JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
Vol 2, No 1 (2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Dinan, Fira (Unknown)
Azhad, M Naely (Unknown)
Fatimah, Fety (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

ABSTRAKFaktor sosial, pribadi, harga produk dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik oriflame pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember.. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi manajemen yang sudah pernah membeli produk kosmetik Oriflame dan sudah menjadi member Oriflame. Penelitian ini menggunakan data pimer  berupa kuisioner yang disebarkan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan penelitian purposive random sampling. Hasil dari data kuisioner dianalisis dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis (uji f dan uji t) dengan taraf signifikan α = 5% dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sosial, pribadi, harga produk, dan kualitas produk  berpengaruh signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame. Hasil analisis statistik uji t diperoleh faktor sosial  (X1) dengan nilai signifikan 0.000 pribadi (X2) nilai signifikan 0.000, harga produk (X3) nilai signifikan 0.000, dan kualitas produk (X4) nilai signifikan 0.000. Penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Kata kunci : Keputusan Pembelian, Faktor Sosial, Pribadi, Harga Produk, Kualitas ProdukABSTRACTFactor of social, personal, product pricing, and product quality influence on purchase decisions Oriflame cosmetics products on student of University Muhammadiyah Jember . Population in this study is student of the faculty of economics management who use cosmetics products oriflame and become a member oriflame. This  research uses primary data in the form of questionnaires distributed. Sample taken 100 respondents using purposive random sampling. The result of the questionnaries were analyzed by using classical assumption test, multiple linier regression and hypotehesis testing ( f test dan t test) with significant level α = 5% with SPSS version 21. The result of this study show that social factors, personal, product pricing, and product quality significant effect partially or simultaneous on product purchasing decisions cosmetics oriflame. Statistical analysis of the result obtained by t test social factors (X1) with significant value 0.000, personal (X2) with significant value 0.000, product pricing (X3) with significant value 0.000, and product quality (X4) with significant value 0.000. This study is valid and reliable variable.Keywords: social factors, personal, product, product pricing, product quality

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JMBI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, ...