Penelitian ini terfokus pada analisis pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata di Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata di Kota Kendari. Dalam penelitian ini digunakan beberapa konsep, yaitu pasar, pasar tradisional, pasar modern, dan konsep pariwisata. Untuk menganalisis pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata di Kota Kendari dilakukan dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threats). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata berdasarkan analisis SWOT adalah bahwa pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata mempunyai peluang (opportunity) untuk dikembangkan terutama karena Kota Kendari sebagai pusat perkotaan di Provinsi Sulawesi Tenggara, tingginya minat berdagang, dan karena pertambahan jumlah penduduk. Selanjutnya, yang menjadi ancaman (threats) dalam pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata adalah maraknya pertumbuhan pasar modern, banyaknya produk-produk luar, pergeseran budaya, dan prilaku pedagang. Kemudian, yang menjadi kekuatan (strength) dalam pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata di Kota Kendari berdasarkan analisis SWOT adalah permitaan barang yang tinggi, peningkatan pendapatan, dan kekuatan komoditi yang beragam. Sementara, kelemahan (weakness) dalam pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata di Kota Kendari adalah kuantitas dan kualitas pedagang yang belum maksimal, penguasaan teknologi yang kurang, belum terpusatnya produk-produk budaya, dan persaingan harga. Strategi untuk mengatasi kelemahan dan ancaman tersebut dilakukan melalui pemanfaatan kekuatan dan peluang yang ada dalam pengembangan pasar tradisional berbasis pariwisata di Kota Kendari.
Copyrights © 2018