Salah satu fungsi lembar kerja siswa (LKS) menurut Prastowo (2011:206), yaitu sebagaibahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peranpeserta didik, akan tetapi LKS yang ada saat ini belum membantu siswa dalam menemukankonsep secara mandiri sehingga siswa cenderung mengandalkan materi yang dipaparkanguru dengan metode konvensional maka diperlukanlah LKS yang mampu memfasilitasisiswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenganalisis kebutuhan LKS yang berbasis discovery learning. Metode pengumpulan datadalam penelitian ini adalah dengan cara analisis dokumentasi, wawancara langsung kepadaguru dan penyebaran angket kepada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII MTs Muhammadiyah Padangpanjang. Hasil dari penelitian ini adalah. 1) LKSmembantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. 2) LKS yang digunakan belumberbasis discovery learning. 3) LKS berbasis discovery learning diperlukan oleh guru dansiswa dalam kegiatan pembelajaran kurikulum 13. Oleh karena itu LKS yang berbasisdiscovery learning dapat menjadi salah satu sarana belajar yang bermanfaat dalammenemukan konsep secara mandiri.Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, LKS Discovery Learning, Wawancara, Angket
Copyrights © 2018