cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 301 Documents
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA BIRO PERJALANAN WISATA “HOBI WISATA TOUR & TRAVEL” JEMBER Dino Angga**, Budi Santoso*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.835 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan & parsial variabelharga, pelayanan dan fasilitas terhadap keputusan konsumen untuk menggunakanjasa biro perjalanan wisata Hobi Wisata Tour & Travel Jember Populasi dalampenelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa Hobi Wisata Tour &Travel Jember, penelitian ini menggunakan sampel 60 responden. Alat uji yangdigunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas menggunakan korelasi productmoment pearson dan uji reliabilitas menggunakan alpha concbach sebagai alat ujiinstrumen data. Serta menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis, analisadata menggunakan regresi linier berganda. Data diolah menggunakan programSPSS.17.0 for windows. Hasil daripada penelitian ini adalah (1) diketahui bahwanilai Fhitung dalam penelitian ini adalah sebesar 38,904 dengan nilai signifikasisebesar 0,000 sedangkan nilai Ftabel untuk F(4;55;5%) adalah sebesar 2,5397.Sehingga dapat dibandingkan bahwa nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel, dannilai signifikasi kurang dari 0,05, maka variabel harga, pelayanan dan fasilitasberpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen jasa biro perjalananwisata Hobi Wisata Tour & Travel Jember. Hasil uji t, hanya variabel pelayananyang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen jasa biroperjalanan wisata Hobi Wisata Tour & Travel Jember.
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA BIRO PERJALANAN WISATA “HOBI WISATA TOUR & TRAVEL” JEMBER Budi Santoso* Dino Angga**
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.835 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan parsial variabelharga, pelayanan dan fasilitas terhadap keputusan konsumen untuk menggunakanjasa biro perjalanan wisata Hobi Wisata Tour Travel Jember Populasi dalampenelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa Hobi Wisata Tour Travel Jember, penelitian ini menggunakan sampel 60 responden. Alat uji yangdigunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas menggunakan korelasi productmoment pearson dan uji reliabilitas menggunakan alpha concbach sebagai alat ujiinstrumen data. Serta menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis, analisadata menggunakan regresi linier berganda. Data diolah menggunakan programSPSS.17.0 for windows. Hasil daripada penelitian ini adalah (1) diketahui bahwanilai Fhitung dalam penelitian ini adalah sebesar 38,904 dengan nilai signifikasisebesar 0,000 sedangkan nilai Ftabel untuk F(4;55;5%) adalah sebesar 2,5397.Sehingga dapat dibandingkan bahwa nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel, dannilai signifikasi kurang dari 0,05, maka variabel harga, pelayanan dan fasilitasberpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen jasa biro perjalananwisata Hobi Wisata Tour Travel Jember. Hasil uji t, hanya variabel pelayananyang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen jasa biroperjalanan wisata Hobi Wisata Tour Travel Jember.
KAJIAN BERBASIS KUALITAS LAYANAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KANTOR POS CABANG SEMPU BANYUWANGI Rudi Kusubagio**, Hendi Suseno*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.975 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kajian berbasis kualitas pelayanan dampaknya terhadapkepuasan konsumen. (Studi kasus pada Kantor Pos Cabang Sempu Banyuwangi)”.Penelitian ini adalah bertujuan mengetahui pengaruh kehandalan, daya tanggap,jaminan, empati, bukti fisik berpengaruh secara parsial dan simultan terhadapkepuasan konsumen pada Kantor Pos Cabang Sempu. Populasi dalam penelitianini adalah masyarakat yang pembeli dan pengguna jasa Kantor Pos di CabangSempu, dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Variabel yang digunakanyaitu sebanyak 6 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresilinear berganda. Hasil penelitian : 1). Hasil pengujian koefisien dari analisisregresi linear berganda, menunjukkan kehandalan, daya tanggap, jaminan, empatidan bukti fisik berpengaruh secara simultan dan parsial dengan arah positifterhadap kepuasan pelanggan Kantor Pos Cabang Sempu, Banyuwangi. 2).Menunjukkan bahwa ada Kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisikberpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kepuasan konsumen diKantor Pos Cabang SempuBanyuwangi dengan arah positif.
KAJIAN BERBASIS KUALITAS LAYANAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KANTOR POS CABANG SEMPU BANYUWANGI Hendi Suseno* Rudi Kusubagio**
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.975 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kajian berbasis kualitas pelayanan dampaknya terhadapkepuasan konsumen. (Studi kasus pada Kantor Pos Cabang Sempu Banyuwangi)”.Penelitian ini adalah bertujuan mengetahui pengaruh kehandalan, daya tanggap,jaminan, empati, bukti fisik berpengaruh secara parsial dan simultan terhadapkepuasan konsumen pada Kantor Pos Cabang Sempu. Populasi dalam penelitianini adalah masyarakat yang pembeli dan pengguna jasa Kantor Pos di CabangSempu, dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Variabel yang digunakanyaitu sebanyak 6 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresilinear berganda. Hasil penelitian : 1). Hasil pengujian koefisien dari analisisregresi linear berganda, menunjukkan kehandalan, daya tanggap, jaminan, empatidan bukti fisik berpengaruh secara simultan dan parsial dengan arah positifterhadap kepuasan pelanggan Kantor Pos Cabang Sempu, Banyuwangi. 2).Menunjukkan bahwa ada Kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisikberpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kepuasan konsumen diKantor Pos Cabang SempuBanyuwangi dengan arah positif.
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember 2011 – 2013) Seno Sumowo**, Hesty Tri Ayu Apriliana*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.995 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengguna smart phone merek Samsung. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari empat variabel yaitu produk (X1),promosi (X2), tempat/lokasi (X3) dan harga (X4) terhadap keputusan pembeliansmart phone merek Samsung. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alatbantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 75 responden yaitumahasiswa fakultas ekonomi program studi manajemen angkatan 2011 - 2013Universitas Muhammadiyah Jember dengan teknik convenience sampling, yangbertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel.Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan ujireliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, ujimultikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisiendeterminasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwavariabel produk (X1), promosi (X2), tempat/lokasi (X3) dan harga (X4),semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smart phone merekSamsung. Dari uji t diperoleh hasil produk (0,014), promosi (0,000), tempat/lokasi(0,002) dan harga (0,004), semuanya berpengaruh signifikan terhadap keputusanpembelian smartphone merek Samsung. Dari uji F diperoleh hasil produk,promosi, tempat/lokasi dan harga (0,000), semuanya berpengaruh signifikansecara simultan terhadap keputusan pembelian smart phone merek Samsung.Keempat variabel ini berpengaruh sebesar 80,2%, terhadap keputusan pembeliansmart phone merek Samsung sedangkan sisanya sebesar 19,8% dipengaruhi olehvariabel lain.
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember 2011 – 2013) Hesty Tri Ayu Apriliana* Seno Sumowo**
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.995 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengguna smart phone merek Samsung. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari empat variabel yaitu produk (X1),promosi (X2), tempat/lokasi (X3) dan harga (X4) terhadap keputusan pembeliansmart phone merek Samsung. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alatbantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 75 responden yaitumahasiswa fakultas ekonomi program studi manajemen angkatan 2011 - 2013Universitas Muhammadiyah Jember dengan teknik convenience sampling, yangbertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel.Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan ujireliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, ujimultikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisiendeterminasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwavariabel produk (X1), promosi (X2), tempat/lokasi (X3) dan harga (X4),semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smart phone merekSamsung. Dari uji t diperoleh hasil produk (0,014), promosi (0,000), tempat/lokasi(0,002) dan harga (0,004), semuanya berpengaruh signifikan terhadap keputusanpembelian smartphone merek Samsung. Dari uji F diperoleh hasil produk,promosi, tempat/lokasi dan harga (0,000), semuanya berpengaruh signifikansecara simultan terhadap keputusan pembelian smart phone merek Samsung.Keempat variabel ini berpengaruh sebesar 80,2%, terhadap keputusan pembeliansmart phone merek Samsung sedangkan sisanya sebesar 19,8% dipengaruhi olehvariabel lain.
KONFIGURASI EKUITAS MEREK DALAM MEMBENTUK PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN WONG SOLO JEMBER Abadi Sanosra**, Ragana Indra*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.869 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konfigurasi Ekuitas Merek Dalam Membentuk PembelianDi Rumah Makan Wong Solo Jember”. Penelitian ini adalah bertujuanmengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, loyalitasmerek, aset hak milik berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian diRumah Makan Wong Solo Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpengunjung Rumah Makan Wong Solo Jember, dengan jumlah respondensebanyak 60 orang. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 6 variabel. Alatanalisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian :1) Menunjukkan bahwa ada kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, danloyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumendi Rumah Makan Wong Solo Jember dengan arah positif, sedangkan aset hakmilik berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen diRumah Makan Wong Solo Jember.
KONFIGURASI EKUITAS MEREK DALAM MEMBENTUK PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN WONG SOLO JEMBER Ragana Indra* Abadi Sanosra**
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.869 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konfigurasi Ekuitas Merek Dalam Membentuk PembelianDi Rumah Makan Wong Solo Jember”. Penelitian ini adalah bertujuanmengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, loyalitasmerek, aset hak milik berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian diRumah Makan Wong Solo Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpengunjung Rumah Makan Wong Solo Jember, dengan jumlah respondensebanyak 60 orang. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 6 variabel. Alatanalisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian :1) Menunjukkan bahwa ada kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, danloyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumendi Rumah Makan Wong Solo Jember dengan arah positif, sedangkan aset hakmilik berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen diRumah Makan Wong Solo Jember.
ANALISIS PERSEPSI KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN (Studi Kasus Pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo) PERDAGANGAN IKAN M. Naely Azhad**, Sa’dullah*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.021 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir BesukiSitubondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabelyaitu kulitas layanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terhadap keputusanperdagangan ikan (Y) pada saat membeli di Pendaratan Pelelangan Ikan PesisirBesuki Situbondo. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantuberupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 47 responden dengan tekniksensus, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (ujivaliditas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik(uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (ujiF, uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapatdiketahui bahwa variabel kualitas layanan, harga dan lokasi, semuanyaberpengaruh positif terhadap keputusan perdagangan ikan di PendaratanPelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo. Dari uji t diperoleh hasil kualitaslayanan (0,001), harga (0,008) dan lokasi (0,000), semuanya berpengaruhsignifikan terhadap keputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan IkanPesisir Besuki Situbondo. Dari uji F diperoleh hasil kualitas layanan, harga danlokasi (0,000), semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadapkeputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir BesukiSitubondo. Ketiga variabel ini berpengaruh sebesar 75,3%, terhadap keputusanperdagangan ikan sedangkan sisanya sebesar 24,7% dipengaruhi oleh variabellain.
ANALISIS PERSEPSI KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN (Studi Kasus Pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo) PERDAGANGAN IKAN Sa’dullah* M. Naely Azhad**
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.021 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir BesukiSitubondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabelyaitu kulitas layanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terhadap keputusanperdagangan ikan (Y) pada saat membeli di Pendaratan Pelelangan Ikan PesisirBesuki Situbondo. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantuberupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 47 responden dengan tekniksensus, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (ujivaliditas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik(uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (ujiF, uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapatdiketahui bahwa variabel kualitas layanan, harga dan lokasi, semuanyaberpengaruh positif terhadap keputusan perdagangan ikan di PendaratanPelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo. Dari uji t diperoleh hasil kualitaslayanan (0,001), harga (0,008) dan lokasi (0,000), semuanya berpengaruhsignifikan terhadap keputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan IkanPesisir Besuki Situbondo. Dari uji F diperoleh hasil kualitas layanan, harga danlokasi (0,000), semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadapkeputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir BesukiSitubondo. Ketiga variabel ini berpengaruh sebesar 75,3%, terhadap keputusanperdagangan ikan sedangkan sisanya sebesar 24,7% dipengaruhi oleh variabellain.

Page 1 of 31 | Total Record : 301