Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN PADA PESERTA PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO

Dwiana Septian Setyabudi (Universitas Negeri Semarang)
Khomsun Nurhalim (Universitas Negeri Semarang)
Ilyas Ilyas (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Karakteristik adalah suatu hal yang melatar belakangi semangat kerja dan prospek kerja individu dalam kemauannya menjalankan suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik individu dalam memperoleh keterampilan yang diajarkan oleh tutor. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan karakteristik jenis kelamin dan karakteristik lingkungan terhadap penguasaan keterampilan pada peserta pelatihan di panti pelayanan social anak taruna yodha sukoharjo dengan nilai Fhitung 29,610 dan signifikansi sebesar 0,000; terdapat pengaruh signifikan karakteristik jenis kelamin dan lingkungan terhadap penguasaan keterampilan pada peserta pelatihan di panti pelayanan social anak taruna yodha sukoharjo dengan nilai thitung 4,050 dan signifikansi 0,000; dan nilai thitung 4,838 dan signifikansinya sama 0,000.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...