Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah menggunakan alat peraga konkret. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 24 Palembang Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berupa 10 soal uraian dan lembar observasi untuk mengamati guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 53,57% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,28%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah di kelas 2 SD Negeri 24 Palembang. Kata-kata kunci: Alat peraga konkret, pemahaman konsep materi operasi perklian bilangan cacah, matematika
Copyrights © 2018