course Reivew Horay type with using conventional learning models.The population of this research is 48 students from the fifth grade students at Sekolah Dasar Negeri Langgen in academic year 2012/2013. The sample of this research is taken by using saturated sample technique, Class 5A as the experimental group and Class 5B as control group. This research using quasi experimental design form nonequivalent control group design. The data analyzed using Lilliefors test for normality data test, Levene test for homogeneity test and independent sample t-test for hypothesis test. All the calculations are processed by using SPSS version 20 programme.The result shows the hypothesis test students learning activities using independent sample t-test shows that t-test 2,601 and t-table 2,013 (t-test > t-table), then Ho is rejected and Ha is accepted.So it can be concluded that There is a significant difference learning activities PKn of the fifth year students between Course Review horay learning model with using the conventional model. Meanwhile, The result shows the hypothesis test students learning activities using independent sample t-test shows that t-test 2,601 and t-table 2,013 (t-test > t-table), then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that There is a significant difference learning activities PKn of the fifth year students between type of cooperative learning model Course Review Horay with using Conventional model. The result and student learning activities using Course Review Horay is proven better than using Conventional learning. So the teachers need consider using Course Review Horay learning model in PKn lesson at Elementary School
KEEFEKTIFAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III Nurhidayah, Atik
Journal of Elementary Education Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan strategi card sort dalam pembelajaran Materi Kegiatan Jual Beli pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 2 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Pekauman 2 dan 5 Kota Tegal tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 26 di kelas eksperimen dan 28 di kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Metode analisis data penelitian meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas dan homogenitas serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,029 > 1,679) dan signifikansinya 0,00 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi card sort dan yang menggunakan model konvensional. Hasil pengujian keefektifan model menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,441 > 2,0739) dan signifikannya 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi card sort efektif meningkatkan hasil belajar siswa. The purpose of this research is to test the effectiveness of strategy card sort on learning outcomes of Material Buy Sell Activity in 3th grade of Pekauman 2 State Elementary Schools Tegal City. The population of this research is the 3th grade Students of Pekauman 2 and 5 State Elementary School Tegal City amount of 54 students divided into two classes, 26 from experiment class  and 28 from control class. The experiment design used in this research is quasi experimental with form of nonequivalent control group design. Data analysis methods include testing requirements analysis consists of normality and homogeneity test and a final analysis of hypothesis testing using t-test. The result of hypothesis test show that tcount > t table (5,029 >1,679) with the significant 0,00 < 0,05. So it can be concluded the difference on the student’s activity and achievement in Civics between the Grade Students of Pekauman 2 State Elementary School Tegal City which is applied with card sort strategy and grade which is applied with convensional model. The result of strategy’s effective show that tcount > ttabel (5,441 > 2,0739) and significant is 0,000 < 0,05. So, it can be concluded that card sort effective influence on student’s learning outcomes.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL Atmojo, Tri
Journal of Elementary Education Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS Indriani, Dias Septi
Journal of Elementary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan model think pair share terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 03 Pedurungan Pemalang. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 03 Pedurungan dengan populasi 61 siswa. Sampel kelas eksperimen sebanyak 28 siswa serta kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus independent samples t test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung data aktivitas belajar sebesar 9,006 dan t hitung nilai hasil belajar sebesar 3,357. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (9,006 > 2,004 dan 3,357 > 2,004), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan model think pair share dan yang menggunakan model konvensional. Untuk hipotesis yang kedua, menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (13,081 > 2,052 dan 4,813 > 2,052), sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS dengan model think pair share lebih tinggi daripada model konvensional. Jadi, model think pair share lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.This study aims to test the effectiveness of the model think pair share student’s learning activities and student’s learning outcomes of IPS in the fifth grade students of SD Negeri 03 Pedurungan, Pemalang. This study uses a quasi experimental design with nonequivalent control group design form. The study was conducted in SD Negeri 03 Pedurungan. Samples were taken by 28 students as the experiment group and 29 students as the control group. The first hypothesis test using independent samples t-test, showed that t count of learning activity data is 9.006 and t count of learning outcomes is 3,357. Based on the result test, it can be seen that t count > t table (9.006 > 2.004 and 3.357 > 2.004), so it can be concluded there are differences in student’s learning activities and student’s learning outcomes in social studies subject between the students were taught using think pair share and those were taught with conventional model. For the second hypothesis test, we use a one-sample t test. Based on the test results, it showed that the value of t count > t table (13,081 > 2,052 and 4,813 > 2,052), it can be concluded that student’s learning activities and student’s learning outcomes in social studies subject were taught with think pair share was more higher than students who were taught with conventional model. So, think pair share is more effective to improve student’s learning activities and student’s learning outcomes.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, TRANSPORTASI MELALUI JIGSAW PADA SISWA SEKOLAH DASAR Cahyani, Siti Indah
Journal of Elementary Education Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi siswa kelas IV SDN Pesurungan Lor 1 Tegal termasuk dalam kategori rendah yakni ketuntasan belajar klasikal sebesar 20%. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan pendayagunaan media belum bervariasi, sehingga peneliti mengadakan inovasi pembelajaran IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, Transportasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan performansi guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Subyek penelitian meliputi guru dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai performansi guru pada siklus I sebesar 81,16 (AB) menjadi 92,35 (A), dan penerapan jigsaw pada siklus I sebesar 80,56 (AB) menjadi 91,67 (A). Aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 70,10% menjadi 88,39%. Aktivitas kelompok siklus I sebesar 75,13% menjadi 92,38%. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 75,87 meningkat pada siklus II menjadi 93,03. Ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 60,61% menjadi 87,88%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV SDN Pesurungan Lor 1 Tegal.Result learn Technological IPS items [of] Production, Communications, and Transportation class student IV SDN Pesurungan Lor 1 Tegal of is included in complete to low category namely learn klasikal equal to 20%. This matter because of teacher not yet applied study model activating and student utilization of media not yet varied, so that researcher perform a innovation study of Technological IPS items of Production, Communications, Transportation through model study of jigsaw type cooperative. This research aim to to improve;repair and improve teacher performansi, student activity, and result learn. Research Subyek cover student and teacher. Technique data collecting in the form of tes, observation, enquette, and documentation. Data analysis in the form of quantitative data analysis and qualitative. Result of research indicate that performansi value learn at I cycle equal to 81,16 (AB) become 92,35 (A), and applying of jigsaw at I cycle equal to 80,56 (AB) become 91,67 (A). Activity learn I cycle student equal to 70,10% becoming 88,39%. Group I cycle activity equal to 75,13% becoming 92,38%. Hereinafter, mean assess formative tes of I cycle equal to 75,87 mounting at II cycle become 93,03. Complete learn I cycle klasikal equal to 60,61% becoming 87,88%. Thereby, please conclude that model study of jigsaw type cooperative improve teacher performansi, activity learn student, and result learn Technological IPS items of Production, Communications, and Transportation at class student IV SDN Pesurungan Lor 1 Non irigated dry field.
KEEFEKTIFAN MODEL SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY DALAM PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR Rustiani, Erma
Journal of Elementary Education Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh  yang signifikan dari penggunaan model STS terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam  pada  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Kaligangsa  Kulon  01  Brebes.  Populasi  dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terbagi dalam dua kelas yakni 28 siswa dari kelas IV A (kelas eksperimen) dan 23 siswa dari kelas IV B (kelas kontrol). Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu proportionate stratified random sampling dengan menggunakan 26 siswa dari kelas IV A dan 22 siswa dari kelas IV B. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan  yakni  quasi  experimental  design dengan  jenis  nonequivalent  control  group design. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 89,62 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol sebesar 77,73. Hasil perhitungan data menggunakan rumus two independent samples test atau uji U pada SPSS versi 17. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model STS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Pengaruh model STS terhadap hasil belajar dapat ditunjukkan pada nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,047 ≤ 0,05. The purpose from this research is to know whether any significant effect of STS’s model usage to IPA learning outcomes of fourth grade students in Kaligangsa Kulon 01 Elementary Schoo, Brebes in Sumber Daya Alam materials. Population in the research are 51 students divided into two classes the 28 students from IV A (experimental class) and 23 students from IV B (control class).  The sampling in the research are proportionate stratified random sampling who used the 26 students from IV A and 22 students from IV B. The experiment design used in this research is quasi experimental design with type of nonequivalent control group design. Learning outcomes of students obtained 89,62 of average value in experimental class, while the control class obtained 77,73. Data of calculation result using formulas two independent samples test or U test  in SPSS version 17.   The calculation of result shows that the model of STS has significant influence for learning outcomes. The influence of  STS’s model to the study result is indicated by the value in Asymp. Sig. (2-tailed) 0,047 ≤ 0,05.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN Kurnia, Intan
Journal of Elementary Education Vol 2 No 2 (2013)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Selama siklus berlangsung dilakukan observasi terhadap aktivitas siswa dan performansi guru. Tiap akhir siklus dilaksanakan tes formatif. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥75) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (≥70). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Gumilir 05 Cilacap. Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Gumilir 05 Cilacap tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia masih rendah. Dilihat dari hasil belajar Siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 yaitu banyak siswa yang tuntas hanya 25 dari 38. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang inovatif dan cenderung monoton. Setelah dilakukan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, diperoleh hasil penelitian berupa peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa, dan performansi guruResearch carried out a Classroom Action Research (PTK). Implementation of classroom action research was conducted through two cycles where each cycle consists of four phases: (1) planning, (2) implementation of the action, (3) observations, and (4) reflection. Each cycle consisted of three meetings. During the last cycle of activity carried out observations of student and teacher performance. Each end of the cycle of formative tests carried out. Indicator of the success of this class action research, namely, active students in learning activities at least 75%, the study or the number of students who scored according to KKM (≥ 75) at least 75%, and the performance of teachers in the learning of at least B (≥ 70). Subjects in this study were elementary school students in grade III Gumilir 05 Cilacap. Learning outcomes Elementary School third grade students Gumilir Cilacap 05 school year 2010/2011 on the subject matter of pride as a nation Civics Indonesia is still low. Judging from the results of student learning in the second half of the school year 2010/2011 is a lot of students who completed only 25 of 38. That is because the teachers are using innovative learning model and tend to be less monotonous. After doing research with the model type Snowball Throwing cooperative learning, research results obtained in the form of improved learning outcomes, student activities, and teacher performance.
KEEFEKTIFAN MODELPEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA Budiarto, Fariz
Journal of Elementary Education Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran IPA di SD, pada umumnya guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa menggunakan langkah percobaan atau pengamatan yang mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif mengujikan sebuah model pembelajaran CLIS. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Populasinya yaitu 59 siswa kelas V SD Negeri Debong Tengah 1 dan 3 Kota Tegal tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis  yang meliputi normalitas, homogenitas, serta analisis akhir yang menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis data motivasi belajar siswa menunjukkan nilai thitung sebesar 3,414  dan t tabel sebesar 1,677 (thitung > ttabel), sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan motivasi belajar IPA siswa dengan menerapkan model CLIS lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan nilai thitung sebesar 2,941 dan ttabel sebesar 1,677 (thitung > ttabel), sehingga Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS terbukti efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan sifat benda. Learning science in elementary school teachers generally only use conventional learning models without the use of steps that lead to experimental or observational learning less meaningless. This resulted in low motivation and student learning outcomes. Based on that, the researchers examined the initiative CLIS an innovative learning model.Design Quasi-Experimental research using experimental designs. Populations in this study were 59 students of fifth grade of Debong Tegal 1 and 3 Elementary School of the academic year 2013/2014. Sampling using probability sampling with simple random sampling method. Data collection techniques employed include documentation, observation, tests, and questionnaires. Data analysis techniques used are prerequisite test analysis include normality, homogeneity, and final analysis. In the final analysis or research hypothesis testing using t-test. Based on the results of hypothesis testing students motivation with the data using the calculation formula of comparative hypothesis testing independent samples, suggesting that tcount 3,414 and ttable1,677(t count > t table), then Ho is rejected. Meanwhile, the results of hypothesis testing for student learning outcomes shows that t count and ttable 2,941 and 1,677(t count > t table), then Ho is rejected. So it can be concluded that, CLIS proven effective implementation of the model on motivation and student learning outcomes in science learning material change in the nature of things.
KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Widianti, Sri
Journal of Elementary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Journal of Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas V antara yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model mind mapping dan yang menggunakan model konvensional serta keefektifannya. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri  Sidapurna 01 Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 22 siswa pada kelas eksperimen dan 18 siswa pada kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan independent samples t test, diperoleh nilai thitung > ttabel (2,557 > 2,024), sehingga H0 ditolak. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis kedua dengan menggunakan one sample t test, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,952 > 2,080), sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapar disimpulkan hasil belajar IPS siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping lebih tinggi dan efektif daripada yang menggunakan model konvensionalThe purpose of the research is to find out whether there are differences in learning outcomes social studies grade V between learning using a model that gets the mind mapping and the use of conventional models as well as their effectiveness. The samples in this research are fifth grade student at SD Negeri Sidapurna Tegal Regency 01, which consisted of 22 students in experiment group and 18 students in control group.This study uses a quasi experimental design with nonequivalent control group design form. Based on the results of the first hypothesis test using independent samples t test, the results of tcount>ttable (2,557 > 2,024), so that H0 is rejected. Furthermore, based on the results of the second hypothesis test using one sample t test, retrieved tcount> ttable (3,952 >2.080), so that H0 is rejected. So that, it can be concluded that student’s learning outcomes at social studies who were taught using mind mapping model are higher and more effective than those who were taught using conventional model.

Page 1 of 11 | Total Record : 107