Persaingan e-commerce di Indonesia semakin ketat, hal ini mendorong perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia, termasuk Tokopedia untuk meluncurkan kampanye pemasaran efektif yang dapat menanamkan brand knowledge Tokopedia pada benak audiens. Salah satu iklan Tokopedia akhir-akhir ini adalah iklan TV edisi Isyana vs. Gangster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan Tokopedia edisi Isyana vs. Gangster terhadap brand knowledge Tokopedia di kalangan siswa SMA Pusaka Abadi. Boove (2003 : 141) mendefinisikan pesan iklan sebagai ide atau berita yang dikomunikasikan atau yang disampaikan kepada audiens melalui media iklan. Sementara itu yang dimaksud brand knowledge dalam penelitian ini mengacu pada kesadaran dan citra merek (Keller, 1993). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien korelasi product moment sebesar 0,834 dan hasil uji persamaan regresi linear sederhana Y= 8,839 + 0,36X . Hasil tersebut berarti terdapat pengaruh positif antara pesan iklan (variabel X) terhadap brand knowledge (variabel Y). Hal ini menunjukan bahwa semakin baik pesan iklan Tokopedia berarti semakin baik pula brand knowledge di SMA Pusaka Abadi.
Copyrights © 2017