Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN EKSPERIMEN BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI JENJANG SEKOLAH MENEGAH ATAS

Taufiq Taufiq (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Sudirman Sudirman (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Kistiono Kistiono (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Ning Ayu Oktaviani (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Telah dikembangkan instrument pengukuran eksperimen berpikir dalam memecahkan masalah fisika di jenjang Sekolah Menengah Atas. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran eksperimen berpikir dalam memecahkan masalah fisika di jenjang Sekolah Menengah Atas yang Valid dan Reliabel. Produk Instrumen ini di ujicobakan di sekolah menengah atas pada kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Kota Palembang yang dipilih secara acak. Jumlah subjek penelitiannya 45 siswa dari SMA yang terpilih. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan  model  4D. Pada tahap define dilakukan 4 langkah diantaranya analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Kemudian pada tahap design dilakukan 2 langkah diantaranya adalah mengkontruksi tes beracuan kriteria dan desain awal. Pada tahap ketiga yakni development dilakukan penilaian ahli dan uji pengembangan. Selanjutnya yang terakhir adalah tahap disseminate yaitu penyebaran dilakukan 2 langkah diantaranya pengujian validitas dan pengemasan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan soal dari ahli berdasarkan saran, komentar dan perbaikan termasuk dalam kategori Valid, untuk validitas secara empiris sebesar 3,81 termasuk kategori valid. Hasil reliabilitasnya adalah sebesar 0,767 termasuk dalam kategori tinggi. Pada tahap selanjutnya dilakukan kembali uji reliabilitas dengan sampel yang samaa dari sebelumnya.  Hasilnya  adalah  bahwa  reliabilitasnya  sebesar  0,739  juga  termasuk dalam kategori tinggi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...