Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

PEMAHAMAN SISWA PADA UNSUR DAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM DI KELAS III SDN 11 INDRALAYA

Ayu Lestari Munthe (Universitas Sriwijaya)
Toybah Toybah (Universitas Sriwijaya)
Nuraini Usman (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi unsur dan sifat-sifat bangun datar menggunakan media Tangram. Penelitian ini adalah Penelitian Tindalan Kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Indralaya, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis sebanyak  5 soal uraian dan lembar observasi untuk  siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam materi unsur dan sifat bangun datar pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 42,85%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 64,28% dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,28%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Tangram dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam  materi unsur dan sifat-sifat bangun datar di kelas III SD Negeri 11 Indralaya. Kata-kata kunci: Media Tangram, Unsur dan Sifat-Sifat Bangun Datar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...