Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan modul menurut mahasiswa dan dosen.Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Baturaja, (2) merancang modul sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen pada Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) bahasa Indonesia, (3)mengembangkan modul yang praktis, dan (4) mengetahuiefek potensial modul terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Untuk memperoleh informasi tentang kelayakan modul hasil pengembangan ini, peneliti melakukan uji validasi ahli dan uji lapangan terbatas. Validasi modul ini dilakukan dari segi kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data dalam uji tes untuk melihat keefektifan diperoleh melalui tes pengetahuan bahasa Indonesia dan tes unjuk kerja (menulis paragraf dan berbicara untuk presentasi). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Baturaja sebanyak 30 mahasiswa. Hasil tes pengetahuan bahasa Indonesia mengalami peningkatan rata-rata 65,63 menjadi 80,47 (selisih) 14,94. Pada tes menulis paragraf menunjukkan rata-rata 58,63 menjadi 76,87 (selisih 18,24). Pada tes berbicara untuk presentasi 67,13 menjadi 81,23 (selisih 14,1). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa modul hasil pengembangan ini memberikan efek potensial dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Copyrights © 2018