JURNAL BIOCOLONY
Vol 1, No 1 (2018): JURNAL BIOCOLONY : JUNI 2018

Hubungan Sikap Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Mesumai Kabupaten Merangin

Wulandari, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2018

Abstract

Guru yang terampil dan mampu mengembangkan keterampilan dasar mengajarnya akan membantu siswa dalam memahami materi yang di sampaikan oleh  guru. Proses pembelajaran berlangsung tanpa berpedoman pada kerampilan dasar mengajar guru. Hal ini terlihat dari anak didik atau siswa yang hanya diminta untuk mencatat dan mengerjakan tugas yang terdapat pada buku panduan tanpa diberikan uraian penejelasan terlebih dahulu. Sehingga peserta didik memperoleh pelajaran langsung dari buku panduan tersebut tanpa ada proses tanya jawab dan penjelasan tentang materi tersebut. Dari perhitungan terlihat bahawa r hitung sebesar 0.736 sementara r tabel sebesar 0.325 dengan demikian koefesien korelasi r hitung/robservasi lebih besar dari r tabel (0,736≥0,325) sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dengan pernyataan terdapat hubungan positif antara variabel X dengan variabel Y di SMPN 28 Mesumai kabupaten merangin. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa r hitung sebesar 0,736 jika dikonsultasikan dengan r tabel sebesar 0,325 pada taraf signifikan 95% maka (rhit 0,736 > rtab 0,325). R hitung lebih besar dari r tabel, hal ini menunjukkan hubungan positif antara sikap siswa terhadap keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran biologi pada konsep sistim pernapasan pada manusia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

biocolony

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Terbit Perdana pada tanggal 10 Juni 2018, diterbitkan secara berkala (enam bulanan) setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini didedikasikan untuk pendidik ataupun ilmuwan yang peduli dengan bidang Pendidikan Biologi ataupun Biosains. ...