Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017): Inovasi Sekolah Dasar

PELAKSANAAN KONSEP PENDIDIKAN SISTEM AMONG DI SD TAMAN MUDA JETIS YOGYAKARTA

Eka Cahya Sari Putra (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan dan memaknai peran pamong dan sekolah dalam pelaksanaan sistem among, (2) mengungkap dan menggambarkan ken­dala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem among di SD Taman Muda Jetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dari studi literatur dan dari kepala sekolah, guru serta siswa di SD Taman Muda Jetis. Teknik analisis menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Berdasarkan hasil pe­ne­­­litian diperoleh sebagai berikut. (1) Pembelajaran yang pamong lakukan mengedepankan kemerdekaan dan pemberian pemaknaan kepada anak didik agar menimbulkan kesadaran dari dalam diri anak didik, selain itu melalui keteladanan, pembiasaan, pengajaran, dan jika terpaksa memberikan hukuman yang mendidik namun setelah memberikan teguran dan nasi­hat. Pihak sekolah berperan aktif untuk senantiasa mengingatkan dan mengawasi pamong dalam melaksanakan sistem among tersebut. Sekolah juga melaksanakan pelatihan kepada pamong perihal konsep pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara. (2) Kendala pelak­sa­naan sistem among yaitu berasal dari kurikulum, kualitas pamong, serta fasilitas fisik seko­lah yang masih belum memadai.Kata Kunci:Sistem Among

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...