Menara Ilmu
Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 1

TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Hasmi, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2018

Abstract

Peristiwa tutur merupakan interaksi linguistik dalam satu bentuk ungkapan atau lebihyang melibatkan dua pihak, yaitu guru dan lawan tutur. Tindak tutur guru dalam prosespembelajaran bahasa Indonesia sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam berkomunikasi.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: “Bentuk tindak tutur ilokusi guru dalamproses pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tuturilokusi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian field researchdengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah seluruhtuturan guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang sedang melaksanakan proses pembelajaran.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat. Metodeanalisis data yang dipakai adalah metode padan.Hasil penelitian bentuk tuturan yang ditemukan, bentuk tindak tutur ilokusi terdapat 11buah tuturan asertif, 21 buah tuturan direktif, 3 buah tuturan ekspresif, 1 buah tuturan komisif,dan 1 buah tuturan deklarasi. Tuturan yang paling dominan dipakai dalam proses pembelajaranbahasa Indonesia adalah tuturan direktif.Kata Kunci: Tindak tutur, Guru, Pembelajaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...