Prologia
Vol 2, No 1 (2018): Prologia

Analisis Semiotika Peran Ganda Perempuan Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Rumah Tangga Pada Iklan Tesco Lotus: Power of Women

Yashinta Amelia (Universitas Tarumanagara)
Widayatmoko Widayatmoko (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Peran ganda perempuan sudah bukan merupakan hal baru saat ini. Banyak perempuan yang sudah berkeluarga memutuskan untuk melakukan peran ganda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tanda-tanda peran ganda perempuan dalam memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga pada iklan. Perempuan terlihat dari bagaimana ia membagi perannya di rumah tangga dan sektor publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti akan menjelaskan mengenai peran ganda perempuan sebagai objek penelitian dan iklan Tesco Lotus: Power of Women sebagai subyeknya, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik menurut Roland Barthes dengan konsep denotasi, konotasi, dan mitos untuk mengkaji iklan Power of Women. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran ganda perempuan dalam Iklan Tesco Lotus: Power of Women, serta adanya cukup banyak resiko yang dihadapi seorang perempuan dalam melakukan peran gandanya, baik mulai dari pekerjaannya sebagai supir taksi, hingga cara perempuan tersebut melakukan tugasnya sebagai seorang ibu. Selain itu, peran ganda dilakukan untuk menambah penghasilan keluarga agar tidak bergantung pada suami, dengan tugas utama seorang ibu untuk mengurus kebutuhan rumah tangga dan juga sebagai pencari nafkah dan tulang punggung keluarga.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prologia

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students ...