Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET DI KELAS 2 SD NEGERI 24 PALEMBANG

Filzah Izzati Amin (Universitas Sriwijaya)
Siti Hawa (Universitas Sriwijaya)
Toybah Toybah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah menggunakan alat peraga konkret. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 24 Palembang Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berupa 10 soal uraian dan lembar observasi untuk mengamati guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 53,57% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,28%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah di kelas 2 SD Negeri 24 Palembang. Kata-kata kunci: Alat peraga konkret, pemahaman konsep materi operasi perklian   bilangan cacah, matematika

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...