cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 167 Documents
BERBAHASA DAN BERKARATER: SUATU UPAYA PENDIDIKAN Saripudin, Agus
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter adalah bagian yang sangat penting dari pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pendidikan bahasa dan sastra pada hakikatnya adalah upaya penumbuhkembangan sikap dan perilaku positif ketika sedang berbahasa atau bersastra. Penyimak dan pembaca berkarakter  menghargai pembicara atau penulis karena komunikasi yang efektif menjadi tujuan utama dari kegiatan berbahasa mereka.  Pembicara dan penulis berkarater  bersikap santun, tegas, kritis, berempati, toleran, terbuka, dan jujur. Bahasa Indonesia menjadi suatu kebanggaan, yang ditunjukkan melalui pemakaian nyata yang baik dan benar, serta melalui pengutamaan bahasa tersebut di tempat-tempat umum. Sebagai saran, pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa harus bersifat ajeg dan berkelanjutan hingga karakter positif yang diharapkan itu terbentuk.
KESANTUNAN BERBAHASA SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PALEMBANG Alwi, Zahra; Sumarni, Sri; Oktarina, Santi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul, “Kesantunan berbahasa sebagai implementasi pendidikan berbasis karakter pada Anak Usia Dini (PAUD) di kota Palembang” ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa anak PAUD di kota Palembang yang sudah berbasis pendidikan karakter dan yang belum, serta mendeskripsikan daftar pemakaian bahasa anak PAUD yang berbasis pendidikan karakter. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa lembar pengamatan, angket, dan wawancara, dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian menggunakan delapan strategi kesantunan berbahasa: ketidaklangsungan tuturan, penggunaan kata sapaan, penggunaan basa-basi, pengunaan eufemisme, pilihan jawaban, alasan, pemagaran ujaran, dan penggunaan bahasa nonverbal.  Strategi yang dominan adalah bahasa nonverbal; yang tidak dominan pemakaian basa-basi dan eufemisme. Dalam penggunaanya, subjek penelitian memakai satu atau lebih strategi kesantunan berbahasa.
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PENCAPAIAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI Indrawati, Sri; Ayob, Adenan
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menerapkan teori  pendekatan kontekstual yang diadaptasi dari Crawford (2001) terhadap pembelajaran menulis eksposisi untuk siswa kelas sepuluh sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual terhadap pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini  menggunakan metode  kuasi eksperimen dengan bentuk  nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah pelajar  kelas  X  jurusan sain SMAN 18 Palembang. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis eksposisi. Teknik penganalisisan data menggunakan SPSS 20. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan siswa mengembangkan pernyataan tesis, argumen, dan pernyataan ulang di dalam menulis eksposisi meningkat. Dari hasil perhitungan uji t  ternyata  t hitung (3,6669) dengan sigma 0,000 lebih besar daripada t tabel (1,993). Dengan demikian,  pembelajaran  menulis  eksposisi  dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan  pendekatan  tradisional.
NILAI KEARIFAN LOKAL CANG-INCANG MASYARAKAT PEDAMARAN Afriansyah, Afriansyah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas nilai kearifan lokal cang-incang masyarakat Pedamaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal cang-incang masyarakat Pedamaran. Untuk mendapatkan hasil tersebut, digunakan metode deskriprif analitif dan dianalisis dengan teori nilai-nilai kearifan lokal Sibarani. Sumber data diperoleh dari dua penutur asli Pedamaran yang masih hafal syair cang-incang. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil berupa nilai-nilai kearifan lokal dalam cang-incang Pedamaran, yaitu: nilai kearifan lokal kesejahteraan (kerukunan dan rasa syukur), nilai kearifan lokal kedamaian (pengelolaan gender dan kerja keras), dan nilai kearifan lokal tambahan/baru (kasih sayang, bertahan hidup, hidup sederhana, berdoa, berbakti pada suami,  jangan melanggar adat, anak kesayangan, ikhlas, dan beriman). Nilai kearifan lokal tersebut masih relevan dengan kehidupan masyakat Pedamaran, sehingga cang-incang mestinya dapat dilestarikan dan diterapkan dalam kehidupan kekinian masyarakat Pedamaran.  
PARADIGMA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Purnomo, Mulyadi Eko
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Paradigma kritis merupakan perspektif kritis dalam memikirkan sesuatu. Paradigma kritis dalam bidang pendidikan/ pedagogi, terdapat pedagogi kritis yang memandang bahwa pendidikan adalah proses pemberdayaan. Oleh karena itu, siswa dipandang sebagai subjek yang memiliki kemandirian dan kebebasan dalam taraf tertentu terhadap apa yang ingin dicapainya dan bagaimana cara mencapainya. Hubungan guru-siswa bersifat dialogis dan saling menghargai. Dalam bidang linguistik, paradigma kritis terwujud dalam analisis wacana kritis yang merupakan epistemologi kewacanaan untuk menemukan ideologi yang tersembunyi dari suatu praktik wacana. Dalam pembelajaran bahasa, pedagogi kritis dan analisis wacana kritis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Caranya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip paradigma kritis itu dalam praktik pembelajaran di kelas.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU BAHASA INDONESIA SMA SWASTA DI KECAMATAN ILIR BARAT IPALEMBANG Lidyawati, Yenni; Ernalida, Ernalida; Nurbaya, Nurbaya; Utami, Sri; Turama, Akhmad Rizqi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan guru tentang media pembelajaran yang efektif dan menambah pengalaman baru bagi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis videoscribe. Pelatihan ini dilakukan membekali guru dalam mempersiapkan media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran. Media videoscribe dapat membuat pembelajaran mudah dipahami siswa dan juga pemanfaatan informasi dan teknologi sebagai pertanda bahwa guru-gurumelek teknologi. Metode yang digunakan dalam memberikan pelatihan ini adalah presentasi, pendampingan, dan pembuatan contoh Metode yang digunakan adalah presentasi, pendampingan, dan pembuatan contoh. Hasil yang didapatkan guru adalah bertambahnya wawasan, mampu mendesain, dan membuat media pembelajaran videoscribe.
NOVEL SAMAN KARYA AYU UTAMI: REPRESENTASI MULTIKULTURALISME Ratnawati, Latifah; Arista, Nela
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah penelitian  ini adalah bagaimana representasi multikulturalisme dalam novel Saman karya Ayu Utami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah novel tersebut merepresentasikan multikulturalisme. Ruang lingkup penelitian ini meliputi analisis unsur-unsur multikulturalisme yang terepresentasi dalam novel menggunakan metode deskriptif analisis dan menggunakan pendekatan antropologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur-unsur multikulturalisme berdasarkan teori Nurgiyantoro dan Thobroni yang terepresentasi dalam  novel Saman, yaitu solidaritas dan persaudaraan, kesetaraan gender, perdagangan terbuka, nilai kekeluargaan, penghormatan terhadap tata susila, merasa cukup dalam hidup, dan kontrol kekuasaan. Unsur-unsur multikulturalisme tersebut tergambar melalui sikap-sikap tokoh dalam  novel ini. Tiap-tiap tokoh dalam novel Saman memberikan reaksi yang beragam terhadap multikulturalisme. Sikap-sikap yang dilakukan oleh tokoh dalam  novel inimerupakan cara untuk merespons keberagaman, seluruh sikap dan tindakan yang dilakukan tersebut merupakan komponen multikulturalisme.  Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan untuk pembelajaran sastra di sekolah.
PENGARUH METODE BARRETT TAXONOMY TERHADAP KEMAMPUANMEMAHAMI TEKS CERITA PENDEK Fitria, Nurul; Indrawati, Sri; Saripudin, Agus
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Barrett Taxonomyterhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Belitang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dengan perlakuan metode Barrett Taxonomy dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa dengan pendekatan saintifik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 21. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel = 4,439>1,668 dengan df = 78 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0,025). Dengan demikIan,  terdapat perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan metode Barrett Taxonomydengan siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Saintifik. Dapat disimpulkan bahwa metode Barrett Taxonomyberpengaruh dalam pembelajaran memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Belitang.  
REPRESENTASI POLEMIK KPK DAN POLRI DALAM EDITORIAL HARIAN MEDIA INDONESIA: SEBUAH ANALISIS WACANA KRITIS Fermana, Wendy; Kasmansyah, Kasmansyah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Abstrak: Penelitian ini membahas representasi polemik KPK dan Polri yang terdapat dalam Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan representasi polemik KPK dan Polri dilihat dari struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro, serta mendeskripsikan ideologi yang terdapat dalam Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015. Metode penelitian kualitatif deskriptif, paradigma kritis, dan analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk yang disederhanakan oleh Eriyanto. Sumber data penelitian ini adalah Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015 sebanyak 22 teks editorial. Hasil penelitian menunjukkan Editorial harian Media Indonesia melakukan representasi Budi Gunawan secara positif, sedangkan pihak-pihak lain yang menolak Budi Gunawan sebagai Kapolri ditampilkan secara negatif. Editorial melakukan representasi secara dominan melalui elemen topik, judul, lead, story, latar, detail, maksud, praanggapan, pengingkaran, kata ganti, leksikon, dan metafora. Ideologi yang terdapat dalam Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015 adalah ideologi pragmatisme. Ideologi ini tidak dapat dilepaskan dari pengaruh pemilik media dan konstelasi politik Indonesia. Ideologi pragmatisme membuat Editorial tidak menghiraukan amanat konstitusi tentang etika kehidupan berbangsa dan bernegara, bahkan mengenyampingkan prinsip “Jujur Bersuara” yang selama ini diusung harian Media Indonesia, demi kepentingan tertentu, yaitu mendukung segala putusan Presiden Joko Widodo.
KAJIAN KURIKULUM SASTRA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Hendrik, Maulana
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedudukan pembelajaran sastra di sekolah mengalami pergeseran karena perubahan kedudukan dalam nama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Awalnya bernama mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, kini menjadi mata pelajaran Bahasa Indonesia saja. Hal ini menimbulkan pertanyaan, seberapa penting dan seberapa besar kedudukan sastra dalam kurikulum yang berlaku sekarang. Pengkajian ini dilakukan untuk menemukan jawaban permasalahan tersebut. Dalam tulisan ini, kurikulum yang dikaji adalah kurikulum sastra pada tingkat SMP. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran sastra memiliki kedudukan yang sama besar dengan pembelajaran bahasa itu sendiri. Hal ini terbukti dari proporsi kompetensi kebahasaan dan kesastraan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sama besar yakni 50:50.

Page 1 of 17 | Total Record : 167


Filter by Year

2014 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2024): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 10 No 2 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue