Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar

Meningkatkan Nilai Karakter Bersahabat Melalui Model Teams Games Tournaments Di SDIT Al-Azhar Kota Jambi

Ahmad Hariandi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model teams games tournaments dapat meningkatkan nilai karakter bersahabat di kelas IV SDIT AL-AZHAR Kota jambi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian yaitu Terjadinya peningkatan karakter bersahabat pada siswa kelas IV E SDIT Al-Azhar jambi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Dengan siklus I mendapatkan persentase 47.62% dengan pertemuan pertama mendapat presentase 38.1% dan pertemuan kedua mendapat presentase 47.62% sehingga diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dalam mendapatkan persentase 80,96% dengan pertemuan pertama mendapat presentase 76,19% dan pertemuan kedua mendapat presentase 76,19% sehingga pada siklus II penelitian dihentikan karena sudah mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan yaitu dengan persetase 75%. Kesimpulan yaitu model teams games tournaments dapat meningkatkan nilai karakter bersahabat di kelas IV SDIT AL-AZHAR Kota jambi. Kata Kunci : Karakter Bersahabat, Teams Games Tournaments

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

gentala

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Gentala Journal Basic Education is a periodical scientific journal published in Indonesian language published by the Teacher Training and Education Faculty, Primary School Teacher Education Study Program twice a year in June and December. The submission process is open throughout the year. All ...