Prologia
Vol 2, No 1 (2018): Prologia

Pengaruh Komunikasi Pada Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Image Wardah (Studi Kasus: Followers @Wardahbeauty)

Monicca Monicca (Universitas Tarumanagara)
Widayatmoko Widayatmoko (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Pada saat ini social media khususnya Instagram merupakan salah satu media yang sering digunakan banyak orang. Menurut Social Media Marketing dari New York “We Are Social” pada tahun 2018, pengguna aktif Instagram dari Indonesia sebanyak  38% atau kurang lebih 262 juta pengguna. Wardah merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan sosial media Instagram sebagai saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada konsumen secara meluas. Manfaat dari social media bagi perusahaan yaitu untuk menaikkan brand image, membangun hubungan dengan konsumen secara tidak langsung dan meningkatkan penjualanan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media marketing Instagram (X) terhadap brand image Wardah (Y) pada followers Instagram @wardahbeauty. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori social media menurut Chris Heur (2010) terdapat 4C dengan dimensi context, communication, collaboration, dan connection, serta menggunakan teori brand image menurut Kotler dan Keller (2013) dengan dimensi kepribadian, reputasi, nilai-nilai dan identitas perusahaan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @wardahbeauty pertanggal 11 April 2018 sebanyak 1,3 juta dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan teknik sampling insidental. Dari penelitian diperoleh hasil persamaan regresi linear Y = 17,079 + 0,608 X dan nilai signifikasi 0,000 yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara sosial media marketing Instagram terhadap brand image Wardah pada followers Instagram @wardahbeauty.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prologia

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students ...