Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran

PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PENCAPAIAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI

Indrawati, Sri (Unknown)
Ayob, Adenan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menerapkan teori  pendekatan kontekstual yang diadaptasi dari Crawford (2001) terhadap pembelajaran menulis eksposisi untuk siswa kelas sepuluh sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual terhadap pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini  menggunakan metode  kuasi eksperimen dengan bentuk  nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah pelajar  kelas  X  jurusan sain SMAN 18 Palembang. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis eksposisi. Teknik penganalisisan data menggunakan SPSS 20. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan siswa mengembangkan pernyataan tesis, argumen, dan pernyataan ulang di dalam menulis eksposisi meningkat. Dari hasil perhitungan uji t  ternyata  t hitung (3,6669) dengan sigma 0,000 lebih besar daripada t tabel (1,993). Dengan demikian,  pembelajaran  menulis  eksposisi  dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan  pendekatan  tradisional.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

logat

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati. ...