Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar

Meningkatkan Motivasi Bertanya Siswa Melalui Model Snowball Throwing Di Kelas IV Sekolah Dasar

Muhammad Sofwan (Universitas Jambi)
K Komisah (Jambi University)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rendahnya motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian dikarenakan kemauan bertanya siswa masih rendah, lebih senang bermain, dan lebih banyak mengobrol sesama teman saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi bertanya siswa dengan menggunakan model snowball throwing di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamtan siswa yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan model snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi motivasi bertanya siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I motivasi bertanya siswa 63,71 % (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 74,95 % (baik). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Kata Kunci : Motivasi, Bertanya, Model Snowball Throwing

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

gentala

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Gentala Journal Basic Education is a periodical scientific journal published in Indonesian language published by the Teacher Training and Education Faculty, Primary School Teacher Education Study Program twice a year in June and December. The submission process is open throughout the year. All ...