cover
Contact Name
Rivo Hasper Dimenta
Contact Email
rivohasperdimenta@ulb.ac.id
Phone
+6281362238917
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017" : 10 Documents clear
ANALISIS ION Fe DALAM AIR SUMUR MENGGUNAKAN ZEOLIT/TIO2 SECARA KOLOM ADSORBSI DENGAN METODE SPEKTROSKOPI SERAPAN ATOM (SSA) Dini Hariyati Adam
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1122

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai analisis ion Fe dalam air sumur menggunakan spektroskopi serapan atom (SSA). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kondisi optimum (waktu dan bobot adsorben) menggunakan zeolit/TiO2, dan efisiensi adsorbsi ion Fe. Metode yang digunakan yaitu kolom adsorbsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap zeolit/TiO2 terhadap ion logam Fe cukup baik. Waktu kontak optimum dari hasil penelitian yaitu pada waktu 75 menit dengan nilai efisiensi adsorbsi hingga 99,04%.
PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTAPINANG Siti Zahara
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1127

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi
EFEKTIVITAS PENGAJARAN REMEDIAL DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA SULTAN HASANUDDIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Rahmi Nazliah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengajaran remedial dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi pokok tumbuhan paku (Pteridophyta) di kelas X SMA Swasta sultan hasanuddin aekkanopan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA UISU Medan tahun pembelajaran 2009/2010
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA Maharani Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi siswa dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada materi pokok Kingdom Plantae di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dengan teknik random sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas X MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi Postest sebesar 92 dan nilai terendah postest sebesar 52 dengan rata-rata 76,37. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi postest sebesar 72 dan nilai terendah sebesar 38 dengan rata-rata sebesar 60,97. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari model pembelajaran aktif seperti model pembelajaran Mind Mapping agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis yaitu dengan diperolehnya nilai thitung = 6,34 > ttabel = 2,95 pada taraf signifikan α = 0,05 %, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kingdom plantae diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model Mind Mapping lebih baik dalam mempengaruhi hasilk belajar.
HUBUNGAN KEPADATAN KIJING (Glauconome virens) DENGAN FAKTOR FISIK KIMIA PERAIRAN DI EKOSISTEM MANGROVE BELAWAN Rusdi Machrizal
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor fisik kimia perairan dengan kepadatan populasi kijing (Glauconome virens) di ekosistem mangrove Belawan pada Maret-Mei 2017. Pengambilan sampel kerang dilakukan pada 3 stasiun dengan metode transek garis dengan panjang 30 meter dan interval 10 m, setiap transek terdapat 15 plot berukuran 1 x 1 meter dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan kijing sebesar 2,77 (stasiun 1), 1,19 (stasiun 2), dan 2,96 individu/m2(stasiun 3). Hasil pengukuran terkait faktor fisika kimia perairan diperoleh suhu berkisar antara 27,8-28,5oC, salinitas 5-20
PELAKSANAAN PELAJARAN SAINS BIOLOGI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU LABUHANBATU UTARA Risma Delima Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1124

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sains biologi di SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, dampak positif bagi siswa yang telah mempelajari sains biologi. Mengetahui bagaimana pengaruh pelajaran sains biologi terhadap prestasi belajar. Dan bagaimana pengaruh antara pelajaran sains biologi dengan pelajaran lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling yang berjumlah 75 siswa. instrumen yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan angket. Hasil analisa data berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, bahwa pelaksanaan pelajaran sains biologi terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada anak-anak/siswa SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara tersebut mampu meningkatkan prestasi bukan saja dibidang sains akan tetapi yang lain. Hasil angket menunjukkan bahwa kondisi pengetahuan belajar sains biologi dikalangan siswa sebanyak 16,0% tergolong tinggi, 66,7% tergolong sedang dan 17,3% tergolong rendah. Pelaksanaan pelajaran sains biologi mempunyai pengaruh yang tinggi (kuat) terhadap peningkatan kualitas atau prestasi belajar siswa SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara diketahui dari hasil korelasi kontingensi 9,603 pada analisa data.
HUBUNGAN MORFOMETRIK DAN KARAKTERISTIK TANAH KERANG LOKAN Geloina erosa (Solander 1786) DI EKOSISTEM MANGROVE BELAWAN Uswatul Hasan
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1120

Abstract

Hubungan Morfometrik dan Karakteristik Tanah kerang lokan Geloina erosa (Solander 1786) di Ekosistem Mangrove Belawan, telah diteliti pada bulan Desember 2013 - Februari 2014 G erosa. Sampel diambil dari tiga stasiun pengamatan dan masing-masing pengamatan stasiun dibuat 3 ulangan (bulanan) sampling. Metode yang digunakan dalam menentukan titik sampling adalah "purposive sampling" pada sampel G. erosa yang dikumpulkan langsung dengan cara menangkap dengan tangan pada titik terendah. Hasil analisis data diperoleh Kelas ukuran kerang lokan terbanyak terdapat stasiun 1 mangrove vegetasi Nipah (Nypa fruticans). dengan populasi kerang lokan 433 individu, sedangkan kelas ukuran kerang lokan yang terkecil terdapat pada stasiun 2 hutan mangrove vegetasi heterogen dengan populasi kerang lokan 184 individusedangkan Jumlah kelas ukuran yang terbanyak terdapat pada kelas ukuran 6,0
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN SCRAMBEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 AEK NATAS Halimah Sakdiah Boru Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1125

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbandingan Model Pembelajaran
FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN HIDUP (LIFE FEED) BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSAN HIDUP BENIH IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcalifer Bloch) Khairul Khairul
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi pemberian pakan hidup (life feed) berbeda terhadap pertumbuhan dan kelulusan hidup benih ikan kakap putih (Lates calcalifer Bloch). Penelitian ini dilakukan dari tanggal 1 - 15 November 2016 di tambak Bapak Syahdan Jl. Tambak Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Propinsi Sumatera Utara. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAS NURUL IKHWAN KONSESI KECAMATAN TORGAMBA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Siti Suharni Simamora
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1126

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa materi Ekosistem pada siswa kelas X melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples. Obyek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Swasta Nurul Ikhwan konsesi kelas X yang terdiri dari 22 siswa, dengan komposisi 14 siswa perempuan, dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh sebesar 78 yang mencapai ketuntasan adalah 15 orang siswa, siswa yang tidak tuntas yaitu 7 orang dan pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 87 yang mencapai ketuntasan adalah 20 orang siswa dan yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa diketahui ada peningkatan jumlah nilai rata-rata sebesar 9 angka dan peningkatan jumlah ketuntasan siswa sebanyak 5 orang. Hasil belajar siswa meningkat 22,9%. Peningkatannya dapat dilihat dari perolehan presentase siklus I sebesar 68,1% dan siklus II 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAS Nurul Ikhwan Konsesi Kecamatan torgamba. Selain itu model pembelajaran kooperatif examples non examples dapat meningkatkan disiplin, kerjasama, dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue