Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menerapkan teori pendekatan kontekstual yang diadaptasi dari Crawford (2001) terhadap pembelajaran menulis eksposisi untuk siswa kelas sepuluh sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual terhadap pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah pelajar kelas X jurusan sain SMAN 18 Palembang. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis eksposisi. Teknik penganalisisan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengembangkan pernyataan tesis, argumen, dan pernyataan ulang di dalam menulis eksposisi meningkat. Dari hasil perhitungan uji t ternyata t hitung (3,6669) dengan sigma 0,000 lebih besar daripada t tabel (1,993). Dengan demikian, pembelajaran menulis eksposisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pendekatan tradisional.
Copyrights © 2014