Menara Ilmu
Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017

FATWA LAJNAH ALDAIMAH ULAMA MEKAH (TENTANG; BERSUMPAH TIDAK DENGAN NAMA ALLAH, DO’A UNTUK MAYAT DALAM KUBUR, MEMBACA YASIN BAGI ORANG YANG SUDAH MENINGGAL, SHALAT DI PESAWAT DAN MERAYAKAN MAULID NABI)

MA, Desminar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2017

Abstract

ABSTRAK Langkah-langkah yang ditempuh oleh mujtahid dalam menghasilkan hukum syara;dari sumbernya. Hukum-hukum yang digali oleh mujtahid adalah hukum-hukum yangberhubungan dengan hal-hal furu‟iyah yang selalu berkembang dari masa ke masa. Padaperiode imam mazhab setiap persoalan yang tidak terdapat secara eksplisit di dalam nashpenyelesaiannya secara ijtihad. Dan para mujtahid akan berfatwa terhadap sesuatu persoalanyang memang tidak terdapat secara rinci baik dalam al-Qur‟an maupun al Sunnah. Untuk kotamekah dikenal dengan Fatwa Lajnah Al Daimah Ulama Mekah, mengeluarkan fatwa padasemua urusan kehidupan seperti; bersumpah tidak dengan nama Allah, Do‟a untuk mayatdalam kubur, Membaca yasin bagi orang yang sudah meninggal, Shalat di Pesawat danMerayakan Maulid NabiDi antara bentuk ibadah adalah pengagungan kepada Allah SWT, siapa yangmengagungkan selain Allah termasuk syirik (syirik kecil). Di antara mengagungkan Allahadalah bersumpah dengan menggunakan nama-Nya karena bersumpah biasanya berguna untukmembenarkan ucapan, atau perbuatan seseorang. Syirik kecil (asghar) adalah semua amalanyang menjadi wasilah atau bisa mengantarkan kepada sirik akbar. Seseorang yang bersumpahdengan selain Allah walaupun tidak berniat untuk mengagungkan selain Allah akan tetapimengagungkan selain allah dengan pengagungan yang berlebihan akan terjerumus kepadakesyirikan akbar. Walaupun hukum asal bersumpah dengan selain Allah adalah syirik asghar,akan tetapi dapat berubah menjadi syirik akbar yang dapat mengeluarkan seseorang dari Islam(kafir). Berdasarkan uraian di atas metode ushul fiqh dalam kontemporer dalam fatwalajnah al daimah yang menetapkan haram bersumpah dengan selain nama Allah haram adalahzhahir nash.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...