JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 3, No 2 (2017)

Eksplorasi epistemological dan didactical obstacle serta hypothetical learning trajectory pada pembelajaran konsep jarak

Redi Hermanto (Universitas Siliwangi)
Satya Santika (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

Geometri merupakan salah satu materi yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Hanya saja, pada kenyataannya tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam memahai konsep geometri yang diajarkan. Salah satu materi geometri yang dianggap sulit adalah materi dimensi tiga yang diberikan kepada siswa kelas X SMA khususnya mengenai konsep jarak. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA di Kota Tasikmalaya dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas X. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang learning obstacle yang dialami siswa ditinjau dari epistemological dan didactical obestacle, bahwa hambatan belajar siswa dalam materi dimensi tiga terletak pada  (1) menentukan letak hasil proyeksi suatu titik terhadap garis, (2) menentukan letak hasil proyeksi suatu titik terhadap bidang, dan (3) membuat dan mengenali bentuk sebuah bidang yang memuat titik dan memuat ruas garis pada bidang tersebut (yang memuat hasil proyeksi titik). Untuk meminimalisis learning obstacle tersebut, peneliti menyusun Hypothetical Learning Trajectory (HLT) agar siswa mampu memahami konsep jarak pada dimensi tiga secara lebih optimal. HLT pada pembelajaran materi jarak antara titik dengan garis meliputi: concept by definition, projection, making a plane, dan distance, sedangkan untuk HLT pada pembelajaran materi jarak antara titik dengan bidang meliputi: concept by definition, finding a segment, projection, making a plane, dan distance. Kata Kunci:   epistemological didactical obstacle, hypothetical learning trajectory, jarak pada bangun ruang

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...